Cerita Perjalanan Sukses Bisnis Kedai Kopi dengan Strategi Merek

Anisyah Vella
Mahasiswa Magister Manajemen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Konten dari Pengguna
12 Juli 2022 18:19 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Anisyah Vella tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Faktor utama yang menyebabkan kesuksesan Starbucks pada tahun 1990 adalah kenyataan bahwa itu adalah salah satu merek paling mapan yang menawarkan kopi spesial. Tidak ada pesaing utama bagi perusahaan, yang membuatnya menjadi perusahaan yang sukses. Selain itu, lokasi-lokasi yang direbut perusahaan juga cukup terlihat, memperoleh keuntungan yang tinggi, terletak di lokasi yang ideal. Faktor sukses besar lainnya untuk Starbucks pada tahun 1990-an adalah kenyataan bahwa perusahaan menawarkan kopi yang nyaman dengan kualitas tinggi kepada pelanggan. Ini menawarkan barang-barang berkualitas tinggi untuk kelas bisnis secara khusus.
ADVERTISEMENT
Selain itu, perusahaan juga menjual kopi biji utuh dan produk lainnya ke pasar. Kualitas kopi yang disajikan di toko-toko juga sangat baik dan unggul dari para pesaingnya. Bagian utama atau paling integral lainnya yang meletakkan kesuksesan bagi Starbucks adalah bahwa Starbucks telah menjadikan dirinya sebagai pemain di pasar yang menawarkan tingkat kepuasan pelanggan tertinggi. Atribut yang disebutkan di atas adalah penyebab utama keuntungan dan kesuksesan Starbucks di pasar.
sumber : foto pribadi
Proposisi nilai Starbucks sepenuhnya terfokus pada strategi merek yang terdiri dari tiga komponen utama. Strategi merek perusahaan yang paling tepat telah ditangkap oleh frasa “kopi langsung”. Ungkapan tersebut sebenarnya mencerminkan pentingnya menjaga budaya kopi nasional tetap hidup. Dari perspektif pengecer, perusahaan telah menciptakan pengalaman di mana mereka telah menawarkan kopi berkualitas tinggi atau optimal kepada dunia dan mereka juga mengendalikan rantai pasokan utama.
ADVERTISEMENT
Seiring dengan ini, proposisi nilai lain dari Starbucks adalah metode pembelian biji kopi dari pasar yang menawarkan kualitas optimal. Perusahaan telah mempertahankan tingkat kualitas sejak awal perusahaan. Selanjutnya, proposisi nilai lain untuk Starbucks telah menjadi elemen kepuasan pelanggan. Manajemen Starbucks telah memenuhi kebutuhan pelanggan dengan kemampuan terbaik mereka. Akhirnya, proposisi nilai utama ketiga yang telah mengukur keuntungan yang wajar bagi perusahaan adalah kenyataan bahwa perusahaan menawarkan suasana yang tak tertandingi. Starbucks telah menawarkan rasa keramahan dan lingkungan yang menenangkan kepada pelanggan.
Penulis : Anisyah Vella dan Herni Ika Pratiwi