Penggunaan Strategi Produk di Pasar UMKM

Anisyah Vella
Mahasiswa Magister Manajemen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Konten dari Pengguna
4 Juli 2022 19:55 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Anisyah Vella tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Strategi produk adalah menentukan jalur dan mengantarkan produk yang tepat ke pasar sasaran sehingga memuaskan konsumen sekaligus meningkatkan keuntungan perusahaan dalam jangka panjang. Produk dalam hal pemasaran merupakan titik fokus kegiatan pemasaran.
ADVERTISEMENT
Karakteristik dan Klasifikasi Produk, banyak orang menganggap produk sebagai sesuatu yang nyata, tetapi secara teknis produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan di pasar untuk memuaskan keinginan atau kebutuhan, termasuk barang fisik, jasa, pengalaman, acara, orang, tempat, properti. , organisasi, informasi dan ide. Pada tingkat produk dalam merencanakan penawaran pasarnya, pemasar perlu menangani lima tingkat produk.
Setiap level menambah nilai lebih bagi pelanggan dan bersama-sama kelimanya membentuk hierarki nilai pelanggan. Tingkat fundamental adalah manfaat dasar: layanan atau manfaat yang benar-benar dibeli pelanggan. Pada tingkat kedua, pemasar harus mengubah manfaat inti menjadi produk dasar. Pada tingkat ketiga, pemasar menyiapkan produk yang diharapkan, seperangkat atribut dan kondisi yang biasanya diharapkan pembeli ketika mereka membeli produk ini. Pada tingkat keempat, pemasar menyiapkan produk tambahan yang melebihi harapan pelanggan. Di negara maju, brand positioning dan persaingan terjadi pada level ini. Pada tingkat kelima berdiri produk potensial, yang mencakup semua kemungkinan penambahan dan transformasi produk atau penawaran yang mungkin terjadi di masa depan.
Sumber : Foto Pribadi
Klasifikasi produk Pemasar mengklasifikasikan produk menurut daya tahan, wujud dan penggunaan (konsumen atau industri). Setiap jenis memiliki strategi bauran pemasaran yang efektif.
ADVERTISEMENT
Diferensiasi produk, banyak produk dapat diklasifikasikan menurut ukuran, bentuk atau ciri fisik buah. Perlu diingat bahwa aspirin tersedia dalam berbagai bentuk, dan meskipun sebenarnya merupakan produk, aspirin dapat diklasifikasikan menurut ukuran, ukuran, bentuk, warna, lapisan, atau durasi kerjanya. Berkenaan dengan berbagai layanan, jenis layanan yang paling penting adalah kemudahan pemesanan, pengiriman, pemasangan, pelatihan pelanggan, dukungan pelanggan, pemeliharaan dan perbaikan, dan pengembalian.
Desain produk, seiring berkembangnya persaingan perencanaan menyediakan cara yang ampuh untuk mengatur dan mengatur produk dan layanan perusahaan. Desain mencakup semua aspek yang mempengaruhi tampilan, rasa, dan kinerja suatu produk bagi pelanggan. Ini menawarkan manfaat praktis dan emosional dan menarik bagi pikiran kita.
Produk mahal, desain sering menjadi bagian penting dari produk mahal, tetapi produk ini juga menghadapi tantangan unik. Tidak diragukan lagi ini adalah salah satu contoh branding yang paling murni, karena branding dan citra sering kali menjadi kunci harga yang kompetitif.' Pengecer murah seperti Huawei, Prada, Gucci, Cartier dan Louis Vuitton telah menjual dengan harga lebih rendah yang menurut beberapa orang telah ada selama bertahun-tahun.
ADVERTISEMENT