Mom
·
20 Agustus 2019 16:11

Nutrisi Terbaik bagi Bayi dan juga si Ibu

Konten ini diproduksi oleh annisaramalia
Setiap orangtua pasti ingin memberikan yang terbaik bagi anak. Salah satunya adalah nutrisi yang terbaik, tepat dan seimbang bagi anak yaitu meng-ASI-hi hingga usia 2 tahun.
ADVERTISEMENT
Sebaik itulah ASI untuk anak, terutama di 6 bulan kehidupan pertama anak. Sampai-sampai dunia pun merayakannya bersama di “World breastfeeding week” atau “Pekan Asi Dunia” mulai 1 hingga 7 agustus 2019 kemarin.
Saya pun merayakannya, kali ini bersama Prenagen Indonesia dan Kumparam Moms lainnya. Temanya #SayYesToASI, sudah tentu acara ini diperuntukan bagi Ibu yang menyusui dan para Ibu Hamil yang sedah menunggu buah hatinya.
Dengan dekorasi serba ungu khas prenagen, acara yang bertempat di KAL Care Pondok Indah Mall 2 ini berlangsung seru dan kaya manfaat. Tentu saja, materi yang diberikan hari itu langsung dari expertnya.
Salah satunya Dr. N.B Donny A.M., SpOG yang bepesan “Mencukupi kebutuhan nutrisi 6 bulan pertama penting tidak hanya untut bayi, tetapi juga Ibu”
ADVERTISEMENT
Asupan kalori ibu haruslah diperhatikan agar kualitas ASI tetap baik. Bagi Ibu yang menyusui, harus memenuhi kebutuhan nutrjsi sebanyak 1500 kalori perhari. Pola makan yg sehat dan bervariasi akan memberikan energi buat ibu juga bayi.
Hari itu dr Donny juga menjabarkan kandungan ASI yaitu Air dan karbohidrat (sebagian besar laktosa), protein dan lemak yang dibutuhkan bayi. Asi mengadung karbohidrat berupa Human milk oligosakarida yang mudah dicerna bayi. Selain itu, juga terdapat 800 jenis bakteri dalam ASI yaitu bakteri baik bagi pertumbuhan flora normal di saluran cerna bayi.
“Satu lagi yang penting Bu. ASI mengatur sendiri komposisinya. Usahakan satu payudara sampai habis baru pindah. Awal banyak air, akhir banyakan lemaknya. Maka bayi asi cendrung gemuk” Pesan dr. Donny
ADVERTISEMENT
Tidak habis disitu saja ASI juga mengandung IgA dan lactoferin yang hanya ada di ASI, dan ini sangat baik buat antibodi bayi.
ASI itu terbaik bagi Bayi, Ibu dan Keluarga. Maka tema pekan ASI kali ini adalah "Empower parents, enable breastfeed". "Parents, orangtua, maka suami istri berperan untuk keberhasilan ASI" tegas dr. Donny.
Dukungan apa yang dapat diberikan suami terhadap Istri demi keberhasilan proses menyusui? adalah Supportive husband,tidak meragukan istri dapat memberikan nutrisi yang cukup bagi buah hati. Affirmasi positif agar ibu pede memberikan ASI. Membantu memberikan asip saat ibu istirahat, serta menemani ibu saat konsultasi dengan konselor laktasi.
Selain di atas suami juga berperan dalam melaksanan pijat oksitosin untuk memperlancar keluarnya ASI. Kali ini Bidan Israna Atika, S.Keb. yang maju menjadi narasumber. Beliau menjelaskan pijat oksitosin dan juga step step perawatan payudara bagi Ibu menyusui dan ibu hamil.
ADVERTISEMENT
(catatan untuk Ibu Hamil baru bisa melakukan perawatan Ini sejak usia kandungan 38 weeks ya)
Tips untuk melakukan rangkaian Breastcare, yaitu harus sistematis, dan jagalah kebersihan dan kelembaban payudara sehari-hari. "penting juga untuk memilih bra yang sesuai ukurannya, agar dapat menopang payudara dengan baik", tambah Bidan Israna yang dikenal dengan @moma.muda
"Nah jika Ibu ingin meningkatkan produksi ASI, kita harus merawatnya salah satunya dengan pijat, mungkin banyak moms yang sudah mengetahui Pijat Oksitosin." buka Bidan Israna.
"Pijat oksitosin ini dilakukan dipunggung dan berguna untuk memicu hormon oksitosin untuk mengeluarkan ASI." jelas Bidan Israna.
Beliau juga menjelaskan Oksitosin adalah hormon yang bereaksi ketika tubuh mendapat sentuhan, hormon ini diproduksi oleh hipotalamis di otak, kemudian dikeluarkan oleh kelenjar yang berada dibagian belakang otak. Hormon oksitosin membuat seseorang bahagia dan tidak merasa sakit, serta memberi stimulasi pada puting untuk proses menyusui. "Makanya biar manfaatnya double double yang pijet bapaknya ya bu" tawa @moma.muda itu.
ADVERTISEMENT
Rangkaian acara yang berlansung seru itu tidak terasa sudah 2 jam, kita pun berfoto bersama dan mendapatkan goodie bag manis dari Prenagen, Kumparan Mom, juga kalcare.
SERUUU dan penuh manfaat,, sering-sering deh undangan acara begini. hihi. Thank you for having me.
icha @annisaramali

sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white