Kenapa Harus Bangga Menjadi Mahasiswa Universitas Sebelas Maret?

Annisa Anjar Wati
Mahasiswa Fakultas Peternakan Universitas Sebelas Maret
Konten dari Pengguna
20 Maret 2023 5:50 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Annisa Anjar Wati tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Foto Mahasiswa Prodi Peternakan
zoom-in-whitePerbesar
Foto Mahasiswa Prodi Peternakan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Annisa Anjar Wati (Mahasiswa Fakultas Peternakan Universitas Sebelas Maret), Dr. Muhammad Rohmadi, M. Hum (Dosen FKIP UNS)
ADVERTISEMENT
Mangesthi Luhur Ambangun Nagara!
Siapa sih yang tidak mengenal semboyan dalam logo Universitas Sebelas Maret atau biasa disebut Universitas Negeri Solo oleh para netizen. UNS berdiri pada tanggal 11 Maret 1976 dengan moto nya bercita-cita luhur guna membangun negara.
Jadi, kenapa kita harus bangga bisa kuliah disini?
1. UNS meraih peringkat 5 sebagai kampus terbaik di Indonesia tahun 2023
Dilansir dari Webometrics UNS berada di peringkat ke-5 pada ranking univeritas terbaik di Indonesia. Sedangkan di dunia, UNS berada di posisi ke-1038. Dengan rincian nilai sebagai berikut:
Aspek impact: 418
Aspek openness: 910
Aspek excellence: 2352
2. Banyak pilihan jurusan
UNS setidaknya memiliki 14 fakultas dengan prodi yang berbeda-beda. Biasanya prodi-prodi tersebut terakreditasi A dan B, bahkan internasional. Pada 11 Maret 2023 kemarin, UNS telah meresmikan prodi Peternakan menjadi Fakultas Peternakan.
ADVERTISEMENT
3. Sebagai Kampus Benteng Pancasila
Hal ini dibuktikan dengan komitmen UNS membangun enam tempat ibadah keagamaan berupa Masjid, Gereja Kristen, Gereja Katholik, Pura, Vihara dan Kelenteng.
4. Green Campus
UNS berada di urutan ke-7 nasional dalam pemeringkatan UI GreenMetric World University Ranking 2022. Di sepanjang jalan terdapat pohon-pohon yang rindang, di dominasi oleh pohon Angsana. Saat pohon-pohon ini berbunga, tak jarang bunga yang gugur menjadikan sepanjang jalan kampus seperti suasana musim gugur di luar negeri.
5. Uang kuliah terjangkau
UNS menggunakan sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT), dimana pembayaran SPP sesuai dengan kondisi keuangan masing-masing keluarga. Jika masih tidak mampu, kita bisa mengikuti program berupa keringanan UKT atau penurunan grade UKT.
ADVERTISEMENT
6. Fasilitas Lengkap
Selain tempat ibadah, kampus ini juga menyediakan fasilitas lain seperti stadion, halte dan bus kampus, perpustakaan, asrama mahasiswa, hotspot area, medical center, dan masih banyak lagi.
7. Biaya hidup murah
Rendahnya UMK di Solo menjadikan biaya untuk keseharian juga rendah. 5 ribu rupiah kita bisa makan nasi dengan lauknya. Untuk tempat tinggal berupa kost dari 150-500 ribu rupiah perbulan. Bagi mahasiswa yang tidak memiliki kendaraan pribadi mungkin bisa memanfaatkan Batik Solo Trans (BST) dengan tarif normal Rp4.500 dan tarif pelajar Rp2.000.