kumparan
22 April 2019 22:16

Sebelum Mudik, Siapkan Poin-poin Berikut Ini!

Menjelang Hari Raya Idul Fitri, warga Indonesia yang merantau akan mudik ke kampung halamannya. Mudik seakan menjadi salah satu tradisi yang ada di Indonesia, dan tak boleh terlewat oleh perantau.
ADVERTISEMENT
Bertemu dengan keluarga tercinta, dan merayakan Hari Raya Idul Fitri bersama memang dambaan semua orang. Jadi sangat wajar jika mudik menjadi momen yang dinanti-nantikan, walaupun harus bermacet-macetan, atau berburu tiket mudik sejak jauh-jauh hari.
Oleh karena itu, agar mudik berjalan aman dan lancar, kita harus menyiapkan beberapa point di bawah ini:

1. Menabung

Tiket mahal, oleh-oleh untuk keluarga di kampung, uang THR (Tunjangan Hari Raya) untuk orangtua dan sanak saudara, dan kebutuhan-kebutuhan lainnya tak bisa diabaikan ketika akan mudik. Oleh karena itu, ketika mudik kita akan memerlukan biaya yang tak sedikit.
Bagi pekerja kantoran yang memiliki gaji tetap, dana untuk mudik bisa menggunakan uang THR. Namun, bagaimana dengan pekerja paruh waktu atau ibu rumah tangga yang tidak mendapatkan THR?
menabung untuk mudik.jpeg
Sumber gambar: www.pexels.com
Tak masalah jika kita bukan pekerja yang mendapatkan THR, masih bisa mudik dan membelikan oleh-oleh juga. Caranya yaitu dengan menabung dan menyiapkan dana khusus untuk mudik sejak jauh-jauh hari.
ADVERTISEMENT
Kita bisa menyisihkan beberapa persen dari penghasilan, atau dari uang belanja bulanan untuk mudik. Ingat, yang namanya menabung berarti harus konsisten dan dilakukan sejak jauh-jauh hari.

2. Mengajukan Cuti

Biasanya, beberapa perusahaan tidak memberikan libur Hari Raya Idul Fitri terlalu lama. Hanya dua sampai tiga hari saja, tepat di tanggal cuti bersama saja. Untuk itu, jika ingin mudik lebih lama maka kita harus mengajukan cuti.
mengajukan cuti.jpg
Sumber gambar: pixabay.com
Sebelum mengajukan cuti, pertimbangkan tanggal yang tepat. Lihatlah tanggal cuti bersama yang sudah ditentukan pemerintah. Pikirkan baiknya mengambil cuti lama sebelum lebaran, atau setelah lebaran. Barulah ajukan cuti dari jauh-jauh hari agar bisa menyiapkan tiket dan persiapan mudik lainnya.

3. Membeli Tiket

Ketika berencana akan mudik, jangan lupa untuk menyiapkan tiket sejak jauh-jauh hari. Sudah menjadi rahasia umum, menjelang Hari Raya Idul Fitri semua moda transportasi mudik akan ramai.
ADVERTISEMENT
Hal yang sering terjadi menjelang musim mudik adalah banyak orang yang susah mencari tiket, bahkan berujung dengan tidak mendapatkan tiket mudik. Menjelang musim mudik, selain harga tiket yang jadi lebih mahal, tiket yang tersedia pun cepat sekali habis.
Untuk itu, lebih baik kita siapkan tiket mudik sejak jauh-jauh hari. Mulai tentukan akan mudik menggunakan transportasi udara, darat, ataupun laut. Namun, sekarang kita tak perlu khawatir lagi kesulitan mencari tiket mudik, karena sekarang ada tiket.com.
Kita bisa membeli tiket pesawat, kereta, bahkan menyewa mobil sekalipun di tiket.com. Untuk yang mau mudik menggunakan transportasi udara, di tiket.com kita bisa membeli tiket pesawat murah bahkan beberapa bulan sebelum waktu mudik. Jadi, ketika mudik sudah nggak perlu khawatir lagi kehabisan tiket mudik.
tiket.com.jpeg
Tampilan aplikasi tiket.com di smartphone
Sekarang, mudik menggunakan transportasi apa pun menjadi mudah dengan #tiketWonderfulIndonesia di tiket.com. Kita hanya perlu mengunjungi websitenya di www.tiket.com atau mengunduh aplikasinya di play store atau app store, dan memilih tiket mudik yang diinginkan.
ADVERTISEMENT
Mudah bukan? tunggu apa lagi yuk segera berburu tiket mudikmu di tiket.com.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan