• 2

USER STORY

Trivia: Adegan di Film Quentin Tarantino Apakah Ini?

Trivia: Adegan di Film Quentin Tarantino Apakah Ini?


Apaan Tuh?

Quentin Tarantino (Foto: Azquotes)
Cuma Quentin Tarantino satu-satunya sutradara yang berani bilang kalau ia senang mencuri.
Maksudnya? Plagiat?
Tentu bukan plagiat, honey!
Seperti proses kreatif pada umumnya, Tarantino percaya kalau mencuri itu hukumnya gak dosa. Asal, kita enggak mencontek pek-ketiplek ide dari suatu film tersebut, sehingga terdapat kesan "meniru" atau "meng-imitasi" ide dari sineas lain.
Tujuan Tarantino mengambil banyak materi dari film lain adalah, a hanya ingin filmnya kaya akan rujukan dari film-film lain, ada intertekstualitas yang apik, yang bikin penonton dapat menikmati banyak materi film dari beberapa sineas sekaligus melalui filmnya saja.
Mencuri ala Tarantino meliputi kesadaran dan intensi yang tidak kamu pikirkan sebelumnya: ia senang mengambil banyak materi dari film lain (kostum, latar, shot, adegan, gaya berpakaian aktor, properti, kutipan, cara aktor berbicara, dsb.).
Misalnya, dalam film Kill Bill, kostum bertanding kuning-nya The Bride mencuri ide dari film Bruce Lee yang berjudul "Game of Death". Adegan ketika The Bride yang babak belur ditodong pistol pun persis seperti shot dalam film "The Good The Bad and The Ugly".
Nah, di suatu filmnya, tarantino juga pernah mencuri materi film "Rebel without a Cause" yang diperankan James Dean pada tahun 1955, di mana dil film jadul itu James Dean mengenakan jaket merah dengan tatanan rambut khas-nya.
Dalam satu film Tarantino, terdapat adegan di mana seorang figuran benar-benar berdandan seperti James Dean di film "Rebel without a Cause".

Apaan Tuh?!

James Dean ala ala (Foto: Film Faculty)

Film apakah yang dimaksud? Jawab di kolom komentar ya!

TriviaHiburanfilmEntertainment

500

Baca Lainnya