kumparan
18 Mar 2018 1:42 WIB

Klik-klik Asyik, Serunya Berebut Tiket Kereta Musim Mudik!

Hai, pembaca semua!
Gimana, kemarin kamu berhasil mendapatkan tiket kereta lebaran yang diidam-idamkan, nggak?
ADVERTISEMENT
Dengan sedikit jumawa, di tulisan kali ini saya bakal menceritakan betapa menegangkannya memesan tiket mudik lebaran 2018 beberapa hari yang lalu. Setelah melalui serangkaian drama karena ini dan itu, akhirnya saya pun berhasil mengantongi empat tiket mudik ke Semarang kota lumpia di musim lebaran mendatang. Benar-benar luar biasa pengalamannya.
Nah, sebenarnya cerita pemesanan tiket ini dimulai beberapa jam sebelum pembukaan tiket lebaran H-3. Setelah memastikan uang sudah tersimpan rapi di rekening, saya beserta orang tua saya memikirkan kapan kami bakal pulang ke Semarang dengan menggunakan naik kereta apa. Oke, sepertinya yang ini saja. Tawang Jaya. Murah meriah, tapi nggak kalah nyaman dengan kereta kelas lainnya. Tinggal sedia internet kencang di laptop, saya pun siap untuk berjuang berebut tiket secara online melawan puluhan ribu calon pemudik lainnya.
ADVERTISEMENT
Jam menunjukkan pukul 11.50 malam. Untuk berjaga-jaga, saya membuka beberapa tab situs pemesanan kereta api secara bersamaan supaya tidak kehabisan tiket lebaran. Ternyata... belum apa-apa, situs reservasi KAI sudah down duluan. Haduh, ini bagaimana ceritanya!
Untungnya PT KAI memiliki banyak mitra pemesanan tiket secara online. Berkat pengalaman membeli tiket mudik di musim lebaran sebelumnya, saya pun memilih memesan dari situs pemesanan terpercaya yaitu Tiket.com ketimbang terus-terusan me-refresh halaman situs PT KAI.
Daripada kehabisan tiket untuk berlebaran di kampung halaman, saya akhirnya memprioritaskan untuk memesan dari Tiket.com seperti tahun 2017. Yessss, Tiket.com/kereta ternyata lancar nih! Belum dilanda down!
Sebelum memasuki jam 00.00 tepat, saya pun menjalankan trik jitu saya yang patut dicatat oleh kamu-kamu yang ingin mengisi data pemesanan penumpang tanpa berlama-lama seperti yang saya lakukan di tahun sebelumnya. Sebetulnya sih caranya sederhana, tapi tidak ada salahnya kamu coba. Penasaran? Nah, ini dia jurus jitunya.
ADVERTISEMENT
Pertama-tama, saya menyalin nama lengkap seluruh anggota keluarga beserta nomor identitas setiap orang di selembar draft Microsoft Word. Tepat! Dengan sistem ini, saya cukup melakukan copy-paste ke setiap form pengisian tanpa perlu menuliskannya satu per satu lagi melawan puluhan ribu calon pemesan yang memperjuangkan tempat duduk yang sama! Cerdas, kan? 😊
***
3...2...1... Jam 12 Malam! Perang dimulai!
Sambil mengucap bismillah, saya langsung memasukkan setiap data di kolom isian pemesanan. Tanggal segini, Pasar Senen, Semarang Poncol, empat orang, copy-paste dari Microsoft Word... klik!
Duh, malah error!
Saya coba memindahkan tab browser kembali ke situs PT KAI. Down. F5-F5-F5-F5. Kebuka! Masukkan data lagi, pilih TAWANG JAYA, isi data... sebentar, sebentar. Loh kok tidak ada menu pilih tempat duduk? Nanti kalo kami berempat duduknya pisah-pisah bagaimana? Nggak mau ah!
ADVERTISEMENT
Tak pakai pikir panjang, saya langsung kembali ke situs Tiket.com. Pilih ini itu, pilih nama kereta, copy-paste lagi, AKHIRNYA! bisa masuk ke server-nya! Untung saja sudah punya draft nama pemesannya di Microsoft Word, tidak kebayang kalau harus berkali-kali menuliskan ulang langsung di form isian lalu halamannya tidak termuat.
Pemesanan kedua melalui Tiket.com terbilang lancar. Begitu mau proses, eh ternyata di sini bisa menentukan posisi bangkunya sendiri! Pilih gerbong, pilih kursi, pilih metode pembayaran, SELESAI!!! Baru sepuluh menit penjualan tiket tambahan dibuka, saya berhasil mendapatkan empat tiket Jakarta-Semarang setelah membayar kode booking tersebut lewat mobile banking supaya tidak direbut pemburu tiket lainnya.
Banzai! Akhirnya, kami sekeluarga berhasil mendapatkan tiket idaman untuk tahun ini dan bakalan merasakan nyamannya mudik naik kereta yang nyaman, dingin, juga terbebas dari kemacetan tol di Karawang, Cikampek, maupun Brexit yang beberapa tahun yang lalu terkenal dengan kemacetannya itu. Terima kasih, Tiket.com!
ADVERTISEMENT
***
Supaya kamu juga berhasil mendapatkan tiket untuk musim lebaran nanti, terutama saat pemesanan tiket arus balik yang bakal dibuka mulai minggu depan, ada baiknya kamu juga mengikuti beberapa tips yang sudah saya lakukan selama dua tahun belakangan.
Pertama, tulis nama penumpang dan nomor identitas yang ingin dipesankan lalu catatlah di Microsoft Word maupun notes supaya kamu mudah menyalinnya nanti. Trust me, it really works.
Kedua, pastikan rencana perjalanan kamu dan pantau terus kapan hari penjualan tiket idamanmu mulai dibuka lewat jadwal yang disediakan di situs https://www.tiket.com/promo/promo-kereta-mudik.
Ketiga, percayakan pemesanan tiket mudik lebaran 2018 kamu melalui Tiket.com, mitra pemesanan nomor satu dan terpercaya oleh PT KAI sejak tahun 2012 hingga sekarang! Selain menawarkan kemudahan dalam reservasi, Tiket.com juga menyediakan berbagai promo menarik mulai dari potongan harga Rp40.000 plus kupon gratis makanan jika kamu melakukan pemesanan tiket minimal Rp300.000 dalam satu ID!Berkat Tiket.com, saya sekeluarga berhasil memenangkan harta karun berupa empat tiket kereta mudik lebaran 2018 ke Kota Semarang.
ADVERTISEMENT
Pokoknya, mau mudik ke mana? #TiketKemanapun, Tiket.com saja! �
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan