Mengatasi Masalah Kulit dengan Daun Binahong

Mahasiswi Kesehatan Masyarakat, UIN Syarif Hidayatullah
Konten dari Pengguna
16 November 2021 10:46
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Aqilah Nisrina tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Mengatasi Masalah Kulit dengan Daun Binahong (281155)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi foto daun binahong. Dokumentasi pribadi
Tahukah kamu bahwa Tuhan menciptakan manusia dengan kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Sebagai wanita sering kali kita menjadikan fisik sebagai hal utama yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah mengenai kebersihan kulit. Beberapa wanita sangat mementingkan kesehatan kulitnya, terutama mengenai kulit wajah. Menjadikan kekurangan yang kita miliki sebagai suatu kelebihan juga merupakan sebuah upaya yang dapat kita lakukan sebagai manusia, salah satunya dengan memeliharanya. Memelihara kesehatan kulit wajah merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan dalam menjaga amanah dari Sang Pencipta. Selain itu, semua bentuk fisik ataupun tampilan kulit pada dasarnya memerlukan perawatan agar tetap sehat dan terhindar dari penyakit. Seiring berjalannya waktu, kualitas kulit wajah kita juga akan mengalami penurunan yang dapat ditandai dengan munculnya kerutan sehingga kulit tampak terlihat kurang sehat. Oleh karena itu, penting untuk kita menjaga kesehatan kulit wajah di masa muda agar kulit tetap sehat walaupun di usia senja nanti.
ADVERTISEMENT
Kulit merupakan bagian tubuh manusia terluar yang berfungsi untuk melindungi dan melapisi tubuh manusia. Setiap manusia memiliki jenis kulit yang berbeda sehingga dari perbedaan tersebut memicu permasalahan kulit yang berbeda pula. Sebagian masyarakat melakukan perawatan untuk mengatasi permasalahan kulit. Beberapa orang memercayakan perawatan kulit mereka melalui dokter spesialis kulit. Namun, tidak sedikit pula yang memilih perawatan di rumah dengan menggunakan bahan-bahan alami. Contohnya menggunakan bahan alami sebagai bahan baku pembuatan masker wajah. Permasalahan kulit wajah yang sering kali terjadi pada laki-laki ataupun perempuan ialah timbulnya jerawat, kulit kusam, serta warna kulit yang tidak merata. Permasalahan kulit tersebut dapat terjadi karena berbagai faktor, tetapi terdapat banyak pula cara untuk mengatasinya tergantung pada seberapa parah masalah kulit yang terjadi.
ADVERTISEMENT
Merawat kulit dengan bahan alami yang kaya manfaat dapat menjadi alternatif untuk perawatan kulit wajah agar terlihat halus dan tidak kusam. Salah satu daun yang dapat dijadikan perawatan kulit yaitu daun binahong. Daun yang berasal dari Korea ini merupakan tanaman merambat yang tidak memiliki batang serta tumbuhan dengan mengikuti arah sinar matahari. Daun binahong dikenal sebagai tanaman obat keluarga yang dapat dibudidayakan di halaman atau kebun rumah. Sejak zaman dahulu, daun binahong sudah dikenal sebagai obat kecantikan ataupun obat alternatif. Salah satu manfaat daun binahong untuk wajah ialah dapat digunakan sebagai obat jerawat karena di dalamnya terkandung minyak atsiri, saponin, dan flavonoid yang merupakan bahan aktif serta efektif untuk membunuh bakteri penyebab timbulnya jerawat. Kita dapat membuat masker alami dari daun binahong secara mandiri di rumah. Berikut adalah tata cara pembuatan daun binahong yang dapat kita lakukan di rumah sebagai bahan masker alami wajah.
ADVERTISEMENT
1. Siapkan beberapa helai daun binahong yang dapat kita petik pada tanaman yang sudah dibudidaya.
2. Cuci daun tersebut dengan air mengalir.
3. Letakkan ke dalam wadah yang sudah bersih.
4. Tumbuk hingga daun binahong hancur.
5. Pastikan terlebih dahulu wajah kita sudah bersih sebelum mengaplikasikan daun tersebut pada wajah.
6. Ratakan daun binahong yang sudah halus pada seluruh area wajah kita atau hanya pada area wajah yang berjerawat.
Langkah-langkah di atas adalah cara yang dapat kita lakukan untuk membuat masker alami wajah yang terbuat dari daun binahong. Apabila dalam beberapa kali pemakaian kondisi kulit kita tidak mengalami perubahan yang signifikan atau memperparah peradangan jerawat, kita perlu menghentikan pemakaian masker daun binahong tersebut. Menurut beberapa pengalaman yang ada, banyak orang yang cocok dalam pemakaian masker binahong, tetapi tidak sedikit pula yang tidak cocok. Dalam dunia kecantikan tidak sedikit bahan dasar kosmetik ataupun skincare yang tidak cocok dengan jenis dan kondisi kulit kita. Oleh karena itu, sudah seharusnya kita dapat bersikap bijak, teliti, dan informatif dalam menjaga serta merawat kesehatan kulit kita.
ADVERTISEMENT
Referensi
Diana, M., & Saputri, N. (2020). Daun Binahong untuk Mengurangi Jerawat dan Kelenjar Minyak pada Wajah. Garina, 12(1).
Putri, D. Y. (2014). PENGARUH PENGGUNAANMASKER DAUN BINAHONG (Anredera cordifolia (TEN) steenis) TERHADAP PENGURANGAN JERAWAT PADA MAHASISWI USIA 17-25 TAHUN. JTR-Jurnal Tata Rias, 3(1), 1-5.
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020