Food & Travel
·
20 Juli 2021 11:36
·
waktu baca 3 menit

Keindahan Curug Antap di Desa Cikakak, Banyumas

Konten ini diproduksi oleh Ar Raffy Ramadhan
Keindahan Curug Antap di Desa Cikakak, Banyumas (498473)
searchPerbesar
Ilustrasi Curug Atap Desa Cikakak, Wangon, Banyumas Foto : Ar Raffy Ramadhan
Apa itu wisata Curug Antap? Pasti asing di benak kalian yang mendengarnya bukan? Nah, kali ini saya mengunjungi lokasi tersebut. Wisata Curug Antap merupakan wisata alam yang terletak di Desa Cikakak, Wangon,Banyumas, Jawa Tengah. Wisata ini masih sangat terjaga keasrian alamnya karena terletak di daerah perbukitan dan masyarakat di sana sangat menjaga kebersihan lingkungan desa mereka.
ADVERTISEMENT
Namun sayangnya, wisata sebagus ini sempat terhenti selama kurang lebih 3(tiga) tahun, karena kurangnya kesadaran masyarakat sekitar terkait potensi alam yang mereka miliki serta ketidaktahuan bagaimana cara mengelola dan menjadikannya sebuah wisata menjadi penyebabnya.
Akibat alasan tersebut, terdapat warga yang  tergerak untuk mengelola tempat wisata ini. Warga itu bernama POKDARWIS (Kelompok Sadar Wisata) serta mengajak seluruh lapisan masyarakat dan dibantu oleh Pemerintahan Desa untuk melanjutkan membangun kembali wisata Curug Antap yang mampu menjadi objek wisata desa tersebut.
Selain potensi alamnya, terdapat bangunan kebudayaan yang masih berdiri kokoh di dekat lokasi curug. Oleh warga setempat akhirnya bangunan ini dijadikan salah satu objek wisata dan dihubungkan dengan Curug Antap. Penggabungan ini juga dikarenakan lokasi jalan yang berdekatan. Bangunan itu bernama Masjid saka tunggal. Masjid yang cukup membantu mereka untuk menawarkan dan memperkenalkan wisata Curug Antap kepada wisatawan yang datang ke Masjid Saka Tunggal untuk sekadar mampir berkunjung ke wisata Curug Antap.
Keindahan Curug Antap di Desa Cikakak, Banyumas (498474)
searchPerbesar
llustrasi Hutan Pinus, Desa Cikakak, Foto : Ar Raffy Ramadhan.
Seiring berjalannya waktu kurang lebih 1 (satu) tahun, Curug Antap sudah mulai berkembang dan kini dapat dinikmati kembali keindahannya oleh warga setempat ataupun wisatawan lokal dari berbagai daerah. Curug Antap menawarkan keindahan air terjun yang memukau, tempatnya yang tenang dan alami serta dikelilingi hutan pinus menjadi daya tarik tersendiri untuk wisatawan.
ADVERTISEMENT
Selain wisata alam yang disajikan, ada banyak jenis hiburan yang menjadi daya tarik lainya seperti kentongan, karaoke, dan masih banyak lagi. Untuk lebih menarik wisatawan, masyarakat mengadakan pasar mingguan di Curug Antap, lho..
Pasar Curug Antap? Di wisata alam seperti itu ada pasar?
Keindahan Curug Antap di Desa Cikakak, Banyumas (498475)
searchPerbesar
Ilustrasi Pasar Kuliner Curug Atap Sumber : maskuno.wordpress.com
Iya, selain menyajikan keindahan alam wisata tersebut kini juga menyajikan pasar kuliner. Selain untuk sarana berjualan makanan, Pasar ini memiliki tujuan untuk mengenal berbagai jenis kuliner atau makanan tradisional yang ada di Banyumas. Namanya Pasar Antap, menarik bukan? Pasar ini sengaja dibuka cukup lama sekitar pukul 08.00-17.00, selain untuk penunjang perekonomian pasar ini sangat cocok untuk wisatawan yang ingin meluangkan waktu dan menghabiskan liburannya pada hari minggu sambil menikmati lezatnya makanan dan minuman yang dijual oleh masyarakat atau sekadar menikmati keindahan alam Curug Antap yang disajikan.
ADVERTISEMENT
Hingga saat ini Curug Antap tentunya masih terus berproses dalam pengembangan dan penataan, sistem penataannya sendiri dilakukan dengan cara gotong royong oleh warga sekitar guna meningkatkan kenyamanan pengunjung dan menjadi lapak dagang yang menarik untuk di kunjungi..
Untuk masuk ke curug, pengunjung hanya dikenakan tarif sebesar Rp 5000. Tentu harga yang sangat murah dengan keindahan alam yang luar biasa.
Jadi, tunggu apalagi? Kami tunggu akhir pekan anda di wisata Curug Antap, Desa Cikakak,Wangon, Banyumas, Jawa Tengah.