News
·
13 Juni 2017 13:12

Jika Kamu Diterima di UGM, Wajib Hafalkan 7 Tempat Ini

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Jika Kamu Diterima di UGM, Wajib Hafalkan 7 Tempat Ini (122981)
Universitas Gadjah Mada (UGM). (Foto: Dok. ugm.ac.id)
Jika kamu mendapati pengumuman SBMPTN dengan layar terpampang "Selamat, kamu diterima di Universitas Gadjah Mada", betapa beruntungnya kamu menjadi bagian dari salah satu kampus terbaik dan tertua di Indonesia. UGM merupakan kampus yang konsisten berada di tiga besar nasional dalam berbagai lembaga akreditasi. Kamu tidak salah pilih ketika memutuskan berkuliah di kampus yang ada di Bulaksumur, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.
ADVERTISEMENT
Yang pasti, kuliah di UGM tidak hanya akan menjalani cerita kuliah yang begitu-begitu saja. Ada banyak tempat yang dapat yang layak dikunjungi dan kelak akan warnai harimu menjalani hari demi hari di Kampus Kerakyatan.
1. Grha Sabha Pranama
Bangunan yang berada tepat di tengah komplek kampus ini merupakan gedung serbaguna. Mulai dari acara kegiatan mahasiswa hingga pernikahan warga masyarakat, GSP selalu siap sedia menjadi tempat bernaung.
Jika Kamu Diterima di UGM, Wajib Hafalkan 7 Tempat Ini (122982)
Grha Sabha Pratama (Foto: www.ugm.ac.id)
Selain difungsikan sebagai gedung pertemuan, area di sekitar gedung juga ikut menjadi pusat kegiatan masyarakat. Lapangan di bagian depan saat jam kuliah akan menjadi tempat parkir mobil. Sorenya, ia akan menjadi pusat olahraga mulai dari jogging, sepakbola, flag football, hingga bermain layang-layang.
ADVERTISEMENT
Tahun terakhir kamu nantinya juga akan berurusan dengan gedung ini. Momen wisuda kamu di UGM akan diselenggarakan di GSP. Setelah mendapat ijazah, acara job fair masih mengandalkan GSP sebagai lokasi penyelenggaraan. Jadi, biasakanlah dengan setiap sisi gedung ini ya.
2. Rektorat UGM
Bangunan rektorat yang artistik ini adalah yang pertama berdiri sejak UGM pindah dari Kraton Yogyakarta. Bangunan ini langsung dirancang oleh Presiden Soekarno lho.
Jika Kamu Diterima di UGM, Wajib Hafalkan 7 Tempat Ini (122983)
Universitas Gadjah Mada (UGM). (Foto: Facebook @UGMYogyakarta)
Gedung ini memang menjadi tempat rektor setiap hari menjalankan amanat. Di tempat ini pula uang kampus dikelola. Jika ada sesuatu yang tidak beres di mata mahasiswa, Rektorat akan menjadi target demonstrasi.
Namun, tiang-tiang rektorat akan menjadi target lokasi foto kapanpun kamu membutuhkan. Mau untuk narsis, foto profil organisasi, atau foto wisuda, rektorat UGM adalah pilihan terakhir untuk merekam memori indahmu di kampus biru.
ADVERTISEMENT
3. Pasar Sunday Morning
Setelah suntuk karena hampir seminggu tanpa henti lembur tugas kuliah, tetap tenang dan tidak perlu panik, ada hiburan tersedia tidak jauh dari kampus. Pasar Sunday Morning, sebuah konsep pasar rakyat yang tumpah ruah di jalanan hadir tak jauh dari kampus.
Sunmor kini menempati lokasi di Karangmalang, dekat kampus Universitas Negeri Yogyakarta. Sebelumnya, Sunmor menjadi simbol yang begitu dekat dengan UGM karena digelar persis di depan kampus. Ratusan lapak digelar berjejer dari Fakultas Psikologi hingga Fakultas Perikanan.
Di Sunmor, kamu bisa mendapat kebahagiaan murah meriah. Kamu bisa belanja keperluan hidup sehari-hari. Kamu bisa beli berbagai jajanan untuk disantap. Tidak hanya sebagai pembeli, mahasiswa bisa memanfaatkan Sunmor untuk menggalang dana guna menopang kegiatan kampus.
ADVERTISEMENT
4. Gelanggang Mahasiswa
Pusat kegiatan mahasiswa UGM ya Gelanggang Mahasiswa. Berada di dekat gerbang masuk UGM, gelanggan menjadi sekretariat unit kegiatan mahasiswa. Mulai olahraga, seni bela diri, hingga fotografi, semuanya berkumpul di sini.
Jika Kamu Diterima di UGM, Wajib Hafalkan 7 Tempat Ini (122984)
Gelanggang Mahasiswa UGM (Foto: dok: www.ugm.ac.id)
Bangunan gelanggang sebenarnya hanya terdiri dari petak-petak sekretariat dan beberapa ruangan serbaguna. Tidak ada sports centre mewah. Namun kesederhanaan semacam itulah yag menjadi memori yang diam kekal bagi hampir semua mahasiswa UGM.
5. Masjid Kampus UGM
Jika Kamu Diterima di UGM, Wajib Hafalkan 7 Tempat Ini (122985)
Masjid UGM (Foto: Wikipedia)
Tidak banyak kampus di Indonesia yang memiliki keistimewaan untuk membangun masjid seperti UGM. Mengklaim sebagai masjid kampus terbesar di Asia Tenggara, Masjid Kampus UGM menjadi pusat ibadah baru di Kota Yogyakarta dan sekitarnya.
6. Lembah Cinta
Lembah Cinta berada di antara kampus UGM dengan UNY. Dulunya, kawasan ini benar-benar seperti lembah dengan hamparan rerumputan. Namun area yang kini bernama Jalan Olahraga ini menjadi patokan lokasi bila anda masuk ke kawasan UGM.
ADVERTISEMENT
7. Jalan Kaliurang
Kampus UGM dibelah jalan protokol di yang menghubungkan Kota Yogyakarta dengan Kaliurang yang sering disebut Jakal atau Jalan Kaliurang. Biasanya mahasiswa akan tinggal dalam radius kurang dari 3 kilometer atau di daerah Pogung.
Dengan menghafal setiap titik di jalan Kaliurang, kamu akan tau di mana saja tempat makan murah, fotokopi bahan perkuliahan andalan, atau tempat nongkrong yang nyaman untuk mengerjakan tugas.