Opini & Cerita
·
3 Maret 2019 22:14

5 Tempat yang Wajib Dikunjungi di Texas

Konten ini diproduksi oleh Arief Ihsan Rathomy
Ini adalah tulisan pertama saya yang akan membahas khusus tentang Texas (TX). Texas adalah negara bagian terbesar kedua setelah Alaska, di Amerika Serikat dengan luas daratan sekitar 5 setengah kali luas pulau Jawa.
ADVERTISEMENT
Kebayang ya besarnya Texas! Tidak heran ada pepatah Amerika bilang Everything is Bigger in Texas, luas daratannya saja jauh lebih besar dari negara-negara bagian lainnya.
Tapi topik itu nanti saya coba bahas pada tulisan lainnya, kali ini saya akan mencoba mengajak, sahabat travelers untuk melihat 5 (lima) tempat yang wajib dikunjungi, kalau kalian berkesempatan berkunjung ke Texas.
  1. Houston Space Center
Tahukan anda dengan ungkapan percakapan di dalam film Apollo 13 pada tahun 1995, “Houston we have a problem!”.
Di dalam film, Tom Hanks yang berperan sebagai pemimpin misi, James A. Lovell Jr., Apollo 13 mengungkapkan kekhawatirannya dalam komunikasinya ke NASA Mission Control Center di Kota Houston.
ADVERTISEMENT
Selengkapnya, James A. Lovell, Jr. berkata “Hey Houston, We’ve had a problem here”. Kata-kata ini selanjutnya diadopsi masyarakat AS untuk menggambarkan kekhawatiran seseorang menghadapi masalah.
5 Tempat yang Wajib Dikunjungi di Texas (27684)
searchPerbesar
Dok. Pribadi di Museum Houston Space Center
Nah, kalau ingin mengetahui seluk beluk dunia keastronotan sebagaimana terlihat di dalam Film Apollo 13, anda harus berkunjung ke Houston Space Center.
Lokasinya berada di tenggara kota Houston. Sekitar 43 km atau satu jam perjalanan dengan menyetir mobil.
Tiket masuknya relatif murah, yaitu: $29,95 (untuk dewasa), $24,95 (anak-anak), dan untuk anak-anak berumur 3 tahun ke bawah bebas tiket masuk.
5 Tempat yang Wajib Dikunjungi di Texas (27685)
searchPerbesar
Sumber: http://www.savorthedays.com/2010/07/nasa-space-center-houston.html
Houston Space Center adalah tempat yang tepat bagi Anda yang ingin mengeksplorasi dunia luar angkasa. Mulai dari sejarah pendaratan ke bulan oleh Neil Amstrong sampai dengan rencana Eksplorasi NASA ke Mars.
ADVERTISEMENT
Jangan lupa kalau berkunjung ke tempat ini, anda harus ikut dalam tur menggunakan kereta yang sudah termasuk di dalam biaya tiket masuk.
Anda akan diajak tur keliling markas NASA di Houston dan bahkan di bawa ke ruangan kontrol komunikasi, saat detik-detik misi ketiga ke Bulan Apollo ke-13 mengontak Bumi dan mengalami masalah.
  1. Gedung State Capitol di Austin
Tidak banyak travelers tahu kalau Ibu Kota Negara Bagian Texas berada di Kota Austin yang berlokasi sekitar 266 km di barat kota Houston.
Kota kecil berpenduduk sekitar 900 ribu ini adalah pusat administrasi pemerintahan Negara bagian Texas loh, di mana roda pemerintahan dijalankan.
5 Tempat yang Wajib Dikunjungi di Texas (27686)
searchPerbesar
Dok. Pribadi, State Capitol di Austin Texas
Untuk tujuan traveling yang satu ini, anda akan dibawa kembali ke masa-masa sejarah Texas berdiri. Tidak banyak yang tahu kalau Texas itu bukan bagian dari AS sampai dengan menyatakan bergabung pada tahun 1845.
ADVERTISEMENT
Texas sempat dijajah oleh Prancis, Spanyol, dan akhirnya Meksiko. Pada tahun 1836, berdasarkan Treaties of Velasco, Texas menjadi negara sendiri dan memisahkan dari koloninya Meksiko. Presiden Sam Houston (2 Maret 1793-26 Juli 1863) menjadi presiden Texas pertama.
5 Tempat yang Wajib Dikunjungi di Texas (27687)
searchPerbesar
Sam Houston, Presiden Pertama Republik Texas. Sumber: https://www.ozy.com/flashback/why-sam-houston-texas-hero-opposed-the-civil-war/85837
Gedung State of Capitol juga mencatat perjalanan sejarah perpindahan ibu kota Texas. Austin terpilih senjadi ibu kota baru menggantikan Houston pada tahun 1839. Penamaannya adalah penghargaan atas jasa bapak pendiri Texas, Stephen F. Austin, yang berjuang melawan Meksiko saat pendirian awal Republic of Texas.
5 Tempat yang Wajib Dikunjungi di Texas (27688)
searchPerbesar
Gedung State Capitol di Austin, Texas. Dok Pribadi
Tidak hanya sejarah, tapi arsitektur gedungnya menarik dan sangat detail. Banyak spot-spot yang instagramable yang cocok untuk di-upload ke akun Instagram anda. Jadi, yang suka sejarah dan foto-foto wajib berkunjung ke State Capitol di Austin ya.
ADVERTISEMENT
  1. The Alamo, San Antonio
Masih berhubungan dengan sejarah berdirinya Texas. Sebuah Film tentang kisah the Alamo diangkat ke layar lebar ditahun 2004.
Film menggambarkan kisah di balik sisa bangunan yang sampai sekarang masih berdiri di pusat kota San Antonio di Texas ini.
Di dalam sejarah tercatat, Republik Texas melakukan perlawanan heroik atas Presiden Meksiko saat itu, Jenderal Santa Anna, meskipun dengan jumlah pasukan yang sangat sedikit.
Perang akhirnya dimenangkan Jenderal Santa Anna dengan 200 pasukan Texas tewas. Namun, perang ini menginspirasi Sam Houston yang mundur hingga ke San Jacinto, sekitar 37 km sebelah timur kota Houson dan berhasil mengalahkan Jenderal Santa Anna. Selanjutnya ia mengusir Santa Anna kembali ke Meksiko.
5 Tempat yang Wajib Dikunjungi di Texas (27689)
searchPerbesar
The Alamo, San Antonio, Texas. Sumber: http://www.thealamo.org/
Untuk masuk ke dalam Alamo, anda tidak dipungut biaya. Mungkin hanya butuh mengantre dengan beberapa orang di pintu masuknya.
ADVERTISEMENT
Tur di dalam bangunan, akan ditawarkan pada jam-jam tertentu untuk memudahkan pengunjung mengerti sejarah dan latar belakang di balik bangunan ini. Selengkapnya informasi dapat diperoleh di sini.
  1. River Walk, San Antonio
Tidak jauh dari lokasi the Alamo, lokasi wajib saat berkunjung di San Antonio adalah River Walk. Konsep River Walk ini adalah pedestrian di pinggir sungai kecil yang mengelilingi pusat kota San Antonio dengan panjang sekitar 23 km.
Asal mulanya bukan untuk tempat wisata, melainkan untuk mengontrol banjir dahsyat yang mengakibatkan korban jiwa pada tahun 1921 di San Antonio.
Meski masih berfungsi sebagaimana tujuan semula, namun sejak akhir tahun 1939 komersialisasi kawasan River Walk dimulai dan menjadi seperti sekarang.
ADVERTISEMENT
Di sepanjang jalan pinggir sungai ini terdapat beragam restoran, bar, toko cinderamata, dan bangunan unik yang bisa kita kunjungi dan nikmati.
Tidak hanya itu, terdapat tur menggunakan perahu untuk mengelilingi aliran sungai sepanjang River Walk ini dengan seorang tur guide. Untuk yang satu ini, pengunjung diharuskan membayar $25 di dalam tur di kapal yang menghabiskan waktu kurang lebih 15-20 menit.
5 Tempat yang Wajib Dikunjungi di Texas (27690)
searchPerbesar
River Walk, Ssan Antonio di malam hari. Sumber: https://www.flickr.com/photos/stuseeger/5627832853
Berdasarkan pengalaman penulis, jalan-jalan di malam hari di River Walk sangat recommended. Banyak juga lokasi berfoto unik di depan bangunan-bangunan tua dan di pinggir sungai kecil yang mengalir.
Tapi ingat ya jangan sewaktu puncak musim dingin atau musim panas. Bisa menggigil kalau ikut tur bersama boat yang berkeliling di sana saat musim dingin dan kepanasan saat berkunjung di puncak musim panas.
ADVERTISEMENT
  1. The Fort Worth Stock Yards
Lokasi kelima yang teringat betul oleh penulis adalah Stock Yards, di kota Fort Worth. Berada sekitar 52 km di sebelah timur kota Dallas, Texas. The Fort Worth Stock Yards adalah sebuah distrik historis dengan luas sekitar 40 hektar.
Di dalamnya, seperti kota kecil di film-film koboi yang sering kita saksikan di televisi. Sejalan dengan tema distrik ini “Fort Worth is where the West begins”.
5 Tempat yang Wajib Dikunjungi di Texas (27691)
searchPerbesar
Stock Yards Hotel, di Fort Worth. Dok Pribadi
Untuk masuk ke dalam distrik ini tidak dipungut biaya. Pengunjung bisa menyaksikan para koboi menggiring hewan ternak seperti Sapi Texas (Longhorn), Sapi, dan Kuda di jalanan Stock Yards setiap harinya pukul 11.30 siang dan jam 4 sore.
5 Tempat yang Wajib Dikunjungi di Texas (27692)
searchPerbesar
Menggiring Longhorn di Stock Yards, Fort Worth. Sumber: https://www.fortworthstockyards.org/play/fort-worth-herd-cattle-drive
Bagi yang belum pernah menikmati rodeo ala Texas, para pengunjung dapat datang pada hari Jumat dan Sabtu dari pagi hingga sore hari.
ADVERTISEMENT
Harga tiket masuknya relatif tidak terlalu mahal berkisar antara $20-40 dari tiket biasa hingga VIP. Anak-anak di bawah 3 tahun dikenakan tiket $10 saja.
Fort Worth ternyata tidak asing dengan Indonesia. Sejak tahun 1990 kedua kota menandatangani perjanjian persahabatan antara dua kota, Bandung-Fort Worth Sister Cities. Sejak saat itu kedua kota melakukan kerja sama baik di bidang pendidikan, budaya, ekonomi, dan olahraga.
5 Tempat yang Wajib Dikunjungi di Texas (27693)
searchPerbesar
Sister Cities Bandung-Fort Worth. Dok Pribadi
Tentu saja masih banyak tempat menarik lainnya untuk dikunjungi di Texas dan pengalaman anda pasti unik dan berbeda. Nantikan cerita saya tentang Texas berikutnya ya.