Bisnis
·
28 Juni 2021 17:40
·
waktu baca 3 menit

Dunia Era Digital dan Peran Digital Marketing

Konten ini diproduksi oleh Arma Novryan
Dunia Era Digital dan Peran Digital Marketing (220410)
searchPerbesar
Ilustrasi menerapkan konsep marketing yang baik. gambar: pixabay.com
Dunia zaman now sudah memasuki era digital dari tahun ke tahun kebutuhan dari masyarakat sudah berbeda dengan zaman dahulu dan sekarang, mulai dari media untuk bersosial dan berbisnis. Hampir semua di kehidupan kita memerlukan media digital sehingga perusahaan yang tersebar dis eluruh dunia mengikuti perubahan era digital tersebut. Keberlangsungan masyarakat demi pencapaian ekonomi yang tepat maka suatu negara yang maju akan mengikuti perkembangan zaman perusahaan mengembangkan atau memanfaatkan kemajuan teknologi demi kemajuan perekonomian di negara tersebut salah satunya strategi yang dimanfaatkan digital marketing.
ADVERTISEMENT
Digital marketing memang cara terbaik untuk memanfaatkan era dunia digital dengan media online dalam menjalankan pekerjaan di perusahaan atau dalam berbisnis. Situasi sekarang ini COVID-19 yang mengharuskan untuk menjalankan aktivitas dalam media online seperti contohnya mereka yang bekerja dirumah atau WFH (work from home). Menurut statistik, penduduk Indonesia maupun luar negeri menghabiskan hingga 89% kesehariannya di aplikasi mobile membuat smartphone mendominasi saluran komunikasi. Seiring berjalannya waktu, di dunia perusahaan memang diharuskan menerapkan sistem digital marketing untuk menarik pembeli atau konsumen.
Pemasaran digital dengan memanfaatkan media sosial yang sekarang ini sering digunakan oleh pengusaha atau pebisnis sebagai alokasi pemasaran yang efisien dan fleksibel. Seperti yang kita tahu, perkembangan teknologi dan internet di masyarakat sangat luas sehingga tidak heran kegiatan pemasaran secara digital dijadikan pilihan. Media sosial sudah menjadi kebutuhan pokok manusia di era digital ini.
ADVERTISEMENT
Perusahaan di era digital ini harus mengubah pola strategi marketingnya supaya sesuai dengan target pasar yang di tetapkan dan juga kebutuhan dari pelanggan. Mulai dari pemasangan iklan di radio, TV, dan koran untuk memenuhi target yang lebih spesifik. Namun dengan pesatnya perkembangan teknologi dan internet kini ada istilah mobile marketing.
Mobile marketing, di mana strategi pemasaran ini dilakukan dengan menggunakan media smartphone, tablet, dan perangkat seluler lainnya melalui situs web, email, SMS, media sosial dan aplikasi Mobile. Menurut Salesforce, sekitar 68% perusahaan telah mengintegrasikan pemasaran seluler ke dalam strategi pemasaran mereka secara keseluruhan. Salah satu contohnya adalah brand McDonald's yang resmi menggandeng boy band Korea BTS pada tanggal 26 Mei 2021 lalu. BTS di mana menjadi brand ambassador dari salah satu menu yaitu McDonald's BTS meal, hal ini menjadi jadi daya tarik sendiri bagi para fans atau pelanggan untuk membeli suatu produk tersebut dikarenakan BTS sudah terkenal secara Internasional. Strategi ini menguntungkan bagi perusahaan meskipun mereka mengeluarkan dana yang cukup besar untuk bisa di terima di kalangan penikmatnya.
ADVERTISEMENT
Di era digital, tidak hanya pengiklanan bertujuan untuk profit suatu perusahaan namun simpati dan empati dari iklan yang di sampaikan bisa tercapai, dengan ini disebut sosial marketing. Sosial marketing yang di mana strategi pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan dengan melakukan aktivitas non komersial dengan tujuan untuk menyelesaikan permasalahan sosial yang terjadi di masyarakat. Kegiatan tersebut dilakukan dengan tujuan utama untuk meningkatkan brand awareness terhadap perusahaan.
Perkembangan jaringan sosial yang berkembang membantu para pengusaha atau pebisnis untuk mendapatkan informasi dan perkembangan trend yang terjadi secara lokal. Di mana pemasaran dilakukan dengan menargetkan pelanggan dalam radius tertentu pada sekitaran lokasi perusahaan. Strategi pemasaran ini untuk bisa bekerja dengan efektif harus dilakukan dengan melakukan penyesuaian dengan norma, nilai, dan kebutuhan yang dimiliki oleh penduduk sekitar lokasi perusahaan. Sebagai contoh saat ini tren e-commerce sedang naik di Indonesia, misalnya saja marketplace seperti Tokopedia atau BukaLapak bekerja sama dengan Go-Jek untuk melakukan pengiriman barang dari daerah ke daerah lain dan sekitarnya pelanggan. Bila cerdas, seller seharusnya menjangkau customer terdekatnya dengan memanfaatkan fasilitas pengantaran cepat yang disediakan oleh Go-Jek melalui layanan Go-Send.
ADVERTISEMENT
Dengan demikian perkembangan dari teknologi dan informasi akan berguna untuk perusahaan sehingga memperoleh profitabilitas sesuai target. Digital marketing memberi strategi efisiensi sosial, mobile dan lokal marketing yang berguna untuk menghadapi perubahan pada pasar atau keinginan dari pelanggan di era dunia digital ini. Tidak berhenti sampai di situ, perusahaan juga harus menerapkan ke tiga metode tersebut untuk menyongsong masa depan, agar awareness terhadap brand mereka dan dapat terus tumbuh di antara para pelanggan sehingga perekonomian di suatu negara juga ikut terus berkembang.
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020