Kejahatan Siber

Novianto Nadhif Ramadhan
mahasiswa Institut Bisnis Nusantara yang mencoba mencari hal baru yaitu membuat artikel
Konten dari Pengguna
23 April 2022 19:37 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Novianto Nadhif Ramadhan tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Luasnya teknologi di era digital membuat kita harus lebih berhati-hati dalam menggunakannya https://unsplash.com/photos/HOrhCnQsxnQ
zoom-in-whitePerbesar
Luasnya teknologi di era digital membuat kita harus lebih berhati-hati dalam menggunakannya https://unsplash.com/photos/HOrhCnQsxnQ
ADVERTISEMENT
Kejahatan siber di era kemajuan teknologi. Kemajuan teknologi bukan suatu hal yang dapat dihindari, apalagi di era digital ini dengan adanya kemajuan teknologi khususnya di internet. Kita semakin banyak mengetahui hal-hal yang tidak kita ketahui sebelumnya dan dengan adanya internet, kita dapat mempermudah melakukan sesuatu seperti mengirim pesan. Begitu juga dengan kejahatan, semakin maju teknologi semakin banyak juga kejahatan yang memanfaatkan kemajuan teknologi.
ADVERTISEMENT
Salah satu kejahatan yang memanfaatkan dari kemajuan teknologi adalah penipuan merupakan salah satu kejahatan yang paling umum terdengar. Mereka lazimnya purapura menjual sesuatu yang terlihat seperti penjual sungguhan.
Itu merupakan sebagian kecil dari kejahatan internet yang sering kita temui, tetapi kejahatan di internet tidak hanya penipuan, ada banyak sekali kejahatan internet yang belum diketahui, hal inilah yang dapat membahayakan sebagian kalangan yang menggunakan internet salah satunya media sosial.
Seperti kejahatan Phishing, phishing merupakan kejahatan yang dilakukan untuk mendapatkan informasi data seseorang kejahatan ini sering dilakukan di media sosial dengan mengirimkan link palsu atau membuat website palsu, tujuan dari kejahatan ini untuk mencuri data penting seperti identitas, email, maupun perbankan
ADVERTISEMENT
Kejahatan Skimming adalah kejahatan perbankan di mana informasi debit atau kartu kredit dicuri untuk menarik dana dari rekening korban.
Serangan Ransomware adalah virus yang dapat menginfeksi komputer dan ponsel pengguna. Hal ini bisa terjadi karena pengguna baru saja menekan atau mengunduh sesuatu yang ternyata merupakan virus ransomware.
Kejahatan Hacking merupakan kejahatan yang mencari kelemahan suatu sistem agar mereka dapat masuk ke suatu sistem tanpa izin dari pemilik, hacking merupakan kejahatan yang sangat merugikan, karena kejahatan ini dapat mengetahui seluruh informasi dari korban.
Itu merupakan beberapa kejahatan di internet yang mungkin belum kita ketahui, kita sebagai pengguna internet harus berhati – hati dan bijak dalam menggunakan internet. Tidak ada yang tahu mungkin kedepannya akan ada kejahatan lainnya yang akan muncul di internet, dan hindarilah memposting identitas pribadi di sosial media.
ADVERTISEMENT