kumparan
24 Agu 2019 21:20 WIB

8 Desain Kamar Mandi Minimalis Skandinavia yang Simpel dan Keren

Simak 8 rekomendasi keramik dinding kamar mandi bergaya Skandinavia.
Kamar mandi minimalis House 1 di Semarang karya Tamara Wibowo (Sumber: arsitag.com)
Skandinavia adalah semenanjung di bagian utara Eropa. Semenanjung Skandinavia mempunyai populasi yang rendah dan ditutupi dengah hutan pohon tusam, betula, dan cemara. Di sebelah barat dan utara terdapat pegunungan. Pegunungan Skandinavia merupakan salah satu pegunungan tertua di dunia.
ADVERTISEMENT
Nah, apakah sudah terbayang seperti apa suasana Skandinavia? Ya, udara yang dingin dan pemandangan alam yang indah adalah hal yang akan anda jumpai di sana.
Terlepas dari pemandangannya yang menakjubkan, rumah-rumah di wilayah Skandinavia juga memiliki desain tersendiri. Seolah menyesuaikan dengan karakter lingkungan alamnya. Sehingga muncul desain Skandinavia yang belakangan sangat digandrungi banyak kalangan, terutama kaum milenial.
Ciri utamanya adalah penggunaan warna netral yang cerah seperti putih dan pastel. Kemudian dinding bata ekspos berwarna putih yang kental nuansa tradisional serta elemen kayu yang hangat.
Desain Skandinavia sendiri dapat diterapkan di berbagai ruangan, salah satunya adalah kamar mandi. Kamar mandi dengan desain Skandinavia akan terlihat lebih cerah dan bersih. Kebanyakan motif keramik kamar Skandinavia adalah berwarna putih polos atau motif tribal.
ADVERTISEMENT
Berikut ini, Arsitag merangkum beberapa pesona kamar mandi minimalis Skandinavia yang simpel dan keren. Focal point utamanya terdapat pada pemilihan keramik dindingnya.

1. Kamar Mandi Minimalis Berdinding Zig-Zag

Kamar mandi minimalis JR Apartment di Jakarta karya Antarruang Studio (Sumber: arsitag.com)
Agar bagian dinding kamar mandi terlihat lebih menarik, sebaiknya anda menyusun keramik dengan cara yang tidak biasa. Misalnya, dengan motif zig-zag. Trik ini dapat meminimalisasi kesan kaku yang biasa ditimbulkan oleh keramik warna putih.

2. Kamar Mandi Minimalis dengan Dinding Keramik Persegi Kecil

Kamar mandi minimalis i45 House di Jakarta karya Lukemala Creative Studio (Sumber: arsitag.com)
Anda dapat lebih berani lagi dalam memilih ukuran dan bentuk keramik yang bisa anda gunakan sebagai pelapis dinding. Salah satu yang dapat anda coba adalah keramik persegi berukuran kecil.

3. Kamar Mandi Minimalis dengan Lukisan Hitam Putih

Kamar mandi minimalis P house di Jakarta karya Jessika Devina (Sumber: arsitag.com)
Kamar mandi minimalis dengan sentuhan Skandinavia cenderung menggunakan elemen yang cerah dan bersih. Menambahkan sedikit sentuhan warna hitam akan membuat kamar mandi terlihat elegan. Anda dapat memasang gambar hitam putih pada dinding untuk memperkuat kesan elegan.
ADVERTISEMENT

4. Kamar Mandi Minimalis Dinding Marmer

Kamar mandi minimalis Ratimur House di Jakarta karya Rezafarnanda (Sumber: arsitag.com)
Selain menggunakan keramik dan dinding bercat putih, kamar mandi minimalis gaya Skandinavia bisa menggunakan material marmer. Agar sesuai dengan tema kamar mandi, gunakan marmer berwarna cerah.

5. Kamar Mandi Minimalis dengan Glass Shower Screen

Kamar mandi minimalis House 1 di Semarang karya Tamara Wibowo (Sumber: arsitag.com)
Mungkin tirai shower tekesan sangat mainstream, bahkan kuno. Anda bisa menggunakan glass shower screen agar kamar mandi tampil lebih menarik dan minimalis.

6. Kamar Mandi Minimalis dengan Dinding Batu Alam

Kamar mandi minimalis Mr.C's House di Jakarta karya Donnie Marcellino (Sumber: arsitag.com)
Dinding bata ekspos berwarna putih memang dominan digunakan pada desain Skandinavia. Jika anda ingin menghadirkan sedikit suasana alam, anda bisa mencoba untuk memadukannya dengan batu alam.

7. Kamar Mandi Minimalis dengan Dinding Keramik Persegi Besar

Kamar mandi minimalis O-06 House di Jakarta karya AXIALSTUDIO (Sumber: arsitag.com)
Apabila anda merasa kurang cocok menggunakan keramik persegi kecil, anda bisa menggunakan keramik persegi berukuran lebih besar. Dengan ukuran yang lebih besar, tentunya pemasangan dan perawatan keramik menjadi lebih mudah.
ADVERTISEMENT

8. Kamar Mandi Minimalis dengan Dinding Bermotif Unik

Kamar mandi minimalis Rumah Tinggal di Semarang karya SAMMA Design (Sumber: arsitag.com)
Terakhir, untuk menambah keindahan di dalam kamar mandi minimalis bergaya Skandinavia, anda bisa bereksperimen dengan dinding keramik yang memiliki motif unik. Namun, pastikan warna dan motif keramik yang digunakan masih masuk dengan gaya Skandinavia.
Pemilihan motif dan warna dinding menjadi faktor dekorasi utama desain kamar mandi bergaya Skandinavia. Termasuk pemilihan keramik dinding. Dengan pemilihan yang tepat, niat anda memiliki kamar mandi Skandinavia bukanlah impian belaka. Perbanyak referensi untuk menambah ide agar anda lebih bebas lagi bereksperimen sehingga menciptakan kamar mandi idaman.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan