kumparan
30 Apr 2019 20:07 WIB

Menyiapkan Mudik Naik Pesawat Terbang untuk si Kecil

Mudik, bagi perantauan seperti saya dan suami, kata ini ialah hal yang menyenangkan. Rasanya jauh lebih bahagia dibanding mendapat Tabungan Hari Raya (THR). Apalah arti banyaknya THR tanpa euforia bisa pulang ke kampung halaman? Bisa bertemu orang tua, sanak saudara, dan juga para tetangga di sekitar rumah orang tua yang menjadi saksi tumbuh kembang kita, merupakan suatu kebahagiaan tersendiri bagi perantau. Terlebih kalau bisa sekalian bagi-bagi rezeki, pada anak-anak kecil juga kaum tak mampu.
Kalau mudik, Zril bisa bertemu sepupunya
Mudik adalah kembali ke kampung halaman saat lebaran, biasanya ditempuh dengan perjalanan jauh. Bisa naik kereta api, bus, kapal laut atau mungkin pesawat terbang. Di zaman serba digital ini segala alternatif untuk tempuh perjalanan jauh bisa didapatkan dengan mudah. Toh tiketnya terpampang nyata di https://www.tiket.com/.
ADVERTISEMENT
Kalau mau menyingkat waktu, bisa pilih naik pesawat terbang. Bila ingin menikmati perjalanan darat, silakan coba naik kereta api. Menikmati deburan ombak sambil pacu adrenalin menuju tanah kelahiran pun bisa dilakoni dengan kapal laut. Nah bagi yang ingin irit dan memiliki motto 'alon-alon asal kelakon', naik bus ialah pilihan terbaik.
Memikirkan sarana transportasi apa yang dipakai untuk mudik lebaran tidak hanya soal kesenangan pribadi semata. Terutama bagi yang telah berumah tangga. Kebutuhan kenyamanan dan menyingkat waktu perjalanan kemudian menjadi pertimbangan utama agar anak tak rewel. Dan ini semua didapat dengan menikmati fasilitas mudik lebaran memakai pesawat terbang.
Membawa anak naik pesawat itu banyak persiapannya. Misalnya:
1. Menyiapkan kondisi fisik
Untuk bisa ikut 'terbang', badan haruslah dalam kondisi yang baik. Sebaiknya beberapa minggu sebelum tanggal penerbangan, perlu menambah suplemen vitamin bagi anak. Selain bisa menambah nafsu makan, vitamin juga mampu menstabilkan kondisi fisik anak. Minimal, anak dalam kondisi bebas flu, batuk atau penyakit lainnya yang membuatnya tak nyaman.
ADVERTISEMENT
2. Menceritakan bagaimana perjalanan yang akan ditempuh
Bila naik pesawat ialah hal baru bagi anak, tentunya dia akan merasa ketakutan begitu memasuki kabin pesawat. Ada baiknya jauh-jauh hari sebelum hari H perjalanan, orang tua menjelaskan bagaimana rasanya naik pesawat. Bahwa perjalanan dengan pesawat terbang tentu berbeda dengan perjalanan darat yang biasa ditempuh.
Naik pesawat terbang akan menimbulkan rasa tak nyaman di awal, yakni saat take off. Mungkin bisa menjelaskan rasanya seperti naik ayunan. Ada sensasi terbang yang akan dirasakan.
Bisa pula menceritakan bahwa naik pesawat terbang itu sangat seru. Pemandangan yang tampak di jendela bukan lagi pepohonan dan aspal bebatuan jalanan. Yang terlihat adalah apa yang ada di angkasa. Nantinya rumah-rumah terlihat kian mengecil hingga akhirnya tak terlihat.
ADVERTISEMENT
3. Menyiapkan perbekalan di tas kecil
Untuk menikmati perjalanan agar lebih menyenangkan, perlu camilan agar anak tak bosan dan rewel karena lapar. Kadangkala ada maskapai penerbangan yang memberikan camilan, tapi itu juga tergantung jarak tempuh dan lama perjalanan. Daripada menggantungkan pada yang belum pasti, lebih baik bawa sendiri dan disimpan dalam tas kecil yang mudah dibawa.
Selain itu siapkan pula obat anti mabuk perjalanan. Lebih baik diminumkan sebelum take off. Antisipasi, sedia payung sebelum hujan. Apalagi bila itu pengalaman si kecil naik pesawat terbang pertama kalinya.
4. Menyiapkan dana
Tidak dipungkiri, menyiapkan dana menjadi hal utama yang harus disiapkan. Karena mudik bersama anak tiketnya tidak hanya untuk suami istri, tapi bertambah sesuai jumlah si kecil. Seperti yang kita tahu, harga tiket pesawat terbang tidaklah murah. Oleh karena itu budget mudik ini perlu dipersiapkan secara matang.
Jumlah tiket pesawat disesuaikan dengan jumlah penumpang
Mudahnya dapat tiket pesawat murah di hari lebaran nanti
Tenang saja bagi yang anggaran dananya mepet. Di Tiket.com ada banyak promo Tiket Pesawat Murah setiap harinya. Hal ini bisa kita manfaatkan untuk berburu harga tiket yang terjangkau. Namanya saja #tiketWonderfulIndonesia.
ADVERTISEMENT
Apalagi tersedia gratis tambahan bagasi. Membawa si kecil berarti membawa serta berbagai peralatannya. Dari pakaian tambahan hingga mainannya. Lumayan benar-benar bisa mengirit biaya perjalanan menggunakan pesawat terbang.
Bagasi tambahan benar-benar tanpa biaya loh
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan