5 Manfaat Luar Biasa dari Daun Kelor dan Khasiatnya untuk Kesehatan

Artikel Kesehatan
Kumpulan artikel yang membahas informasi seputar kesehatan.
Konten dari Pengguna
26 Maret 2024 16:25 WIB
·
waktu baca 4 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Artikel Kesehatan tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi daun kelor. Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi daun kelor. Foto: Shutterstock
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Daun kelor, dikenal juga dengan nama Moringa oleifera, adalah tanaman yang telah lama dihargai di banyak budaya karena khasiatnya yang luar biasa bagi kesehatan. Dengan kandungan nutrisi yang tinggi, daun kelor menawarkan berbagai manfaat yang mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan.
ADVERTISEMENT
Artikel ini akan menjelajahi lima manfaat utama daun kelor, memperkuat pemahaman Anda tentang mengapa tanaman ini disebut sebagai "pohon ajaib".

5 Manfaat Daun Kelor

1. Meningkatkan Sistem Imun

Daun kelor merupakan sumber vitamin C yang banyak, vitamin esensial yang berperan penting dalam penguatan sistem imun. Vitamin C membantu meningkatkan produksi sel darah putih yang bertugas melawan infeksi dan penyakit.
Selain itu, daun kelor juga kaya akan antioksidan yang melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas, mengurangi risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

2. Memerangi Peradangan

Peradangan adalah respons alami tubuh terhadap cedera atau infeksi. Namun jika peradangan kronis terjadi, hal itu justru dapat menyebabkan berbagai penyakit serius.
Nah, daun kelor memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat berkat kandungan senyawa isothiocyanate di dalamnya. Hal ini menjadikannya sebagai obat alami yang efektif untuk kondisi inflamasi seperti arthritis, serta membantu mengurangi pembengkakan dan nyeri.
ADVERTISEMENT

3. Menyehatkan Kulit dan Rambut

Ilustrasi menarik rambut. Foto: Quality Stock Arts/Shutterstock
Kandungan nutrisi yang tinggi dalam daun kelor menjadikannya sebagai superfood untuk kulit dan rambut. Vitamin A dan E yang ada dalam daun kelor membantu meningkatkan regenerasi sel kulit dan menjaga kelembapan kulit.
Lalu, antioksidan dalam daun kelor melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar UV dan polusi. Sedangkan khasiatnya untuk rambut adalah membantu memperkuat akar rambut, mendorong pertumbuhan, dan mengurangi ketombe.

4. Meningkatkan Energi dan Stamina

Daun kelor adalah sumber alami zat besi dan magnesium, dua nutrisi penting untuk produksi energi dan mengurangi kelelahan. Zat besi membantu dalam pembentukan hemoglobin yang mengangkut oksigen ke seluruh tubuh, sedangkan magnesium berperan dalam memecah glukosa menjadi energi.
Jadi, mengonsumsi daun kelor secara teratur dapat membantu meningkatkan energi dan stamina. Hal itu akan membuat Anda merasa lebih berenergi sepanjang hari.
ADVERTISEMENT

5. Mendukung Kesehatan Pencernaan

Karena kaya akan serat, daun kelor dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan. Serat membuat pergerakan usus menjadi lancar, mencegah sembelit, dan mendukung pertumbuhan bakteri baik dalam usus.
Selain itu, daun kelor memiliki sifat antibakteri dan anti parasit yang dapat membantu perlindungan untuk tubuh dari infeksi dan meningkatkan penyerapan nutrisi dalam usus.

Apa itu daun kelor dan dari mana asalnya?

Daun kelor berasal dari pohon Moringa oleifera, merupakan pohon asli dari bagian utara India. Pohon ini tumbuh di banyak negara tropis dan subtropis, termasuk di Asia, Afrika, dan Amerika Selatan.
Daun kelor dianggap sebagai tanaman yang bernilai karena kandungan nutrisinya yang tinggi, termasuk vitamin A, C, beberapa vitamin B, serta mineral seperti kalium, kalsium, zat besi, dan magnesium. Karena kandungannya tersebut, daun kelor sering disebut sebagai "pohon ajaib" atau "superfood".
ADVERTISEMENT

Bagaimana cara mengonsumsi daun kelor untuk mendapatkan manfaatnya?

Daun kelor dapat dikonsumsi dalam berbagai cara, tergantung pada preferensi dan ketersediaan. Daunnya bisa dimakan segar, dikeringkan dan digiling menjadi bubuk, atau diproses menjadi suplemen.
Daun segar bisa ditambahkan ke dalam salad atau sebagai bahan sayur dalam berbagai masakan. Bubuk daun kelor dapat dicampurkan ke dalam smoothie, jus, atau teh. Sedangkan suplemen daun kelor biasanya tersedia dalam bentuk kapsul.
Untuk menghindari efek samping, [enting untuk memulai asupan tersebut dengan dosis kecil terlebih dahulu, lalu secara bertahap meningkatkannya.

Apakah ada efek samping dari mengonsumsi daun kelor?

Ilustrasi daun kelor Foto: dok.shutterstock
Secara umum, daun kelor dianggap aman bila dikonsumsi dalam jumlah yang wajar sebagai bagian dari diet seimbang. Namun, beberapa orang mungkin mengalami efek samping seperti gangguan pencernaan, mual, atau diare, terutama jika mengonsumsi dalam jumlah banyak untuk pertama kalinya.
ADVERTISEMENT
Wanita hamil dan menyusui harus berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi daun kelor karena kurangnya penelitian tentang penggunaannya dalam kondisi tersebut.

Berapa banyak daun kelor yang harus dikonsumsi setiap hari?

Tidak ada dosis yang ditetapkan untuk konsumsi daun kelor. Sebab, faktor seperti usia, berat badan, dan kondisi kesehatan individu dapat mempengaruhi kebutuhan nutrisi seseorang.
Sebagai panduan, memulai dengan satu sendok teh bubuk daun kelor per hari dan secara bertahap meningkatkan hingga dua sendok makan per hari dianggap aman bagi kebanyakan orang. Untuk daun segar, dapat dimulai dari segenggam kecil dan menyesuaikan sesuai dengan toleransi individu adalah pendekatan yang bijaksana.

Dapatkah daun kelor membantu menurunkan berat badan?

Meskipun penelitian tentang daun kelor dan pengelolaan berat badan masih terbatas, kandungan nutrisi tinggi dan rendah kalori dari daun kelor dapat mendukung upaya penurunan berat badan sebagai bagian dari pola makan sehat dan seimbang.
ADVERTISEMENT
Serat dalam daun kelor dapat membantu meningkatkan rasa kenyang, mengurangi keinginan untuk ngemil, dan mendukung kesehatan pencernaan. Namun, penting untuk diingat bahwa tidak ada makanan ajaib untuk menurunkan berat badan secara drastis. Sebab, kunci kesuksesan diet adalah pola makan seimbang dan aktivitas fisik teratur.