Pengertian Fungal Acne dan Perbedaannya dengan Bruntusan

Kumpulan artikel yang membahas informasi seputar kesehatan.
Konten dari Pengguna
20 Mei 2022 20:30
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Artikel Kesehatan tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Pengertian Fungal Acne dan Perbedaannya dengan Bruntusan (30320)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi fungal acne. Foto: Pixabay
ADVERTISEMENT
Jerawat terbagi menjadi beberapa jenis, tergantung dari apa yang menyebabkannya muncul. Satu di antara banyaknya jenis jerawat yang kerap di alami sebagian orang adalah fungal acne. Lantas, apa pengertian fungal acne?
ADVERTISEMENT
Mengutip situs WebMD, fungal acne adalah jenis infeksi yang disebabkan oleh folikel rambut pada kulit. Kondisi ini sering muncul sebagai jerawat kecil dalam bentuk atau ukuran yang sama, tapi sering kali disertai dengan rasa gatal.
Agar semakin paham mengenai fungal acne, simak penjelasan serta perbedaannya dengan bruntusan dalam ulasan artikel di bawah ini hingga tuntas.

Pengertian Fungal Acne

Pengertian Fungal Acne dan Perbedaannya dengan Bruntusan (30321)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi fungal acne. Foto: Pixabay
Dalam ilmu kedokteran, fungal acne disebut juga dengan Pityrosporum folikulitis atau Malassezia folikulitis. Ini adalah jenis jamur yang kerap tumbuh di leher, bahu, lengan, hingga punggung. Apabila jumlahnya sedikit, masih terbilang wajar.
Namun, jika jumlah jamur mulai tumbuh dengan banyak hingga tidak terkontrol, maka dapat menyebabkan infeksi pada folikel rambut. Infeksi di folikel rambut ini dapat menimbulkan gejala mirip seperti jerawat yang dinamakan fungal acne.
ADVERTISEMENT
Biasanya, fungal acne juga akan timbul dengan disertai masalah kulit lainnya, seperti rambut berketombe hingga psoriasis. Perlu diingat, fungal acne bukanlah sebuah jerawat, melainkan infeksi yang disebabkan oleh jamur.

Karakteristik Fungal Acne

Pengertian Fungal Acne dan Perbedaannya dengan Bruntusan (30322)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi fungal acne. Foto: Pixabay
Walau secara tak kasat mata fungal acne dan jerawat terlihat mirip, namun ada beberapa hal yang membedakan keduanya. Menghimpun laman Healthline, berikut beberapa karakteristik fungal acne:

1. Ukuran

Fungal acne biasanya berbentuk seperti benjolan kecil berisi nanah karena disebabkan oleh jamur jerawat, yang semuanya cenderung hampir berukuran sama. Sementara jerawat akibat bakteri dan komedo bisa memiliki beragam ukuran.

2. Letak

Umumnya, fungal acne sering kali muncul di bagian lengan, dada atau payudara, hingga punggung. Tidak jarang, fungal acne ini juga kerap muncul di wajah, di mana tempat jerawat bakteri paling sering terjadi.
ADVERTISEMENT

3. Gatal

Hal lain yang kerap dialami para penderita fungal acne, yakni sering merasakan gatal di benjolan infeksi dan area sekitarnya. Sementara pada jerawat yang diakibatkan oleh bakteri jarang mengalami hal ini.

4. Berkelompok

Fungal acne ini biasanya muncul dalam bentuk kelompok whiteheads kecil. Misalnya, di area wajah bagian pipi dan muncul secara bergerombol dengan ukuran serupa. Tentu ini berbeda dengan jerawat bakteri yang timbul secara terpisah.

Perbedaan Fungal Acne dan Bruntusan

Pengertian Fungal Acne dan Perbedaannya dengan Bruntusan (30323)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi fungal acne. Foto: Pixabay
Menghimpun laman Byrdie, fungal acne dapat menyebabkan komedo putih atau whitehead hingga iritasi kulit. Karena itu, fungal acne kerap disamakan sebagai acne vulgaris atau bruntusan, yaitu jerawat yang diakibatkan oleh komedo, baik hitam maupun putih.
Disadur dari situs Blume, berikut adalah beberapa perbedaan antara fungal acne dan bruntusan:
ADVERTISEMENT

Fungal acne

  • Bukan disebabkan oleh sebum atau minyak, namun hal tersebut dapat menjadi makanan fungal acne.
  • Tidak termasuk jerawat, karena disebabkan oleh ragi kulit yang terperangkap di folikel rambut kulit, sehingga menyebabkan benjolan kecil seperti jerawat.
  • Istilah medis untuk kondisi ini adalah malassezia folliculitis atau pityrosporum folliculitis, tergantung pada jenis jamur ragi tertentu.

Bruntusan

  • Jerawat yang disebabkan ketika sebum berlebih menyumbat folikel rambut tubuh seseorang, terutama di wajah, leher, atau dada.
  • Ketika bakteri mulai tumbuh di folikel yang tersumbat, maka akan menciptakan komedo hitam atau putih (blackheads dan whiteheads) di permukaan kulit.
  • Hormon, kontrasepsi oral, diet, lingkungan, dan berbagai situasi lain dapat menyebabkan perkembangan jerawat bakteri.
Meski telah memahami perbedaan keduanya di atas, fungal acne ini bukanlah kondisi yang dapat diketahui secara pasti. Oleh karena itu, apabila yakin memiliki gejala fungal acne, segera temui dokter kulit.
ADVERTISEMENT
(NDA)
Fungal acne itu seperti apa?
chevron-down
Apa perbedaan bruntusan dan fungal acne?
chevron-down
Fungal acne obatnya apa?
chevron-down