Tekno & Sains
·
14 Januari 2021 14:51

Penggunaan Media Sosial yang Bijak di Masa Pandemi

Konten ini diproduksi oleh Aulia Fadilah
Penggunaan Media Sosial yang Bijak di Masa Pandemi (18112)
Foto: gubuktulis.com
Media sosial sudah menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat terutama di era 4.0 di mana teknologi informasi dan komunikasi dimanfaatkan sepenuhnya guna mencapai efisiensi setinggi-tingginya sehingga segala kegiatan yang dilakukan berbasis digital. Hanya dalam satu genggaman, seluruh manusia di muka bumi kini dapat dengan mudahnya bertukar informasi, mengakses gambar atau video, hingga pengetahuan baru tanpa celah. Saking mudahnya, sekarang banyak pula terjadinya penyalahgunaan media sosial seperti penyebaran berita hoax, penyebaran ujaran kebencian, dan hal-hal negatif lainnya yang bisa merugikan banyak pihak
ADVERTISEMENT
Dimasa pandemi covid-19 ini media sosial memegang peranan penting dalam proses penyampaian atau penyebaran informasi yang akan disampaikan kepada publik. Hal ini terjadi lantaran adanya kebijakan physical distancing yang dikeluarkan pemerintah. Alhasil, aktivitas komunikasi masyarakat menjadi lebih terbatas dan banyak dilakukan di media sosial. Bahkan saat ini sebagian besar masyarakat tidak hanya menggunakan media sosial sebagai media komunikasi, tapi juga sumber informasi yang dipercaya. karena itu positif maupun negatif media sosial ini tidak terlepas dari penggunaan media tersebut. Melalui beberapa cara berikut ini, kita dapat menggunakan media sosial dengan bijak dan bertanggung jawab
Filter terlebih dahulu konten yang akan diposting, sebelum memposting sesuatu di media sosial alangkah baiknya kita lebih selektif, dan pilih terlebih dahulu apa yang akan diposting. Hindari penggunaan kata-kata kasar atau mengandung unsur sara, hal tersebut dilakukan guna mencegah terjadinya sesuatu hal yang tidak diinginkan.
ADVERTISEMENT
Selalu waspada terhadap berita atau informasi yang didapatkan, galilah dan cari tahu lebih banyak lagi tentang berita yang didapatkan dari media sosial, jangan langsung percaya terhadap informasi yang disajikan. Hal tersebut dilakukan guna mencegah tersebarnya berita hoax di masyarakat. Tentunya sebagai masyarakat yang pintar harus lebih waspada dan hati-hati lagi terhadap informasi yang diterima.
Ikuti akun orang-orang yang menginspirasimu. Memilih dan mengikuti akun orang yang memotivasi diri sangat penting untuk mengembangkan diri melalui media sosial. Media sosial tentu bisa menjadi hal yang positif apabila bijak dalam menggunakan berbagai platform-nya. Dengan mengikuti orang yang sekiranya dapat menginspirasimu dengan sendirinya kamu akan mengikuti mereka untuk terus update mengenai perkembangan dan proyek mereka, sehingga kamu dapat membuat rencana yang baik di masa depan.
ADVERTISEMENT
Membangun jaringan di media sosial dengan mencari orang-orang yang bekerja di bidang yang kamu minati atau orang-orang yang membuat kamu terpesona. Hal ini tentu menjadi cara menggunakan media sosial yang lebih bijak ketimbang sekadar menggunakannya secara sembarangan.

sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white