Inovasi Bisnis Online Menggunakan Kickstarter Menguntungkan Generasi Muda

Mahasiswa Universitas Katholik Parahyangan - Ilmu Adminitrasi Bisnis
Konten dari Pengguna
15 Januari 2022 22:34
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Aurelia Debora Angelica tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Inovasi Bisnis Online Menggunakan Kickstarter Menguntungkan Generasi Muda (368285)
zoom-in-whitePerbesar
source : https://pixabay.com/vectors/mobile-phone-apps-marketing-concept-5836879/
Teknologi memang sudah tidak asing lagi dalam kehidupan kita saat ini, hal ini dikarenakan teknologi yang berkembang sangat cepat. Pengguna teknologi didominasi oleh generasi muda dalam rentang usia antara 19 sampai 34 tahun yang sebenarnya diharapkan dapat memanfaatkan teknologi dengan maksimal termasuk dalam bidang ekonomi bisnis seperti bisnis digital. Mengapa demikian? Karena melalui bisnis digital bisa memperluas pasar bisnis generasi muda, mengurangi human eror dan juga meningkatkan kreativitas.
ADVERTISEMENT
Namun, kenyataannya banyak kesulitan yang dialami generasi muda dalam menjalankan perannya. Seringkali adanya persaingan bisnis yang ketat, perusahaan – perusahaan besar terlalu mendominasi perusahaan startup muda, dan biaya modal serta operasional bisnis digital yang relatif mahal. Semua itu adalah tantangan baru yang harus dihadapi generasi muda di era digital dan dalam upaya menjawab tantangan tersebut, Kickstarter menjadi aplikasi bisnis yang sangat dibutuhkan generasi muda untuk meningkatkan kreativitas supaya peluang bisnis dapat dimanfaatkan secara maksimal.
Kickstarter hadir sebagai aplikasi bisnis yang dapat membuat ide anda menjadi kenyataan, baik dalam bidang teknologi, desain, music, game, makanan, dll. Lalu bagaimana cara kerja aplikasi ini? Langkah pertama yang harus dilakukan sebagai pencipta ide adalah anda harus membuat web page sebagai pengenalan proyek yang berisi prototype video, setelah itu tuliskan jumlah pendanaan yang anda butuhkan, brainstorming, lalu kesepakatan imbalan yang anda tawarkan kepada calon pendukung proyek atau investor. Cara kerja yang efektif ini akan sangat bermanfaat bagi generasi muda untuk berkreasi dalam menciptakan ide bisnis baru.
ADVERTISEMENT
Tetapi pertanyaanya, mengapa Kickstarter jarang diketahui masyarakat?
Pemanfaatan media sosial sebagai wadah berlangsungnya bisnis online lebih akrab digunakan oleh masyarakat sehingga adanya peluang bisnis melalui platform lain kurang dikenal. Padahal penggunaan media sosial untuk berbisnis online tidak lagi satu – satunya cara yang efektif. Ada banyak platform lain seperti web site, marketplace, dan aplikasi bisnis lainnya. Sehingga menurut penulis pandangan masyarakat bahwa media sosial menjadi satu satunya cara yang efektif untuk berbisnis online harus dikurangi.
Saat ini, banyak impian yang diusulkan anak muda di bidang bisnis yang masih menunggu untuk diwujudkan dan faktanya tak sedikit dari impian tersebut tidak dapat direalisasikan karena faktor modal. Dana investor yang mudah didapatkan melalui aplikasi Kickstarter menjadi salah satu kelebihan yang dapat dimanfaatkan anak muda. Kesempatan inilah yang kemudian dapat memperluas peluang bisnis, terbukti sudah ada lebih dari 200.000 proyek yang berhasil melalui pendanaan dari aplikasi Kickstarter dengan pencipta ide yang memegang kendali penuh terhadap proyek yang akan dibuat.
ADVERTISEMENT
Salah satu proyek yang menurut penulis menarik adalah Coral Island game. Proyek asal Yogyakarta itu, saat ini mendapat pendanaan sejumlah $1,639,368 atau Rp. 23,443,126,336 yang melebihi target awal pendanaan sejumlah $70,000. Menurut penulis, proyek ini mendapat banyak perhatian dari investor karena prototype video yang diberikan kreator sangat menarik, karakter game yang diberikan juga beragam mulai dari potongan rambut, warna kulit dan pakaian yang mencerminkan perbedaan setiap negara. Penulis juga bangga terhadap kreator yang tidak lupa menambahkan budaya indonesia untuk mengenalkan Indonesia kepada banyak orang seperti karakter yang menggunakan blangkon, keindahan laut Indonesia, hingga adanya burung cenderawasih yang mana burung cenderawasih adalah fauna kebanggaan khas Indonesia.
Berdasarkan uraian diatas, dapat disimpulkan bahwa kemampuan untuk bersaing mencari inovasi – inovasi baru dalam berbisnis kini menjadi tantangan nyata yang harus dihadapi masyarakat terutama kalian anak-anak muda bangsa. Dengan kehadiran Kickstarter, inovasi tersebut dapat diwujudkan sehingga dapat dinikmati banyak orang. Menurut penulis, penggunaan Kickstarter dapat memberikan dampak positif kepada anak muda sebagai langkah awal dalam memulai suatu bisnis.
ADVERTISEMENT
Melalui aplikasi Kickstarter juga memungkinkan muncul perusahaan – perusahaan start up muda yang dapat bersaing dengan perusahaan besar seperti Google, Facebook, Twitter, Moonton, dll. Tetapi tentu saja dengan bantuan masyarakat untuk terlibat aktif merealisasikan karya ini yang nantinya akan menjadi kekuatan baru untuk perkembangan kreativitas di tanah air.
Referensi
Majid, M. (n.d.). KickStarter ~ Kiprah Platform Pendanaan Proyek Terbesar Di Dunia. Retrieved from https://www.maxmanroe.com/: https://www.maxmanroe.com/kickstarter-kiprah-platform-pendanaan-proyek-terbesar-di-dunia.html
Miftahudin, H. (2021, November 13). Pemerintah Minta Anak Muda Manfaatkan Ekonomi Digital yang Mencapai Rp4.434 Triliun. Retrieved from medcom.id: https://www.medcom.id/ekonomi/bisnis/nbwXOo6k-pemerintah-minta-anak-muda-manfaatkan-ekonomi-digital-yang-mencapai-rp4-434-triliun
Squalledd. (2013, januari 12). KICKSTARTER, sebuah platform pendanaan untuk proyek-proyek kreatif yang mendunia! Retrieved from kaskus.co.id: https://www.kaskus.co.id/thread/50f0db691dd719a30f000009/kickstarter-sebuah-platform-pendanaan-untuk-proyek-proyek-kreatif-yang-mendunia/
Wahyuningsih, R. (2021, september 27). 10 Media Online untuk Melakukan Promosi Bisnis. Retrieved from cermati.com: https://www.cermati.com/artikel/10-media-online-untuk-melakukan-promosi-bisnis
ADVERTISEMENT
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020