Entertainment
·
6 Juli 2021 11:26
·
waktu baca 4 menit

Rasa Kenyamanan dan Harapan dalam Lagu BTS - 'Life Goes On'

Konten ini diproduksi oleh Ayu May Lisa
Rasa Kenyamanan dan Harapan dalam Lagu BTS - 'Life Goes On' (40572)
searchPerbesar
Youtube. HYBE Labels: Thumbnail BTS ‘Life Goes On’ Official MV
Lagu "Life Goes On" merupakan lagu hiphop alternatif dengan suara gitar akustik sentimental yang diproduksi oleh Pdogg serta Suga, RM, dan J-Hope. Ruuth, Chris James, dan Antonia Armato ikut berpartisipasi di dalamnya.
ADVERTISEMENT
Seperti yang dijelaskan para member melalui jumpa pers, lagu Life Goes On dideskripsikan sebagai lagu yang tulus dan lembut. BTS ingin memberikan kenyamanan melalui album baru yang dirilisnya. RM menyebut lagu “Life Goes On” adalah inti dari album BE. Melalui lagu ini mereka ingin memberi kehangatan kepada fans agar tetap kuat dalam situasi pandemi.
Lagu itu memiliki pesan yang menghibur tentang kehidupan yang harus terus berjalan di tengah kekacauan yang mendadak dan keadaan yang tidak diinginkan.
"Life Goes On, dari judulnya kita sudah bisa menebak apa yang akan menjadi tema dari lagu tersebut. Melalui album ini, kami ingin memberikan pesan apa pun yang terjadi, kehidupan akan terus berjalan. Life Goes On adalah lagu yang tulus dan lembut. Ini adalah cara kami untuk membantu menyembuhkan dan memberikan penghiburan," ujar RM dalam jumpa pers tahun lalu.
ADVERTISEMENT
Pesan itu mereka tuangkan dalam lirik 'Life Goes On' dengan kalimat sederhana, namun memiliki arti yang dalam.
1.저 먹구름보다 빨리 달려가 (Jeo meokgureumboda ppalli dallyeoga)
Berlari lebih cepat daripada awan gelap itu
그럼 될 줄 알았는데 (Geureom dwel jul aranneunde)
Ku kira itu akan cukup
나 겨우 사람인가 봐 (Na gyeou saraminga bwa)
Memang aku hanya manusia
Pesan tersirat dalam lirik ini menggambarkan bahwa dalam menjalani hidup di tengah pandemi, pasti kita dihadapi dengan berbagai perubahan baru yang belum pernah kita jalani sebelumnya. Pada awal mencoba, mungkin ada kalanya kita gagal, meski kita rasa sudah berjuang setengah mati. Itu wajar, karena kita manusia, dan itulah salah satu proses menuju keberhasilan. Kegagalan-kegagalan yang kita alami bisa dijadikan bahan pelajaran untuk meraih keberhasilan.
ADVERTISEMENT
2. 잠시 두 눈을 감아 (Jamsi du nuneul gama)
Tutup sejenak kedua mata
여기 내 손을 잡아 (Yeogi nae soneul jaba)
Genggam tanganku ini
저 미래로 달아나자 (Jeo miraero daranaja)
Ayo berlari menuju masa depan itu
Lirik ini mengingatkan bahwa kamu tidak berjuang sendiri. Ada orang terdekatmu yang siap untuk menemanimu berjuang, mendukungmu untuk selalu bertahan. Mereka memang tidak akan mengerti permasalahan yang kamu alami, tapi setidaknya mereka tidak akan membiarkan kamu menjalani semuanya sendiri.
3. Like an echo in the forest
Seperti gema di dalam hutan
하루가 돌아오겠지 (Haruga doraogetji)
Hari itu akan kembali
아무 일도 없단 듯이 (Amu ildo eopttan deusi)
Seperti tak ada yang terjadi
Yeah life goes on
ADVERTISEMENT
Yeah hidup tetap berjalan
Penggalan lirik ini memberi pesan bahwa meski di tengah pandemi yang tak pasti, dengan berbagai problematika yang ada, yakinlah semua akan baik-baik saja. Hari-hari sulit yang kamu lalui akan berganti dengan hari bahagia yang menunggumu, semuanya akan berlalu.
4. 멈춰있지만 어둠에 숨지 마 (Meomchweoitjiman eodume sumji ma)
Berhenti lah tapi jangan bersembunyi dalam kegelapan
빛은 또 떠오르니깐 (Bicheun tto tteooreunikkan)
Karena cahaya akan kembali lagi
Lirik ini memiliki pesan bahwa saat menjalani kehidupan, pasti ada masa dimana kita merasa lelah, dan ingin mengistirahatkan diri sejenak dari segalanya. Jadi bahagia dan menjalani hidup juga butuh tenaga, tidak apa kamu berhenti setelah berlari sekuat tenaga, asal jangan menyerah dan putus asa. Setelah berhenti sejenak mengumpulkan energi dan istirahat, kamu bisa kembali berjuang untuk hari esok yang telah menunggu.
ADVERTISEMENT
Dalam lagu "Life Goes On" ini BTS mencoba untuk memberikan kenyamanan dan harapan kepada semua orang melalui melodi yang menenangkan dan lirik lagu yang menyentuh. Representasi makna kenyamanan dan harapan yang terkandung di dalam lirik lagu mengajarkan kita bahwa situasi apa pun yang menimpa kita seperti pandemi sekarang ini, kehidupan akan terus berjalan sebagaimana mestinya. Hidup tidak akan selalu berjalan mulus, kita harus berani menghadapi segala rintangan yang ada dan yakinlah, kamu tidak sedang berjuang sendiri terdapat banyak orang di sekelilingmu yang ada untukmu. Semuanya akan baik baik saja, semua hal-hal sulit itu akan berlalu. Setelah kesulitan pasti akan ada kemudahan dan setelah kemudahan muncullah kebahagiaan yang telah menanti kita.
ADVERTISEMENT
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020