Audio Visual sebagai Salah Satu Media Pembelajaran yang Menarik

Mahasiswi FKIP Universitas Jember
Konten dari Pengguna
25 November 2022 21:53
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Ayu Wardani tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
Proses pembelajaran yang baik dan menarik adalah pembelajaran yang dilakukan dengan persiapan yang matang. Proses pembelajaran akan tersampaikan dengan mudah apabila guru menggunakan media pembelajaran yang tepat, untuk itu guru harus bisa mencari media yang menarik. Sebelum membahas media yang tepat dan menarik simak penjelasan berikut mengenai pengertian dari media pembelajaran.
ADVERTISEMENT
Apa itu Media Pembelajaran?
Media pembelajaran merupakan alat yang dapat membantu proses pembelajaran agar mendapatkan makna pesan untuk dialihkan ke tujuan yang lebih jelas dan mendidik sehingga pembelajaran dapat tercapai secara efektif dan efisien. Keberhasilan belajar dapat dilihat dari hasil kerja siswa dalam bentuk ulangan, memantau proses pembelajaran dengan menilai pengetahuan, sikap, kemampuan siswa yang perilakunya berubah.
Mengapa media penting dalam proses pembelajaran? karena media salah satu alat untuk mempermudah penyampaian materi kepada siswa, untuk itu mari pahami fungsi media pembelajaran secara mendalam.
Fungsi Media Pembelajaran
Media pembelajaran berfungsi sebagai sumber belajar siswa untuk menerima pesan dan informasi yang disampaikan oleh guru sehingga materi pembelajaran dapat lebih ditingkatkan.
  • Fungsi media pembelajaran yang pertama adalah sebagai petunjuk bagi guru untuk mencapai tujuan pembelajaran, dapat menjelaskan subjek dalam urutan sistematis dan membantu dalam menyajikan pembelajaran yang menarik.
  • Fungsi yang kedua, yaitu untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa sehingga siswa dapat memikirkan dan menganalisis topik yang diajukan guru dengan situasi belajar yang sangat menyenangkan dan siswa mudah memahami materi.
ADVERTISEMENT
Dengan bantuan media belajar ini, hasil belajar siswa dapat ditingkatkan, juga proses belajar mengajar lebih sederhana dan menarik, siswa dapat dengan mudah menangkap dan memahami pengajaran, dapat meningkatkan efektivitas belajar siswa, membantu siswa untuk fokus belajar.
Media belajar yang menarik dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, mengapa? karena perhatian siswa terhadap pelajaran dapat ditingkatkan, pembelajaran dapat tersalurkan dengan sempurna, siswa dapat dengan mudah menyerap materi yang ditawarkan dan memahami materi secara keseluruhan, siswa terlibat dalam belajar, sehingga siswa secara aktif mengikuti dan membantu membentuk proses pembelajaran.
Media pembelajaran mempunyai kontribusi dalam meningkatkan aktivitas dan motivasi siswa dalam belajar. Penggunaan media pembelajaran yang tepat selama belajar dapat membangkitkan keinginan dan minat baru, membangkitkan aktivitas dan merangsang belajar. Guru diharapkan berani mengubah paradigma pembelajaran tradisional dan merencanakan pembelajaran sedemikian rupa sehingga mendorong siswa untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran.
ADVERTISEMENT
Media pembelajaran dapat digunakan sebagai alat bantu dalam kegiatan belajar mengajar. Seorang guru harus dapat memilih media pembelajaran yang sesuai dan cocok untuk digunakan, sehingga tercapai tujuan pengajaran yang telah ditetapkan oleh sekolah.
Penggunaan Audio Visual sebagai Media Pembelajaran
Sumber: Dokumentasi Pribadi
zoom-in-whitePerbesar
Sumber: Dokumentasi Pribadi
Media Pembelajaran yang tepat dan menarik adalah penggunaan media audio visual. Mengapa? karena media audio visual memegang peranan yang sangat penting dan dapat memberikan banyak keuntungan dalam pembelajaran. Media audio visual adalah media yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran dengan cara melihat dan mendengar dalam suatu proses atau kegiatan.
Manfaat Media Audio Visual
Penggunaan media audio visual ini memiliki banyak manfaat teman-teman. simak penjelasan berikut.
Menggunakan media audio visual banyak memiliki manfaat diantaranya yaitu dapat menarik dan mengarahkan siswa untuk berkonsentrasi pada isi pelajaran, meningkatkan minat siswa pada saat belajar karena media ini dapat menggugah emosi dan sikap siswa.
ADVERTISEMENT
Media audio visual juga dapat memperlancar pencapaian tujuan untuk memahami dan mengingat informasi yang terkandung dalam gambar tersebut. Belajar melalui media audio visual akan menstimulasi anak yang kemudian akan berdampak pada hasil belajar yang baik di mana siswa akan mengingat, mengenali kembali dan menghubungkan antara fakta dan konsep.
Langkah-langkah Penggunaan Media Audio Visual
Dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan media audio visual, terdapat langkah-langkah dalam menggunakan media pembelajaran tersebut. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
1. Persiapan. Persiapan Kegiatan yang dilakukan oleh guru pada saat persiapan, yaitu:
  • Membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
  • Mempelajari petunjuk penggunaan media
  • Menyiapkan dan mengelola perangkat media yang akan digunakan.
2. Implementasi/presentasi
Dalam melakukan pembelajaran audio visual, guru harus memperhatikan beberapa hal, yaitu:
ADVERTISEMENT
  • Memastikan membawa data dan semua perangkat lengkap dan siap digunakan
  • Jelaskan tujuan yang ingin dicapai
  • Mata pelajaran diberikan kepada siswa selama proses pembelajaran
  • Hindarilah kejadian yang dapat mengganggu konsentrasi siswa
3. Tindak lanjut
Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi audio visual yang diberikan. Selain itu, kegiatan ini bertujuan untuk mengukur keefektifan pembelajaran yang diselesaikan.
Berbagai media audio visual digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Media audiovisual dalam suatu proses atau kegiatan dapat menyampaikan pesan dan informasi yang dapat disalurkan dalam bentuk pesan verbal dan nonverbal berdasarkan penglihatan dan pendengaran.
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·