News
·
20 Juni 2021 18:32
·
waktu baca 2 menit

Santri TPA se-Kecamatan Payung Ikuti Munaqosyah di Desa Pangkal Buluh

Konten ini diproduksi oleh Babel Hits
Santri TPA se-Kecamatan Payung Ikuti Munaqosyah di Desa Pangkal Buluh (5995)
searchPerbesar
Suasana Santri dan santriwati yang mengikuti Munaqosyah di Masjid Al Hidayah Desa Pangkal Buluh dan Masjid Baiturrahman, Dusun Mekar Jaya, Desa Payung.
Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Kecamatan Payung, Kabupaten Bangka Selatan, menggelar ujian (Munaqosyah) bagi santri/santriwati Taman Pendidikan Alquran (TPA) se-Kecamatan Payung, Minggu (20/6/2021).
ADVERTISEMENT
Dengan mematuhi protokol kesehatan kegiatan dibagi menjadi dua tempat yaitu di Masjid Al Hidayah Desa Pangkal Buluh dan Masjid Baiturrahman, Dusun Mekar Jaya, Desa Payung.
Pada tahun ajaran 2020/2021 santri dan santriwati yang mengikuti Munaqosyah berjumlah 291 peserta dari 9 unit TKA/TPA yang tersebar di desa se-Kecamatan Payung, juga dilibatkan 42 dewan juri yang berkompeten.
Ketua Dewan Pengurus Kecamatan BKPRMI Kecamatan Payung, Rasyid menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Desa Pangkal Buluh yang telah mendukung kegiatan Munaqosyah hingga berjalan sukses.
"Juga kami sampaikan terimakasih kepada Kades Pangkal Buluh Marjan, yang selalu mendukung kegiatan-kegiatan yang kami adakan," kata Rasyid.
Ketua Umum DPD BKPRMI Kabupaten Bangka selatan H Aridinata SAP dalam sambutanya menyampaikan munaqosah ini bukan akhir dari pembelajaran/ujian.
ADVERTISEMENT
"Perlu kami sampaikan bahwa munaqosah ini bukan akhir dari pembelajaran atau ujian, tapi merupakan awal dari pembiasaan agar anak gemar membaca Alquran sehingga anak-anak menjadi generasi Qurani," ungkap Aridinata.
Hal serupa juga dijelaskan Kepala Desa Pangkal Buluh Marjan yang mendukung kegiatan munaqosah yang diselenggarakan BKPRMI Basel melalui DPK BKPRMI Payung.
"Insya Allah Desa Pangkal Buluh akan membangun ruang kelas juga perumahan guru khusus TPA , mudah-mudahan disetujui anggota BPD karena menggunakan dana desa, nanti kelas ini akan menampung anak-anak kami yang kurang beruntung agar lebih memperdalam ilmu disini," kata Marjan.
Sementara itu Kapolsek Payung Iptu Joniarto secara simbolis membuka acara munaqosyah mengharapkan melalui kegiatan ini bisa melahirkan generasi yang Qurani dan lebih memperdalam ilmu agama.
ADVERTISEMENT
"Bismillah Bapak Ibu dan adek-adek sekalian, saya baru satu minggu bertugas di wilayah Payung, terimakasih atas kepercayaan kepada saya dalam membuka kegiatan ini, alhamdulillah kita di sini semua mematuhi protokol kesehatan," kata mantan Kapolsek Pemali ini.
Kegiatan Munaqosyah yang dijadwalkan berlangsung hingga sore hari ini juga diisi dengan acara pemberian bantuan dua set soundsistem kepada TPA Unit 129 Kelekak Ilmu Pengkalen Batu, juga pelantikan Dewan pengurus BKPRMI Kecamatan Payung (DPK) oleh DPD BKPRMI Bangka Selatan.