kumparan
KONTEN PENGGUNA
28 November 2019 20:07

Bagaimana Cara Menyiasati Jadwal Siang-Malam Newborn yang Terbalik?

Menjadi new mom merupakan salah satu pengalaman yang tidak akan terlupakan sepanjang hidup saya. Pengalaman yang tidak dapat diungkapkan dengan kata-kata. Rasanya saat itu semua rasa bercampur aduk menjadi satu. Ada perasaan bahagia, haru, takut, bersyukur, bingung, semua bercampur jadi satu.
ADVERTISEMENT
Namun puji Tuhan toh semua dapat terlewati, tentunya dengan kekuatan dari Tuhan dan dukungan suami, orang tua, keluarga dan sahabat.
Salah satu hal yang menjadi bagian tak terlupakan saat menjadi new mom adalah rasa lelah luar biasa karena saat setelah melahirkan, saya sangat kurang istirahat. Salah satunya adalah karena baby saya, Stacy punya waktu istirahat yang terbalik antara siang dan malam. Dan dapat dibayangkan bagaimana lelahnya karena hal ini berlangsung sampai hampir selama 2 bulan lamanya.
Pernah satu kali Stacy baru bisa tidur jam 4 pagi, jam 6 pagi, bahkan pernah suatu hari Stacy betul-betul membuka mata semalaman dan baru bisa tidur esok harinya jam 10 pagi. Jam istirahat Stacy yang benar-benar kacau saat itu benar - benar membuat saya kurang istirahat dan sempat drop dalam hal kesehatan.
ADVERTISEMENT
Setelah membaca banyak artikel, buku, dan mendapat cerita pengalaman dari ibu - ibu lain, akhirnya saya tau penyebabya mengapa bayi baru lahir memiliki jam tidur yang kacau. Ini karena selama di dalam kandungan, bayi akan tertidur justru disaat kita beraktivitas. Karena ia merasa ditimang-timang karena tubuh kita yang bergerak. Di saat malam hari saat kita beristirahat, justru bayi akan terbangun. Itulah mengapa saat tengah malam justru perut kita merasa tergoncang ya moms karena bayi malah aktif di malam hari. Nah, hal inilah yang terbawa sampai iya lahir. Di siang hari, bayi akan terbiasa tertidur dan malam hari justru bayi akan bangun.

Jadi bagaimana cara menyiasati hal ini?

Kita dapat melakukannya dengan cara terapi siang dan malam pada bayi kita.(1) Mengenalkan konsep malam pada bayi
ADVERTISEMENT
Dilakukan dengan cara:• Pastikan lampu kamar temaram atau gelap• Usahakan suasana yang sunyi (tanpa suara TV dan sebagainya)• Bisa juga memasang instrumen musik lembut yang membangun suasana damai• Susui bayi sebelum ia menangis(2) Mengenalkan konsep siang pada bayi
Dilakukan dengan cara:• Tempatkan bayi di luar kamar (ruang tamu misalnya), jangan di dalam kamar terus-menerus• Pastikan ruangan tempat bayi ditempatkan mendapatkan sinar matahari.Buka semua gorden sehingga sinar matahari masuk ke dalam ruangan• Biarkan bayi mendengar suara-suara di sekitarnyaIni adalah cara yang saya terapkan pada Stacy dulu hingga akhirnya berhasil dan Stacy bisa tertidur di malam hari. Semoga bermanfaat bagi moms yang sedang mengalami hal serupa.Tetap semangat ya moms! :)
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan