Pencarian populer
Mom

Meskipun tidak ada yang salah dengan mencampurkan ASI dan susu formula dalam wadah yang sama, hal ini tidak dianjurkan hanya karena Moms tidak ingin menyia-nyiakan satu tetes pun ASI Moms yang berharga. Susu formula dari botol yang diminum si Kecil harus dibuang dalam waktu satu jam setelah persiapan. Di sisi lain, ASI dapat disimpan selama berjam-jam dalam botol.

Jadi, jika Anda mencampur 2 ons ASI dengan susu formula 2 ons, dan bayi Anda hanya minum 2 ons, Moms harus membuang sisa ASI sehingga menghambur-hamburkannya. Untuk menghindari limbah semacam ini, rencana yang baik adalah memberi makan si Kecil berapa pun ASI yang telah Moms perah, dan lanjutkan dengan beberapa ons susu formula jika Moms membutuhkannya.

Beberapa ibu mencampur susu formula dengan ASI untuk meningkatkan kalori bayi mereka selama menyusui. Ini sangat tidak disarankan. Tidak hanya itu, mengubah komposisi ASI dan zat gizi mikro dalam formula akan menjadi jauh lebih terkonsentrasi sehingga bisa sangat sulit dicerna ginjal si Kecil yang belum matang. Selalu ikuti petunjuk yang tepat pada kaleng formula bubuk atau terkonsentrasi, dan jangan pernah mencampur formula dengan apa pun kecuali air.

Konsultan laktasi Renee Kam memberikan tips penting untuk keamanan susu formula sebagai berikut:

  • Dilarang keras menggunakan susu sebagai pengganti komponen air dari susu formula.
  • Buatlah susu formula hanya pada saat dibutuhkan saja. Alasannya, susu bubuk formula yang tidak segera diminum akan menjadi tempat ideal bagi pertumbuhan bakteri berbahaya.
  • Selalu buat susu formula dengan takaran sesuai petunjuk yang tertera pada kaleng susu. Setiap susu formula memilik instruksi yang berbeda sehingga tidak mungkin memberikan instruksi umum tentang cara membuat satu botol susu formula. Gunakan sendok takar yang telah disediakan untuk kaleng susu tersebut karena ukuran sendok berbeda-beda.
  • Pastikan untuk menambahkan volume air yang benar ke dalam botol terlebih dahulu baru menambahkan susu bubuk. Jika Anda memasukkan formula bubuk ke dalam botol terlebih dahulu, kemudian tambahkan air ke volume yang benar, perbandingan formula dengan air bisa terlalu kuat dan ini bisa membuat bayi kembung.
  • Pedoman Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan untuk menggunakan air dengan suhu setidaknya 70 derajat Celcius untuk membuat susu formula. Untuk mencapai suhu ini, air tidak boleh dibiarkan selama lebih dari 30 menit setelah mendidih. Sebelum memberikan susu botol kepada si Kecil, dinginkan susu dengan cepat sampai suhu menyusui dengan membasahi botol dengan air keran yang mengalir.

 

Semoga bermanfaat.

By: Babyologist

Copyright by Babyologist

Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: