Pencarian populer

Hai Moms, pernah dengar istilah HFMD atau hand foot and mouth disease? HFMD atau yang juga dikenal dengan Flu Singapura merupakan keadaan yang disebabkan oleh virus coxsackie yang merupakan bagian dari keluarga enterovirus.

Virus ini hidup dalam cairan hidung, tenggorokan, air ludah, feses, serta cairan pada ruam kulit. Virus ini dapat menular melalui kontak kulit, poop, air liur melalui berbagi minuman atau makanan, atau melalui cairan/droplet saat bersin ataupun batuk. Hal inilah yang menyebabkan penyakit ini mudah mewabah karena penularannya yang cukup mudah. Penyakit ini memang banyak diderita oleh anak kecil. Namun karena proses penularannya yang mudah, maka orang dewasa pun juga tidak jarang tertular.

Gejala dari flu Singapura ini sendiri biasanya diawali dengan demam yang diikuti munculnya sariawan dalam mulut dan kerongkongan. Selain itu muncul juga ruam-ruam pada tangan dan kaki (sesuai dengan nama penyakitnya yaitu HFMD). Namun terkadang, penyakit ini juga bisa juga mengenai otak sehingga menyebabkan meningitis.

Jumlah sariawan yang terjadi di daerah mulut bisa lebih dari satu sehingga membuat anak menjadi sulit makan dan minum. Selain itu, ruam pada kaki pun juga bisa membuat anak kesakitan saat berjalan.

Menurut dokter, penyakit ini dapat sembuh dengan sendirinya. Namun obat-obatan tetap harus diberikan. Obat-obat yang diberikan sesuai dengan gejala penyakitnya, mulai dari penurun demam, pereda nyeri, dan obat sariawan. Akan tetapi orang tua harus membawa anak ke dokter ketika anak menderita demam tinggi, tidak mau makan dan minum sama sekali, dan jika mereka tampak sangat lemas.

Semoga bermanfaat.

By: Editha Aldillasari

Copyright by Babyologist

Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: