Pencarian populer

Mengenal Menu 4 Bintang MPASI

Apakah yang dimaksud dengan menu 4 bintang? 

Saat pertama kali mencari referensi menu MPASI, biasanya kita akan bertemu dengan resep menu tunggal hingga menu 4 bintang. Untuk menu tunggal, sudah jelas bahwa bahan pembuat makanan hanya terdiri dari satu jenis bahan saja, biasanya sayuran dan buah-buahan. Sementara untuk menu 4 bintang, biasanya Moms akan kebingungan dengan istilah-istilah yang tidak familier bagi orang awam, seperti EVOO, UB, LT, prohe, prona, dll.

Jadi Moms, menu 4 bintang adalah menu yang mengandung 4 unsur gizi yang terdiri dari karbohidrat (karbo), protein nabati (prona), protein hewani (prohe) dan sayur. Biasanya para Moms juga akan menambahkan lemak tambahan (LT) yang berperan dalam penyerapan vitamin A, D, E, K dan berfungsi untuk boost BB bayi, serta melancarkan pencernaan. 

Apa saja sumber karbo, prohe, prona, sayur dan LT?

<ul>

  • Karbohidrat (Karbo) bisa didapat dari nasi, bihun, singkong, ketan, ubi, kentang, oat, pasta, dll.

  • Protein hewani (Prohe) bisa didapat dari Ikan, ayam, daging, telur, udang, ati, dll.

  • Protein nabati/kacang-kacangan (Prona) bisa didapat dari tahu, tempe, aneka jamur segar, kacang tanah, kacang panjang, kacang merah, kacang kedelai, kacang hijau, edamame, dll.

  • Sayuran yang gampang diserap bayi contohnya adalah ayam, wortel, brokoli, pakcoy, sawi, labu siam, dll.

  • Lemak tambahan seperti extra virgin olive oil (EVOO), unsalted butter (UB), santan, margarin, keju, dll.

Apa saja fungsi pemberian MPASI dengan komposisi menu 4 bintang?

<ul>

  • Karbohidrat (karbo): glukosa yang terdapat pada karbohidrat akan menjadi sumber energi bagi si Kecil sehingga ia tetap aktif.

  • Protein hewani (prohe): membantu pembentukan sel otot si Kecil sekaligus sumber energi agar ia aktif bergerak dan di dalam prohe terdapat asam amino esensial yang lengkap untuk pertumbuhan anak terutama dalam 1000 hari pertama kehidupan anak.

  • Protein nabati (prona): kandungan serat yang tinggi dalam prona membantu melancarkan pencernaan si Kecil.

  • Sayuran: kandungan sayur yang kaya akan vitamin dan mineral untuk memenuhi kebutuhan nutrisi si Kecil.

 

Sesuai dengan panduan "isi piringku" dari KEMENKES RI, pada anak usia 6-24 bulan, komposisi karbohidrat yang ideal adalah sebesar 35%, protein hewani 30%, protein nabati 10%, sayur dan buah 25%. Jadi menu 4 bintang dapat disajikan sesuai dengan persentase tersebut.

WHO menyarankan agar memberikan menu dengan seimbang saat memulai MPASI, yaitu dengan menu 4 bintang. Namun jika Moms ingin memulai dengan menu tunggal terlebih dahulu, tidak ada salahnya asalkan mengandung salah satu dari 4 unsur gizi tersebut dan memberikannya secara bergantian.

Pemberian menu 4 bintang ini sangat penting, untuk menghindari kurangnya berat badan bayi karena defisiensi makro dan mikronutrien yang dapat mengakibatkan stunting dan menghambat perkembangan otak.

 

Selamat mencoba.

By: Lisa Febrianti

Copyright by Babyologist

Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.32