kumparan
Mom12 September 2019 15:17

Moms, Hindari Makanan Ini Selama Hamil Ya!

Konten kiriman user

Moms, Hindari Makanan Ini Selama Hamil Ya!

Saat sedang hamil, Moms sebaiknya mengonsumsi makanan dan minuman bergizi yang dapat meningkatkan nutrisi untuk kesehatan ibu dan juga janin di kandungan. Oleh karenanya, ibu hamil harus bisa mengetahui makanan dan minuman apa saja yang sebaiknya dihindari selama masa kehamilan. Apa saja ya Moms kira-kira? Yuk simak.
ADVERTISEMENT
1. Makanan yang tidak matang atau setengah matang, seperti telur, steak, dan sashimi Pada makanan yang belum matang, baik masih mentah ataupun dalam kondisi setengah matang, mengandung bakteri salmonella yang bisa berakibat buruk selama masa kehamilan. Misalnya pada telur setengah matang, besar kemungkinan masih mengandung bakteri salmonella sehingga berisiko tinggi jika dikonsumsi saat hamil. Selain itu, pada steak dengan tingkat kematangan medium atau medium rare, juga berisiko terdapat bakteri-bakteri yang berbahaya seperti toksoplasma, salmonella, atau listeria. Adanya ketiga bakteri tersebut bisa berbahaya bagi janin loh Moms. Pada sushi atau sashimi yang umumnya disajikan mentah, juga bisa mengakibatkan cacat pada kelahiran. Oleh karenanya, jika Moms menginginkan ketiga jenis makanan tersebut, baiknya dikonsumsi dalam keadaan matang ya demi kesehatan Moms dan janinnya.
ADVERTISEMENT
2. Buah-buahan Kendati pada umumnya mengonsumsi buah-buahan bagus untuk kandungan, tapi tahukah Moms ada buah-buahan yang sebaiknya tidak dikonsumsi saat hamil? Buah yang dimaksud adalah buah nanas dan pepaya muda. Pada buah nanas muda mengandung enzim bromelain yang jika dikonsumsi dalam jumlah banyak bisa melunakkan rahim atau serviks sehingga dapat memicu kontraksi dini. Jadi jika masih berada di trimester awal, sebaiknya hindari buah nanas muda ya Moms. Selain itu, hindari juga mengonsumsi buah pepaya muda karena mengandung lateks yang juga dapat memicu kontraksi bahkan keguguran. Jadi sebaiknya konsumsi buah pepaya matang saja ya Moms karena bagus untuk mengantisipasi sembelit yang umumnya terjadi pada ibu hamil.
3. Susu Non Pasteurisasi Minum susu saat hamil memang dikenal menyehatkan bagi ibu hamil. Tapi tahukah Moms jika meminum susu yang tidak dipasteurisasi dapat berisiko pada kehamilan?  Susu yang masih mentah dan tidak dipasteurisasi bisa mengandung bakteri yang berbahaya bagi ibu hamil. Tidak hanya itu Moms, produk turunannya seperti keju atau yoghurt jika tidak dipasteurisasi juga bisa berisiko tinggi. Oleh karenanya sebelum memakan produk olahan susu, pastikan telah membaca dan memastikan produk tersebut aman dikonsumsi oleh ibu hamil ya Moms.
ADVERTISEMENT
Nah itu tadi 3 jenis makanan yang sebaiknya dihindari saat hamil ya Moms. Pastikan selalu jaga makan-makanan yang dimakan agar Moms dan bayi selalu dalam kondisi sehat. Semoga bermanfaat.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan