Pentingnya Memberikan Permainan yang Melatih Motorik si Kecil

The trusted and resourceful media for pregnancy & maternity in Indonesia. Our vision is to make The Journey beautiful and enjoyable!
Konten dari Pengguna
30 Agustus 2019 19:17
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Babyologist tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan

Pentingnya Memberikan Permainan yang Melatih Motorik si Kecil

ADVERTISEMENT
Pentingnya Memberikan Permainan yang Melatih Motorik si Kecil (82406)
zoom-in-whitePerbesar
Salah satu parameter untuk melihat perkembangan anak dengan melihat kemampuan maupun ketrampilan motoriknya. Ternyata kedua hal ini mempunyai pengertian berbeda lho moms, ketrampilan motorik merupakan sebuah proses dimana seseorang mengembangkan respons ke suatu gerak sedangkan kemampuan motorik adalah kapasitas antara stimulus dan respons. Oleh karenanya penting bagi kita sebagai orangtua menyediakan permainan yang mengasah kemampuan maupun ketrampilan motoriknya baik itu motorik halus maupun motorik kasar.
ADVERTISEMENT
Perkembangan motorik halus berhubungan dengan keterampilan fisik yang melibatkan otot kecil dan koordinasi mata-tangan seperti halnya menulis. sedangkan motorik kasar yaitu kecerdasan yang berhubungan dengan gerakan tubuh yang menggunakan otot-otot besar seperti halnya duduk, merangkak, berjalan, dan berlari. 

Salah satu contoh sederhana manfaat permainan melatih motorik halus ialah:

1. Melatih fokus dan konsentrasi anak2. Melatih kesabaran si kecil (dalam menunggu respon dari mainan ketika disentuh)3. Merangsang koordinasi mata dan tangan4. Melatih otot jemari si kecil dan tentunya dengan seringnya melatih jemari si kecil sehingga memudahkan si kecil untuk belajar menulis. 
Pentingnya Memberikan Permainan yang Melatih Motorik si Kecil (82407)
zoom-in-whitePerbesar
Dan buat moms yang usia babynya masih 3 bulan bisa juga lho menstimulasi permainan melatih motorik seperti mengajak si kecil bermain di activity center bayi, memberikan teether, dan masih banyak permainan lainnya yang dapat digunakan untuk menstimulasi kemampuan motorik nya. Memberikan permainan melatih motorik akan berpengaruh pada kemampuan kognitifnya juga lho moms, bonding antara anak dan orang tua juga akan tercipta. 
ADVERTISEMENT
Buat para moms, perlu kita ketahui juga bahwa setiap anak diberikan kemampuan motorik yang berbeda-beda, tergantung bagaimana proses si kecil dalam melatih perkembangan kemampuan motorik tersebut. Sedini mungkin kita bisa melatih kemampuan motorik si kecil, agar anak mandiri dan percaya diri akan kemampuannya kelak. Tentunya kita disarankan untuk memberikan permainan yang tepat sesuai dengan perkembangan usianya, yang nantinya akan berpengaruh pada kemampuan motoriknya dan akan berdampak positif untuk tumbuh kembangnya di masa mendatang. Oleh karenanya, PR kita sebagai orang tua harus sabar dan telaten dalam memberikan permainan melatih motorik pada anak-anak kita, karena itu semua investasi untuk masa depan ya moms. 
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Galaxy Z Fold4 I Z Flip4 5G