kumparan
KONTEN PENGGUNA
15 Mei 2019 10:56

Syarat Ibu Hamil Boleh Berpuasa

Ibu hamil berhijab
Ilustrasi ibu hamil. Foto: Shutterstock
Berpuasa adalah salah satu kewajiban utama bagi umat Islam. Seorang ibu hamil boleh menjalani puasa sebagai bentuk ibadah kepada Allah Swt. Namun, apabila yang sedang hamil ingin berpuasa, kesehatan janin harus tetap diutamakan.
ADVERTISEMENT
Jika berpuasa membahayakan kesehatan ibu dan bayi dalam kandungan, disarankan untuk jangan berpuasa dulu, lalu menggantinya saat sudah melahirkan atau membayar fidiah sebagai ganti tidak berpuasa.
Spesialis Kebidanan dan Kandungan, Riyan Hari Kurniawan, membagikan pengetahuannya mengenai syarat-syarat seorang ibu hamil boleh puasa, berikut ulasannya:
  1. Penuhi gizi ibu hamil saat berpuasa
Riyan mengatakan bahwa seorang ibu hamil yang berpuasa hendaknya memenuhi kebutuhan zat gizi sebesar 2.500 kilokalori per hari. Kebutuhan zat gizi tersebut terdiri dari 50 persen karbohidrat, 30 persen protein hewani dan nabati, serta 20 persen lemak.
Sumber karbohidrat yang cocok untuk ibu hamil, di antaranya beras, ubi, jagung, sagu, singkong, dan talas. Protein hewani dapat diperoleh dari daging, ikan, telur, dan susu, sedangkan protein nabati dari tahu, dan tempe. Kemudian, makanan sumber lemak yang baik misalnya kacang-kacangan.
ADVERTISEMENT
Kandungan asam folat yang penting dikonsumsi untuk mengurangi risiko cacat lahir banyak terdapat di sayuran hijau. Ibu hamil juga sangat berisiko terkena anemia, sehingga perlu makan sumber makanan yang mengandung zat besi, seperti daging dan sayuran hijau.
Lalu, kebutuhan kalsium dipenuhi dari mengonsumsi salmon, sarden, dan susu. Bahkan, ibu hamil dapat memperoleh kalsium dari berjemur di bawah sinar matahari pada pagi hari, tepatnya pukul 06.00-08.00.
  1. Konsumsi suplemen vitamin ibu hamil
Seorang ibu hamil membutuhkan banyak vitamin tambahan agar tumbuh kembang janin optimal. Tidak cukup hanya makan dan minum saja. Oleh karena itu, ibu hamil harus mengonsumsi suplemen vitamin asam folat, kalsium, dan zat besi. Biasanya, suplemen ibu hamil dikonsumsi menjelang tidur.
ADVERTISEMENT
  1. Perhatikan kandungan makanan saat sahur dan berbuka
Menu sahur untuk ibu hamil disarankan minim makanan bercita rasa manis. Ibu hamil juga disarankan untuk mengonsumsi segelas susu hangat saat sahur. Untuk menu berbuka puasa, ibu hamil perlu mengawalinya dengan meminum minuman hangat dan manis serta makan kurma.
Tidak dianjurkan untuk meminum minuman dingin saat berbuka puasa. Baik sahur maupun berbuka, menu untuk ibu hamil hendaknya mengandung lemak, vitamin C, dan antioksidan yang cukup. Ibu hamil disarankan pula untuk mengonsumsi air putih 1,8-2 liter per hari agar terhindar dari dehidrasi.
  1. Hentikan berpuasa apabila mual, lemas, pusing, dan muntah
Apabila mual dan muntah membuat ibu hamil tidak dapat menjalankan ibadah puasa, segera berbuka dan berhenti berpuasa. Kemudian, periksakan kesehatan ke dokter apabila terasa mual dan muntah hebat.
ADVERTISEMENT
Secara khusus, berikut ini syarat-syarat berpuasa untuk ibu hamil yang telah dibagi per trimesternya:
  • Kondisi kehamilan trimester pertama diperbolehkan berpuasa karena janin masih dalam proses pembentukan organ tubuh, saluran cerna, ginjal, dan otak. Ibu hamil mungkin akan mengalami mual, pusing, muntah, dan lemas. Jangan berpuasa jika Moms mengalami satu atau lebih dari keluhan tersebut.
  • Kondisi kehamilan trimester kedua diperbolehkan berpuasa jika kenaikan berat badan rata-rata mencapai 0,5 kilogram per minggu. Keluhan-keluhan yang sering dirasakan para ibu hamil trimester pertama, seharusnya tidak terjadi dan tidak boleh terjadi. Maka dari itu, segera pergi ke dokter jika masih saja terasa mual, lemas, muntah, dan pusing. Namun jika tidak, ibu hamil boleh berpuasa.
  • Kondisi kehamilan trimester ketiga diperbolehkan berpuasa apabila kondisi kesehatan janin baik, berat badan janin normal, tekanan darah normal, tidak mengalami anemia, dan tidak menderita sakit gula.
ADVERTISEMENT
Semoga bermanfaat.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan