kumparan
KONTEN PENGGUNA
29 November 2019 10:06

Tips Supaya Hubungan Kakak dan Adik Selalu Akur

Tentu setiap orang tua pengen dong punya anak yang selalu akur. Tapi hal ini ga mungkin terjadi begitu saja dengan mulus. Akan ada pasang dan surut yang menghiasi. Nah, hal terpenting yang dapat mendukung hubungan harmonis antar kakak beradik berasal dari orang di sekitarnya loh Moms.
ADVERTISEMENT
Si kakak yang awalnya selalu memperoleh perhatian dari semua orang di sekeliling, ketika hadir adik barunya, perhatian yang si kakak rasakan akan mulai berbeda dan terasa berkurang. Hal ini yang memicu sang kakak untuk berperilaku aneh dan selalu ngeselin.

Nah, berikut tips dari saya Moms:

1. Sebelum sang adik lahir, selalu tanamkan di dalam pikiran sang kakak, adik itu akan menjadi temen yang menyenangkan dan akan selalu ada bersama.
2. Ketika adik lahir, ajak sang kakak untuk terlibat dalam mengasuh si adik. Misalkan meminta bantuan sang kakak untuk mengambilkan baju adiknya.
3. Selalu katakan, sayang ayah dan ibu selalu sama buat berdua. Dan harus ingat Moms, adil itu belum tentu sama rata yaa.
ADVERTISEMENT
4. Ajarkan untuk berbagi, hal ini tidak hanya kepada kakak beradik, tapi juga kepada semua orang. Karena berbagi itu suatu berkat dari sang pencipta.
5. Ceritakan buku yang berkaitan dengan sibling. Ini akan mempermudah anak-anak memahami apa maksud dan tujuan dari Moms.
6. Jangan lupa, ayah dan ibu harus bisa memberikan quality time kepada setiap anak masing-masing lohh.. caranya? Sangat mudah Moms, ketika sang kakak tidur, bangun quality time dengan sang adik dan sebaliknya. Setiap anak pengen punya waktu hanya bersama ayah dan ibunya loh.
7. Selalu berbicara terbuka kepada anak. Kenapa ayah dan ibu bersikap begini terhadap kakak dan kenapa begitu terhadap adik. Orang tua ga akan bisa memberikan perlakuan yang selalu sama. Karena disesuaikan perbedaan usia dan kebutuhan anak Moms.
ADVERTISEMENT
Sekian tips parenting dari pengalaman pribadi saya. Semoga bermanfaat yaaa!
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan