Dalil Alquran Tentang Nabi Dan Jibril Mengulang-Ulangi Bacaan Alquran

Menyajikan informasi mengenai apa yang terkandung di dalam Al-Quran.
Konten dari Pengguna
24 Maret 2023 13:25
·
waktu baca 1 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Bacaan Al-Qur'an tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Al-quran. Foto: Leila Ablyazova/Shutterstock.
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Al-quran. Foto: Leila Ablyazova/Shutterstock.
Penasaran apa saja dalil dalam Alquran yang membahas tentang Nabi dan Jibril mengulang-ulangi bacaan Alquran? Berikut dalil, terjemahan dan tafsir menurut Kemenag RI.

Surat Al-A’la Ayat 6

سَنُقْرِئُكَ فَلَا تَنْسٰىٓ ۖ
Kami akan membacakan (Al-Qur’an) kepadamu (Nabi Muhammad) sehingga engkau tidak akan lupa,
Dalam ayat ini diterangkan bahwa Allah menurunkan Al-Qur'an kepada Nabi Muhammad untuk dibacanya dan Ia akan membukakan hati Nabi-Nya dan menguatkan ingatannya. Dengan demikian, setelah mendengarnya satu kali, maka ia tidak akan lupa apa yang telah didengarnya. Allah berfirman:
Maka Mahatinggi Allah, Raja yang sebenar-benarnya. Dan janganlah engkau (Muhammad) tergesa-gesa (membaca) Al-Qur'an sebelum selesai diwahyukan kepadamu, dan katakanlah, "Ya Tuhanku, tambahkanlah ilmu kepadaku." (thaha/20: 114)
Dan firman-Nya:
Jangan engkau (Muhammad) gerakkan lidahmu (untuk membaca Al-Qur'an) karena hendak cepat-cepat (menguasai)nya. Sesungguhnya Kami yang akan mengumpulkannya (di dadamu) dan membacakannya. (al-Qiyamah/75: 16-17)
Kami selaku penulis sangat terbuka apabila pembaca memiliki kritik dan saran. Silahkan hubungi kami melalui alamat surel berikut: [email protected]