kumparan
search-gray
News29 Juni 2020 10:56

OLAHRAGA DI ERA NEW NORMAL DAN PANDEMI COVID-19

Konten kiriman user
OLAHRAGA DI ERA NEW NORMAL DAN PANDEMI COVID-19 (13190)
Indonesia sedang memasuki tahapan kebijakan baru di masa pandemi COVID-19. Setelah kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar yang memaksa kita untuk berdiam diri #dirumah aja selama kurang lebih 3 bulan,kini pemerintah menerapkan kebijakan New Normal yang memperbolehkan kita untuk beraktifitas di luar rumah akan tetapi wajib mengikuti protokol kesehatan yang sudah di buat oleh pemerintah serta menjaga kebersihan. Dengan adanya New Normal bukan berarti kita sudah terbebas dari pandemi virus Covid-19, Justru adanya kebijakan New Normal ini yang mengharuskan kita lebih menjaga imun tubuh kita.
ADVERTISEMENT
Salah satu cara menjaga bahkan meningkatkan imun tubuh kita,Selain mengkonsumsi makan-makanan yang sehat serta meminum berbagai vitamin adalah dengan berolahraga. Banyak sekali manfaat yang kita dapat ketika berolahraga diataranya:
1. Mencegah penyakit,seperti kanker,stroke, menurunkan tekanan darah tinggi, menekan diabetes, menangkal obesitas, mencegah nyeri pungggung, menekan resiko osteoporosis.
2. Memperbaiki suasana hati (Mood)
3. Mengatasi Stress
4. Meningkatkan kekebalan tubuh
Kekebalan tubuh akan meningkat seiring dengan kita sering berolahraga sebab ketika kita sedang berolahraga hormon-hormon baik yang ada di otak meningkat. Seperti hormon adrenalin , dopanim , serotamin dan endorfin. Dengan rutin berolahraga kita dapat meningkatkan hormon endorfin yang menciptakan rasa kegembiraan sehingga mampu mengatasi stress dan suasana hati serta sebagai penghilang rasa sakit.
ADVERTISEMENT
Jenis olahraga yang cocok dilakukan di era New Normal dan Pandemi Covid-19 adalah jenis olahraga ringan sampai sedang. Intensitas waktu olahraga yang cocok juga sekitar 15-20 menit dengan menyesuaikan oksigen yang masuk karena protokol kesehatan mewajibkan semua masyarakat menggunakan masker saat beraktifitas, jika kita menggunakan masker oksigen masuk ketubuh kita kurang dari 100 persen sehingga intensitas olahraga yang dilakukan tidak boleh berat akan tetapi ringan dan sedang saja.
Berikut ini adalah olahraga yang cocok di lakukan di era New Normal dan Pandemi Covid-19 saat ini
1. Joging
OLAHRAGA DI ERA NEW NORMAL DAN PANDEMI COVID-19 (13191)
Joging adalah olahraga dengan cara berlari kecil sembari mengatur nafas dan menghirup oksigen. Joging salah satu olahraga selain mudah di lakukan dan tidak menggunakan biaya alias Gratis, joging juga bermanfaat bagi teman-teman yang ingin membentuk massa otot, mengurangi lemak, membakar kalori , memperbaiki suasana hati dan menghilangkan stres. Intensitas joging di masa New Normal dan Pandemi Covid-19 adalah dengan berlari kecil santai dan tidak perlu memaksakan ketika sudah lelah sebab ketika joging kita di wajibkan menggunakan masker sehingga intensitas joging kita harus menyesuaikan oksigen yang masuk ke tubuh. Selain intensitas kita juga harus memperhatikan protokol kesehatan seperti menggunakan masker ketika joging, menjaga jarak minimal 2 meter dengan orang lain, joging dilakukan secara individu jangan berkelompok.
ADVERTISEMENT
2. Bersepedah
OLAHRAGA DI ERA NEW NORMAL DAN PANDEMI COVID-19 (13192)
Bersepedah adalah olahraga yang saat ini sangat di gemari dan dilakukan oleh masyarakat di masa New Normal dan Pandemi Covid-19. Selain bermanfaat menciptakan rasa gembira dan menigkatkan kekebalan tubuh, bersepedah juga dapat memperkencang serta memperkuat otot betis,paha dan pinggul serta memperlancar sirkulasi darah kesemua otot dalam tubuh. Intensitas bersepedah pada era New Normal dan Pandemi Covid-19 ini lebih baik ringan dengan mengayuh sepedah secara santai dan konsisten. Menggunaka masker,menjaga jarak minimal 2 meter merupakan protokol kesehatan yang wajib di lakukan ketika bersepedah.
3. Work Out
OLAHRAGA DI ERA NEW NORMAL DAN PANDEMI COVID-19 (13193)
Work Out adalah olahraga paling cocok buat teman-teman yang malas untuk olahraga Outdoor atau buat teman-teman yang mungkin masih ragu atau keluar rumah karena pandemi Covid-19 masih belum selesai. Work Out merupakan olahraga yang mudah di lakukan,cukup di rumah saja, serta banyak manfaat yang di dapat seperti menjaga kebugaran tubuh, kekebalan tubuh, membakar kalori dan membakar lemak. Banyak sekali gerakan-gerakan work out yang ada saat ini bahkan gerakan ini di kelompokkan dan dikemas sesuai dengan manfaat dan tujuannya seperti work out mengecilkan perut atau paha dan masih banyak lagi.
ADVERTISEMENT
Olahraga sangat berperan penting dalam meningkatkan serta menjaga imun tubuh kita dalam menghadapi pandemi Virus Covid-19, oleh sebab itu mari kita manfaatkan kebijakan New Normal dengan sedikit lebih banyak meluangkan waktu untuk berolahraga minimal 20 menit sehari serta tetap mengikuti protokol kesehatan dan kebersihan pada saat sedang berolahraga.
Berikut 3 olahraga yang saya rekomendasikan buat teman-teman di era New Normal dan Pandemi Covid-19. Jadikan olahraga sebagai bagian dari kehidupan kita.
Informasi Penulis
Bagas Muhamad Sucahyo
Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan Yogykarta
Program Studi Ilmu Komunikasi
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white