Tentang KamiPedoman Media SiberKetentuan & Kebijakan PrivasiPanduan KomunitasPeringkat PenulisCara Menulis di kumparanInformasi Kerja SamaBantuanIklanKarir
2025 © PT Dynamo Media Network
Version 1.94.0
Konten dari Pengguna
PMM UMM Ajak Santri Panti Asuhan Ulil Abshar Untuk Melek Teknologi
29 Oktober 2022 5:59 WIB
Tulisan dari Bagus Ariwibowo tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
Program Pengabdian Masyarakat Oleh Mahasiswa (PMM), program ini merupakan kegiatan yang diikuti oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) sebagai terobosan baru .
kegiatan sosialisasi kelompok PMM 28 memberikan materi dengan menggunakan media canva yang bertujuan untuk memberi informasi bahwa canva itu tidak hanya untuk membuat poster, tetapi juga dapat digunakan untuk mendesain, sarana presentasi. Selain itu, anak - anak juga belajar langsung menggunakan perangkat lunak canva tersebut agar lebih paham dan mendapat pengalaman.
ADVERTISEMENT
Dalam pelaksanaannya, kegiatan tersebut dimulai tanggal 1 Oktober 2022. Dengan arahan dari Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yakni Denar Regata Akbi, S.Kom., M.Kom. dan diawasi oleh Direktur Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM). Kegiatan Pengenalan Teknologi Komputer merupakan program kerja unggulan PMM “Bhaktiku Negeri” Mahasiswa PMM UMM, Kelompok 28 Gelombang 10. Tim tersebut beranggotakan 5 orang yang terdiri dari Mukhammad Nisful Lail, Elsa Annas Sonia Yusuf, Bagus Ariwibowo, Muhammad Zakiy Alfaris, dan Fajar Cahya Islami.
Kegiatan PMM ini diawali dengan pembukaan dengan pengenalan anggota PMM kelompok 28 kemudian dilanjutkan dengan sambutan-sambutan dari ketua kelompok PMM 28 dan pengurus panti. Kemudian dilanjut dengan visi kami melaksanakan program kelompok PMM 28 dan memberi tahu beberapa materi tentang perangkat lunak canva dan komponen perangkat keras yang ada pada komputer sebelum masuk ke materi inti.
Untuk materi selanjutnya menyampaikan materi tentang pengenalan perangkat lunak komputer menggunakan media canva. Pada penerapannya, anak-anak panti melakukan pembelajaran sambil bermain permainan "PC Simulator" yang dimana permainan tersebut realistis dengan pemasangan komponen pada Central Processing Unit (CPU) di dunia nyata agar anak-anak tahu tempat meletakan komponen dan fungsinya.
ADVERTISEMENT