News
·
9 November 2020 16:49

3 Manfaat Membuat Big Book di Masa Corona, Generasi Milenial Wajib Coba

Konten ini diproduksi oleh Ahmad Syaiful Bahri
3 Manfaat Membuat Big Book di Masa Corona, Generasi Milenial Wajib Coba (87983)
Dua mahasiswi PGMI UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi menunjukkan Big book karangannya. Mereka menunjukkan kreativitas dan keaktifan selama kuliah dari rumah dengan membuat big book. (Foto: Tanoto Foundation).
Untuk mengisi waktu di tengah pandemi Corona, banyak diantaranya membaca buku, berolahraga di dalam rumah, membantu orangtua hingga menulis buku.
ADVERTISEMENT
Nah, Bagi yang masih menjadi mahasiswa pendidikan sekolah dasar, kegiatan yang bisa dilakukan untuk mengisi kegabutanmu, salah satunya adalah membuat Big Book atau buku besar. Dijamin nagih pokoknya.
Seperti yang dilakukan Mariana Nur Istiqomah, mahasiswi berbakat asal PGMI UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. Isti, panggilan akrabnya mengaku dirinya tetap produktif untuk mengisi waktu kegabutan di masa pandemi.
"Big book ada buku besar yang didalamnya ada tulisan besar dan gambar besar, untuk anak-anak sekolah dasar," katanya, beberapa waktu lalu.
Isti mengakui ilmu membuat Big Book didapatkannya dari dosen yang menjadi fasilitator Tanoto Foundation.
"Sangat bermanfaat pokoknya," tegasnya.
Nah, teman-teman apa saja sih manfaatnya, berikut 5 manfaat yang didapatkan membuat Big Book di masa pandemi menurut Mariana Nur Istiqomah.
ADVERTISEMENT
Mengisi waktu luang
Agar waktumu berkualitas, tidak hanya rebahan. Maka carilah kegiatan positif, seperti membuat membaca buku, membantu orangtua, dan mengerjakan PR.
Bagi yang sudah mahasiswa, terutama jurusan pendidikan sekolah dasar nih, tidak ada salahnya untuk membuat buku besar untuk media pembelajaranmu nanti ketika sudah menjadi guru.
"Membuat media pembelajaran itu penting, agar siswa lebih mudah apa yang ingin kita sampaikan," ujar Isti meyakinkan.
Memperkaya gagasan
Waktu luang di masa PSBB bisa dimanfaatkan memperkaya gagasan, seperti mengikuti pelatihan, diskusi virtual, membaca, maupun menulis buku.
Salah satu pilihan untuk memperkaya gagasan bagi mahasiswa pendidikan sekolah dasar adalah membuat media pembelajaran seperti Big Book.
ADVERTISEMENT
"Pada dasarnya membuat Big Book melatih kita untuk memperkaya gagasan," tambah Isti.
Melatih konsentrasi
Konsentrasi perlu dilatih, salah satunya melalui tulisan. Kita membuat dulu script-nya, memikirkan alurnya yang tepat dan menuangkan gagasan kita ke dalam pekerjaan.
"Konsentrasi sangat penting, itu sebabnya perlu dilatih, agar kita tidak hilang harus dilatih, seperti membaca buku dan menuangkannya ke dalam tulisan, seperti membuat Big Book itu," ujarnya.