BMM dan Alfamidi Wujudkan Masjid untuk Penyintas Gempa Mamuju

Baitulmaal Muamalat (BMM) didirikan pada tahun 2000. BMM merupakan Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS) yang dikukuhkan oleh pemerintah untuk menghimpun dan menyalurkan dana Zakat, Sedekah, dan Dana Sosial Keagamaan lainnya (ZIS DSKL) serta Wakaf.
Konten dari Pengguna
31 Juli 2022 16:41
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Baitulmaal Muamalat (BMM) tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan

BMM dan Alfamidi bangun Masjid Al-Qubah sebagai bentuk penyaluran donasi konsumen Alfamidi serta wujud kontribusi dalam usaha recovery pasca gempa hebat yang melanda wilayah Mamuju dan Majene, Sulawesi Barat pada tanggal 14-15 Januari 2021 lalu. Gempa tersebut menyebabkan 15.000 rumah terdampak dan banyak fasilitas publik yang luluh lantak termasuk rumah ibadah (masjid).

pemeriksaan kesehatan gratis untuk para warga sebagai bagian dalam rangkaian acara peresmian Masjid Al-Qubah untuk warga penyintas gempa mamuju
zoom-in-whitePerbesar
pemeriksaan kesehatan gratis untuk para warga sebagai bagian dalam rangkaian acara peresmian Masjid Al-Qubah untuk warga penyintas gempa mamuju
ADVERTISEMENT
Mamuju, Juni 2022 – Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas) Baitulmaal Muamalat (BMM) dan PT Midi Utama Indonesia Tbk (Alfamidi) meresmikan Masjid Al-Qubah yang berlokasi di Dusun Anusu, Desa Rantedoda, Tapalang, Mamuju, Sulawesi Barat pada Rabu (8/6). Acara tersebut dihadiri oleh Camat Tapalang Syawal Muttalib, S.Ag, Manager Marketing Alfamidi Area Sulawesi Selatan - Barat Bachry Baharuddin, Manager Corporate Fundraising Baitulmaal Muamalat Bayu Dwi Nugroho, Lurah Rantedoda, Perwakilan Kapolres dan para warga penyintas gempa Mamuju.
ADVERTISEMENT
Pembangunan Masjid Al-Qubah merupakan bentuk penyaluran donasi konsumen Alfamidi serta wujud kontribusi BMM dan Alfamidi dalam usaha recovery pasca gempa hebat yang melanda wilayah Mamuju dan Majene, Sulawesi Barat pada tanggal 14-15 Januari 2021 lalu. Gempa tersebut menyebabkan 15.000 rumah terdampak dan banyak fasilitas publik yang luluh lantak termasuk rumah ibadah (masjid). Oleh karena itu, pembangunan Masjid Al-Qubah menjadi solusi bagi masyarakat Mamuju, khususnya warga Desa Rantedoda yang berjumlah 100 jiwa (70 KK) untuk dapat beribadah kembali dengan nyaman serta mengadakan berbagai kegiatan keislaman sebagai mekanisme pengobatan trauma pasca gempa yang mereka alami. Selain itu, sebagai bentuk respon atas kondisi pra-endemi yang kini tengah berlangsung, BMM dan Alfamidi juga memberikan pemeriksaan kesehatan gratis untuk para warga sebagai bagian dalam rangkaian acara peresmian tersebut.
ADVERTISEMENT
Syawal Muttalib menyampaikan dalam sambutannya “Kami menyampaikan terima kasih sebagai pemerintah kepada BMM dan Alfamidi, tidak hanya membantu masyarakat tetapi juga membantu pemerintah. Bencana gempa pada saat itu cukup kuat, 6,2 skala richter dan pemerintahan juga lumpuh pada saat itu. Pasca gempa di kecamatan Tapalang ini sedikit sekali masjid yang utuh, disini kita ambruk masjidnya, di Kasambang juga ambruk. Pembangunan masjid ini sangat cepat hanya 28 hari karena kerjasama yang baik dari BMM dan masyarakat Rantedoda. Alhamdulillah, betapa rahmat Allah diturunkan kepada kita.”
“Masjid ini kita bangun bersama-sama dan berasal dari dana terkumpul donasi konsumen Alfamidi yang sudah mereka setujui usai berbelanja biasanya, bahkan bukti donasinya ada di struk konsumen. Jadi, donasi-donasi terkumpul dari customer se-Indonesia itu kita bangunkan masjid dan toilet-toilet juga di berbagai daerah. Donasi ini tidak bisa dikelola oleh Alfamidi sendiri, maka kita gandeng BMM, lembaga yang independen sehingga dikelola secara transparan dan profesional. Inilah bukti nyata dari kami sebagai toko retail dalam program untuk masyarakat.” ujar Bachry Baharuddin.
ADVERTISEMENT
Program pembangunan Masjid Al-Qubah juga merupakan wujud nyata dari komitmen BMM dan Alfamidi dalam mencapai Sustainable Development Goals (SDGs) terutama pada poin ke-11 dalam membangun kota dan pemukiman inklusif, aman, tahan lama dan berkelanjutan dengan cara menyediakan akses universal terhadap ruang-ruang publik yang aman, inklusif dan mudah diakses dengan memanfaatkan material lokal. Selain itu, dengan tambahan penyediaan fasilitas tempat wudhu dan MCK yang layak juga merupakan bagian dari tujuan SDGs poin ke-6 yakni memastikan ketersediaan dan manajemen air bersih yang berkelanjutan dan sanitasi bagi semua.
Bayu Dwi Nugroho menerangkan “Pembangunan Masjid Al-Qubah ini adalah rangkaian program recovery pasca gempa yang dilakukan oleh BMM di Mamuju. Sebelumnya BMM telah membangunkan 75 recycle house, pengadaan Air bersih & MCK serta pembangunan jalan & jembatan. Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada konsumen Alfamidi & manajemen Alfamidi yang telah mendukung program bangun kembali masjid Al-Qubah ini. Sebagaimana kita ketahui bersama, Masjid adalah tempat ibadah kaum muslimin yang bukan hanya sebagai tempat menunaikan ibadah shalat, tetapi juga berperan sebagai pusat pendidikan dan penyebaran syiar Islam. Maka harapan & titipan dari kami atas amanah dari konsumen Alfamidi kepada ketua pembangunan masjid Al-Qubah dan warga desa Rantedoda, Kec. Tapalang, Kab. Mamuju agar menjaga masjid ini sebaik mungkin dan membuat program-program untuk meramaikan dan memakmurkan masjid ini sebagaimana yang diharapkan oleh para konsumen Alfamidi & manajemen Alfamidi"
ADVERTISEMENT
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020