4 Fraksi DPRD Kaimana Terbentuk, NasDem Belum Nyatakan Sikap

Konten Media Partner
1 Oktober 2019 16:18
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Charly Maipauw Ketua DPRD Kaimana sementara, foto: Arfat
zoom-in-whitePerbesar
Charly Maipauw Ketua DPRD Kaimana sementara, foto: Arfat
ADVERTISEMENT
Empat fraksi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kaimana, secara resmi telah terbentuk. Namun salah satu partai yakni Partai Nasional Demokrat (NasDem), yang memiliki 2 kuris di DPRD Kaimana, hingga kini belum menyatakan sikap akan bergabung ke salah satu fraksi dari empat fraksi yang ada.
ADVERTISEMENT
Dari empat fraksi yang dibentuk, tiga fraksi diantaranya merupakan fraksi murni dan satu fraksi lainnya merupakan fraksi gabungan. Fraksi murni yaitu, fraksi PDIP dan fraksi Golkar, untuk fraksi gabungan yakni fraksi Demokrat bersama PAN, karena PAN tidak memenuhi syarat untuk membentuk satu fraksi.
Salah satu fraksi gabungan lainnya yakni fraksi Gerakan Pembangunan Rakyat. Fraksi gabungan merupakan kolabirasi dari partai Gerindra, PPP dan Hanura.
“Kegiatan kami dari hari kemarin sampai hari ini, merupakan paripurna internal. Paripurna ini terkait dengan pembentukan fraksi, kita sudah ada di tahapan ini serta semua fraksi sudah terbentuk, baik fraksi murni maupun fraksi gabungan. Untuk keputusan pembetukan fraksi hari ini, ada 4 fraksi murni dan gabungan. Sampai dengan hari ini Nasdem, belum menunjukan sikap untuk mengarah serta bergabung dengan fraksi mana yang sudah terbentuk,”jelas Charly Maipauw Ketua DPRD Kaimana sementara, kepada awak media di Kantor DPRD Kaimana, Selasa (1/10).
ADVERTISEMENT
Terkait dengan belum, bergabungnya partai NasDem ke salah satu fraksi yang telah terbentuk. Menurut Charly, dirinya telah mengambil keputusan untuk menskor rapat paripurna dan akan dilanjutkan pada besok hari , Rabu 2 Oktober 2019. Dan kiranya partai NasDem, dapat menentukan sikap politiknya pada esok hari serta akan bergabung ke salah satu fraksi yang ada.
“Hari ini kita skor, besok kita lanjutkan dan kita tunggu nantinya Nasdem akan bergabung dengan fraksi mana. Selanjutnya kita akan masuk ke tahapan, pembahasan rancangan tata tertib dan kode etik. Fraksi – fraksi harus terbentuk, karena dalam pembahasan tatatertib itu ada rencana pembuatan du Pansus. Yakni pansus kode etik dan pansus tatatertib, untuk bisa masuk kedalam pansus harus didistribusi oleh masing – masing anggota fraksi,”katanya.
ADVERTISEMENT
Carly juga mengatakan awalnya NasDem dan Hanura berencana membentuk fraksi sendiri, akan tetapi terkendala pada administrasi. Akibat terkendala administrasi tersebut, partai NasDem akhirnya menyatakan legowo untuk ikut fraksi murni yang telah terbentuk. Namun hasil pastinya, akan disampaikan pada besok hari. Dan dirinya optimis, jika partai Nasdem akan bergabung dengan fraksinya yakni fraksi PDIP.
“Sudah ada gambaran 4 fraksi untuk hari ini, awalnya nasdem dengan hanura berencana membentuk fraksi sendiri. Namun terkendala pada administrasi, sehingga nasdem menyatakan legowo untuk bergabung dengan fraksi murni yang ada. Akan tetapi hasil pastinya kita menunggu besok, namun arah paling kuatnya ke PDI Perjuangan. Jika mereka bergabung ke PDIP, maka jumlah anggota fraksi kami berjumlah 8 orang,”ujarnya.
ADVERTISEMENT
Diakhir keterangannya, lelaki berdarah Ambon Maluku ini mengatakan jika fraksi ini kedepan bisa saja bertambah. Jika saja komunikasi politik, yang dibangun antara Nasdem dengan Hanura berjalan dengan baik. Artinya segala persoalan yang menyangkut administrasi bisa diselesaikan.
“Fraksi ini kan fleksibel, tidak parmanen. Artinya sewaktu – waktu, jika urusan administrasi kedua partai sudah selesai serta ada jalan keluar. Untuk Hanura bergabung dengan NasDem, selanjutnya membentuk fraksi sendiri. Hari ini kita 4 fraksi, namun peluang untuk 5 fraksi bisa terjadi jika komunikasi politik kedua partai tersebut berakhir dengan baik,”pungkasnya.
Sekedar informasi, ketua fraksi PDI Perjuangan yakni Charly Maipauw, ketua fraksi Golkar Suny Samsu, ketua fraksi Demokrat Philips Hendrick, dan ketua fraksi Gabungan yakni Yehadi Alhamid.
ADVERTISEMENT
Reporter: Arfat
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·