News
·
5 Mei 2021 16:56

Jelang Hari Raya Idul Fitri, Stok dan Harga Barang di Kota Sorong Stabil

Konten ini diproduksi oleh Balleo News
Jelang Hari Raya Idul Fitri, Stok dan Harga Barang di Kota Sorong Stabil (251825)
Tim TPID Kota Sorong melakukan inspeksi mendadak ke salah satu gudang distributor, di Kota Sorong, Rabu (5/5), foto : Yanti/Balleo News
Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriyah, stok dan harga barang di Kota Sorong, Papua Barat, dijamin stabil dan tidak mengalami kenaikan. Informasi ini diperoleh dari hasil inspeksi mendadak (Sidak) yang dilakukan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Sorong ke sejumlah gudang distributor dan supermarket yang ada di Kota Sorong, Rabu (5/5).
ADVERTISEMENT
"Setelah tim TPID Kota Sorong melakukan sidak ke sejumlah gudang distributor dan supermarket yang ada di Kota Sorong, kami melihat ketersediaan stok barang menjelang Hari Raya Idul Fitri dapat dipastikan aman dan stabil termasuk harganya. Hanya saja tadi informasi yang kami peroleh, minyak goreng mengalami kenaikan harga, tapi tidak terlalu signifikan," ungkap Kepala Bagian Perekonomian Daerah (Perekda) Kota Sorong Milan Latumeten, saat ditemui usai Sidak.
Jelang Hari Raya Idul Fitri, Stok dan Harga Barang di Kota Sorong Stabil (251826)
Jelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H, stok dan harga barang aman dan stabil, foto : Yanti/Balleo News
Dijelaskannya, inspeksi mendadak yang dilakukan merupakan monitoring rutin menjelang Hari Raya Keagamaan khususnya menjelang Hari Raya Idul Fitri. Dimana dalam sidak, pihaknya mengecek ketersediaan stok dan harga barang khususnya sembilan bahan pokok (sembako).
"Dalam sidak yang dilakukan, kami menemukan ada beberapa gudang distributor yang penataan barangnya masih belum sesuai ketentuan. Selain itu, kami juga menemukan masih ada barang kadaluarsa yang belum dimusnahkan dan masih disimpan didalam gudang," ujar Milan.
ADVERTISEMENT
Diakui Kabag Perekda Kota Sorong, selama ini Pemerintah Daerah (Pemda) tidak pernah dilibatkan dalam kegiatan pemusnahan barang kadaluarsa oleh pihak distributor. Oleh karena itu, melalui kesempatan tersebut dirinya mengimbau kepada para distributor agar bisa melibatkan Pemerintah Daerah terutama Tim TPID Kota Sorong, dalam melakukan pemusnahan barang kadaluarsa.
Jelang Hari Raya Idul Fitri, Stok dan Harga Barang di Kota Sorong Stabil (251827)
Sidak Tim TPID Kota Sorong di salah satu supermarket yang ada di Kota Sorong, foto : Yanti/Balleo News
Sementara itu, Wakil Ketua II DPRD Kota Sorong Melkianus Way menyatakan, DPR merupakan lembaga legislatif memiliki fungsi pengawasan, untuk mengawasi setiap kegiatan yang ada di Kota Sorong. Sehingga pihaknya akan bekerja sama dan berkoordinasi dengan beberapa OPD terkait, untuk rutin melakukan pengawasan terutama menjelang perayaan hari besar keagamaan.
"Memang belum ada regulasi dari Pemerintah, dalam menekan inflasi daerah. Meskipun demikian, kami melakukan semuanya dengan memperkuat pengawasan," imbuhnya.
ADVERTISEMENT
Kemudian salah satu pengawas gudang distributor CV Pangan Makmur Irja Hermin menambahkan, ketersediaan stok dan harga barang masih aman dan stabil.
Jelang Hari Raya Idul Fitri, Stok dan Harga Barang di Kota Sorong Stabil (251828)
Sidak Tim TPID Kota Sorong, Rabu (5/5), foto : Yanti/Balleo News