kumparan
KONTEN PUBLISHER
14 Oktober 2019 11:37

Joko Widodo Resmikan Palapa Ring Timur Lewat Video Conference

WhatsApp Image 2019-10-14 at 11.30.42.jpeg
Presiden RI resmikan Palapa Ring Timur Indonesia melalui Video Conference, foto : Ana
Presiden RI Joko Widodo meresmikan proyek 'tol langit' Palapa Ring (Merauke-Sorong-Rote-Penajam Paser Utara-Jakarta-Sabang), melalui video conference, Senin (14/10).
ADVERTISEMENT
Dalam pidatonya, Presiden RI mengatakan saat ini dunia telah berubah dari era analog ke era digital. Di mana pengiriman informasi bisa sangat cepat tanpa terkendala jarak dan waktu.
"Teknologi digital sangat mempermudah pekerjaan. Dengan adanya kecepatan konektifitas, maka perilaku kita satu kabupaten atau satu provinsi bisa ketahuan. Oleh karena itu, kita harus bijak dalam menggunakan media sosial," ungkap Jokowi.
WhatsApp Image 2019-10-14 at 11.30.43.jpeg
Wagub PB hadiri peresmian Palapa Ring Timur Indonesia, foto : Ana
Lanjutnya, banyak sekali manfaat bisa diambil dari konektifitas digital. Namun demikian, yang sangat berat dari Indonesia Timur karena medannya sangat berat. Contohnya di wilayah Papua, di mana tidak semua wilayah yang ada di Papua menggunakan kabel optik tapi ada juga yang menggunakan antena besar.
Diakui Jokowi, belakangan ini pemerintah menyadari adanya kesenjangan dan ketimpangan yang tajam dalam hal konektifitas digital hampir di seluruh wilayah di Indonesia. Ada yang konektifitas sangat kencang, ada yang lemah dan bahkan ada yang blank.
ADVERTISEMENT
Namun saat ini, katanya, hal tersebut sudah tidak lagi. Dengan adanya Tol Langit Palapa Ring, maka konektifitas internet sudah sangat kencang.
"Karena wilayah Indonesia sangat luas, maka ada wilayah yang konektifitasnya sangat kencang dan sangat lemah dan itu saya pernah alami, bahkan ada yang sangat blank. Pemerintah berkomitmen untuk menuntaskan permasalahan yang berhubungan dengan konektifitas demi kemajuan bangsa," tegas orang no satu di Indonesia ini.
WhatsApp Image 2019-10-14 at 11.30.44.jpeg
Tampak para siswa mengikuti peresmian Palapa Ring melalui video conference dengan Presiden RI, foto : Ana
Lanjutnya, perkembangan teknologi digital bukan untuk melakukan fitnah, menyebarkan berita hoaks, saling memfitnah atau mencela. Kehadiran Palapa Ring untuk mempermudah segala urusan baik pelayanan pemerintahan, bisnis, dan lainnya.
Presiden berharap dengan kehadiran Palapa Ring dapat dimanfaatkan oleh para Aparatur Sipil Negara (ASN), agar terwujudnya birokrasi yang cepat, tepat, akuntabel, dan mempermudah pelayanan pemerintahan.
ADVERTISEMENT
Dan bagi masyarakat juga diimbau untuk menggunakan era digital dengan baik, gunakan internet secara bijak demi kesejahteraan masyarakat.
Reporter: Ana
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan