Kapolda Papua Barat Akan Lakukan Penyelidikan Mendalam Terkait Kebakaran

Konten Media Partner
25 Maret 2023 14:35 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Kapolda Papua Barat bersama Pangdam XVIII/Kasuari mendengar keluh kesah dari para korban kebakaran di Pasar Baru, Kota Sorong, Sabtu (25/3), foto: Yanti/BalleoNEWS
zoom-in-whitePerbesar
Kapolda Papua Barat bersama Pangdam XVIII/Kasuari mendengar keluh kesah dari para korban kebakaran di Pasar Baru, Kota Sorong, Sabtu (25/3), foto: Yanti/BalleoNEWS
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Kapolda Papua Barat Irjen Pol Daniel Tahi Monang Silitonga bersama Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI Gabriel Lema turun langsung ke lokasi kebakaran di Kampung Makassar, Kompleks Pasar Baru, Kota Sorong, Papua Barat Daya, Sabtu (25/3).
ADVERTISEMENT
Pantauan BalleoNEWS, selain melihat dari dekat lokasi titik awal api penyebab kebakaran yang menghanguskan sekitar 80 rumah, Kapolda Papua Barat dan Pangdam XVIII/Kasuari juga menyempatkan waktu untuk berbincang dengan para korban kebakaran dan menyerahkan bantuan.
Kapolda Papua Barat Irjen Pol Daniel Tahi Monang Silitonga mengatakan, dirinya merasa turut prihatin atas musibah kebakaran yang terjadi di Kampung Makassar, Kompleks Pasar Baru, Kota Sorong.
Kapolda Papua Barat menyerahkan bantuan kepada salah satu korban kebakaran, foto: Yanti/BalleoNEWS
"Kepada para korban kebakaran, harus tabah menghadapi cobaan ini dan tetap menjalankan ibadah puasa dengan khusyuk," ungkapnya.
Meskipun demikian, kata Kapolda, secara hukum dirinya tetap akan melakukan penyelidikan secara mendalam terkait peristiwa kebakaran yang menghanguskan 80 rumah di Pasar Baru tersebut.
"Kami akan lakukan penyelidikan secara mendalam, tentang kebakaran yang terjadi. Nanti akan kami rapatkan apa tindakan terbaik, yang bisa kita lakukan dalam hal penuntasan secara hukum akibat dari kebakaran," tegasnya.
Kapolda Papua Barat bersama Pangdam XVIII/Kasuari melihat dari dekat kondisi dapur umum untuk korban kebakaran di Pasar Baru, foto: Yanti/BalleoNEWS
Sementara itu, untuk penanganan terhadap korban kebakaran, sambung Kapolda Papua Barat, rencananya dirinya dan Pangdam akan bicara dengan pemerintah setempat dalam waktu dekat, guna membahas bagaimana penanganan jangka pendek, menengah dan panjang.
ADVERTISEMENT
"Khususnya kebutuhan anak-anak sekolah dan ibu hamil, karena itu menjadi perhatian juga. Kalau dilihat untuk ketersediaan bahan makanan, sudah cukup dengan adanya dapur umum yang dibantu oleh seluruh relawan yang ada serta TNI dan Polri," bebernya.
Kapolda Papua Barat bersama Pangdam XVIII Kasuari dan Kapolresta Sorong Kota, foto: Yanti/BalleoNEWS
Kapolda Papua Barat tidak lupa memberikan apresiasi kepada seluruh masyarakat yang telah memberikan bantuan kepada korban kebakaran.
"Penghargaan dan apresiasi juga saya berikan kepada seluruh tim relawan, nakes maupun personel TNI dan Polri, karena telah membantu warga yang menjadi korban kebakaran," pungkasnya.