News
·
11 Desember 2020 18:45

Pilkada Sorong Selatan: SAMSON Rilis Kemenangan Sesuai Hasil Hitung Cepat

Konten ini diproduksi oleh Balleo News
Pilkada Sorong Selatan: SAMSON Rilis Kemenangan Sesuai Hasil Hitung Cepat (446499)
searchPerbesar
Ketua Tim Pemenangan SAMSON, Jefries Kewetare (baju kuning) Mendampingi Calon bupati Samsudin Anggiluli saat jumpa pers
Pasangan Samsudin Anggiluli (SAMSON) yang bertarung di Pilkada Kabupaten Sorong Selatan, Papua Barat merilis kemenangan berdasarkan hitungan cepat, yang dilakukan media center SAMSON di Sekertariat PDIP.
ADVERTISEMENT
Hal itu diungkapkan Ketua Tim Pemenangan SAMSON, Jeferie Nelson Kewetare, saat melakukan jumpa pers. Ia mengungkapkan berdasarkan data yang masuk dari saksi-saksi pasangan nomor urut 1 di Tempat Pemungutan Suara (TPS), di mana diketahui bahwa pasangan SAMSON berhasil meraih 16.361 suara atau 51,96 persen.
Pilkada Sorong Selatan: SAMSON Rilis Kemenangan Sesuai Hasil Hitung Cepat (446500)
searchPerbesar
ketua Tim Pemenangan SAMSON Jefries Kewetare (Baju Kuning) didampaingi sekertaris tim pemenangan Ahmad Samsudin (Jaket Hitam)
“Hari ini kita akan menjelaskan, menyampaikan hasil Real Count kita, yang mana telah dikerjakan oleh tim untuk mendapatkan data dari semuaTPS, dari seluruh daerah pemilihan, dari seluruh distrik,” kata Jefries Kewetare, saat konferensi pers di Kantor PDIP.
Jefries mengungkapkan, dari data yang masuk diketahui bahwa pasangan nomor urut 1 Samsudin Anggiluli dan Alfons Sesa (SAMSON), berada pada angka 16.361 suara, dengan persentasi 51,96 persen. Perolehan suara kedua pasangan calon tersebut jauh tertinggal dibandingkan dengan suara pasangan SAMSON.
ADVERTISEMENT
Sementara untuk 3 pasangan kandidat lainnya, lanjut Jefries, perolehan suara masing-masing adalah pasangan nomor urut 2 Yunus Saflembolo dan Alexander Dedaida dengan 1.725 suara atau 5,48 persen, pasangan nomor urut 3 Yance Salambauw dan Felix Duwith dengan 10.824 suara atau 34,39 persen, dan pasangan nomor urut 4 Pieters Konjol dan Madun Narwawan dengan 2.574 atau 8,17 persen.
Pilkada Sorong Selatan: SAMSON Rilis Kemenangan Sesuai Hasil Hitung Cepat (446501)
searchPerbesar
Calon bupati Samsudin Anggiluli
Jefries menjelaskan, suara-suara tersebut diperoleh dari 143 TPS dari 167 TPS yang ada di Kabupaten Sorong Selatan. Ini berarti masih tersisa 24 TPS yang belum dimasukkan hasil perhitungan suaranya.
“24 TPS ini dari mana, kenapa kita bisa dengan pasti mengklaim (kemenangan), karena apa, 24 TPS itu berada di basisnya SAMSON. Sehingga total keseluruhan, itu sudah 91,67 persen perolehan dari seluruh TPS, tinggal 24 TPS yang berada di wilayah Imeko. Jadi total yang sisa tinggal 8,03 persen. Maka dari itu kita sampaikan bahwa kita sudah bisa mengklaim kemenangan kita pada hari ini,” ujar Jefries.
ADVERTISEMENT
Senada dengan Jefries, calon bupati Sorong Selatan nomor urut 1 Samsudin Anggiluli mengungkapkan, hasil Quick Count dan Real Time yang telah disampaikan kepada masyarakat Sorong Selatan dalam konferensi pers tersebut berdasarkan data-data saksi-saksi SAMSON yang tersebar di 143 TPS.
Pilkada Sorong Selatan: SAMSON Rilis Kemenangan Sesuai Hasil Hitung Cepat (446502)
searchPerbesar
Sekertaris Tim Pemenangan SAMSON Ahmad Samsudin saat memberikan keterangan bersama awak media
“Kita berdasarkan data. Data kita secara baik disampaikan oleh kita punya saksi-saksi, itu berbasis kepada C1 plano. C1 plano itu C hasil, begitu kita punya saksi setelah pencatatan selesai dari kemarin, mereka langsung bawa ke meja sekretariat di sini, dan kemarin kita sudah bisa merilis kemenangan kita sementara,” kata Samsudin Anggiluli yang ditemui usai konferensi pers, Kamis, 10 Desember 2020.
Samsudin menegaskan, meskipun data dari 24 TPS tersisa belum dimasukkan, pihaknya berani mengklaim kemenangan SAMSON, lantaran dirinya yakin bahwa SAMSON juga akan menang di 24 TPS tersebut.
ADVERTISEMENT
“24 TPS ini ada di wilayah kami yang ada di wilayah Imeko. Kemarin yang dari TPS-TPS yang lain itu semua kemenangan sudah ada di SAMSON, maka kita bisa menyampaikan kemenangan kita hari ini, karena 24 TPS ini pasti kita akan menangkan,” tegasnya.
Samsudin mengimbau kepada seluruh tim pemenangan untuk bersama-sama mengawal suara pasangan SAMSON hingga pleno penetapan pemenang oleh KPU Kabupaten Sorong Selatan. Menurutnya, seluruh tim pemenangan, tim saksi, hingga simpatisan harus memperhatikan tahapan tabulasi suara yang dilakukan oleh Panitia Pemungutan Suara, baik dari tingkat kampung, distrik, hingga KPU kabupaten.
“Kami mengimbau supaya kita sama-sama kawal kita punya suara-suara yang akan nanti diplenokan di distrik, maupun nanti ada di tingkat kabupaten, dan kita ke KPU, kita akan sama-sama kawal. Dan saya yakin dan percaya bahwa suara yang sudah ada di C hasil itu pasti akan dilakukan pleno,” ujarnya.
ADVERTISEMENT
Dia juga mengimbau kepada seluruh masyarakat yang ada di Kabupaten Sorong Selatan, agar bersama-sama dapat menjaga keamanan dan ketertiban hingga proses pilkada di Kabupaten Sorong Selatan selesai dijalankan.
Kita mengimbau kepada kita punya masyarakat, saya kira di mana-mana kalau ada kemenangan namanya euforia dari pendukung-pendukung pasti ada. Dan kami mengimbau kepada seluruh masyarakat kita harus tenang, kita bersama-sama mengikuti perhitungan sisa 24 TPS ini disampaikan untuk kemenangan SAMSON,” pungkasnya.