News
·
21 November 2020 17:10

Munculnya Norovirus di Tengah Pandemi Covid-19

Konten ini diproduksi oleh Balqis Ramadhina
Munculnya Norovirus di Tengah Pandemi Covid-19 (137113)
Norovirus: Foto: Pexels
Di tengah pandemi Covid-19, Indonesia kembali digemparkan dengan adanya norovirus yang menyerang warga ChinaProvinsi Shanzi. virus ini menyerang lebih dari 70 mahasiswa di Universitas daerah Taiyuan. Dan merupakan penyebab utama terjadinya infeksi usus akut (gastroenteritis) di seluruh dunia.
ADVERTISEMENT
Norovirus pertama kali diidentifikasi pada tahun 1972 di kota Norwalk, sehingga dijuluki dengan istilah virus Norwalk. dan pada awal tahun 2019 virus ini ditemukan di Indonesia yang diungkapkan oleh Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD(K) selaku Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia yang juga berprofesi sebagai spesialis penyakit dalam. yang dideteksi melalui 91 feses dari beberapa RS di Kota Jambi, yang 14 sampel diantaranya terdeteksi mengandung Norovirus.

PENYEBAB

Penyebab utama terjadinya norovirus yaitu dengan adanya kontak langsung dengan orang yang terinfeksi virus tersebut, mengkonsumsi makanan atau minuman yang sudah terkontaminasi virus atau food borne dan menyentuh mulut menggunakan tangan yang terkontaminasi dengan norovirus. Virus norovirus dapat tahan pada suhu panas atau dingin.
ADVERTISEMENT

PENCEGAHAN

Upaya yang dilakukan untuk mencegah terkena nya norovirus yaitu dengan:
  • Menjaga kebersihan diri dan lingkungan setelah menggunakan wc umum
  • Mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir sebelum makan
  • Memperhatikan kebersihan makanan.
  • Memasak makanan hingga matang
  • Mencuci buah dan sayuran sebelum dimakan
  • Menggunakan desinfektan yang mengandung klorin

PENANGANAN

sampai saat ini tidak ada pengobatan untuk penderita Norovirus. yang dapat dilakukan untuk meringankan gejalanya adalah dengan Minum banyak air untuk menghindari dehidrasi, minum parasetamol untuk demam dan nyeri,beristirahatlah yang cukup, dan tidak lupa untuk berkonsultasi ke dokter
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white