Pencarian populer

Panitia Jamin UTBK SBMPTN 2019 Siap 100%

Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) SBMPTN 2016. (Iman Herdiana)

BANDUNG, bandungkiwari – Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun ini seluruhnya menggunakan komputer yang disebut Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Panitia menjamin, sistem siap melayani 100 persen.

“Mengenai sistem, alhamdulillah sistem ini sudah diujicobakan,” kata Koordinator Pengembangan Sistem dan Implementasi UTBK Arry Bainus, di Bandung.

Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) yang juga Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad tersebut menjelaskan, uji coba memang tidak dilakukan pada soal UTBK yang sesungguhnya. “Tapi minimal soalnya modelnya serupa dengan yang menjadi tes UTBK,” katanya.

Hasil uji coba, kata Arry, secara umum sistem ujian dengan komputer ini siap dilaksanakan. UTBK berlangsung selama 24 sesi yang diselenggarakan tiap Sabtu-Minggu. Satu sesi terbagi dalam dua, yakni pagi pukul 07.30-11.45 dan siang pukul 12.30-16.45. Hari perdana UTBK adalah Sabtu dan Minggu 13-14 April 2019.

Menurut Arry, ada beberapa pusat UTBK perguruan tinggi negeri (PTN) yang kurang makimal dalam uji coba. Menghadapi masalah tersebut, panitia langsung melakukan perbaikan baik dari sisi teknis maupun SDM.

Ia menuturkan, sistem UTBK tahun ini juga sudah disusun jauh hari. Sejak Kamis (11/4) kemarin sistem ditargetkan sudah siap 100 persen, baik yang di pusat UTBK PTN maupun di sekolah yang menjadi mitra penyelenggaraan UTBK.

Uji coba juga menunjukkan spesifikasi sistem yang beragam. Ada yang memiliki kecepatan tinggi, ada juga yang biasa. Ia mengklaim semua kondisi tersebut sudah bisa diantisipasi.

“Insya Allah dengan kerja sama kita, sistem ini sudah teruji. Artinya Sabtu dengan Minggu kita ready melakukannya,” kata dia.

Secara nasional, UTBK didukung 762 server. UTBK akan diikuti 1,2 jutaan peserta dan dilayani di 2.758 ruang ujian. (Iman Herdiana)

Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.63