News
·
25 Oktober 2018 10:15

Pedagang di Skywalk Ancam Kembali Berjualan di Trotoar Jalan Cihampelas

Konten ini diproduksi oleh BandungKiwari
Pedagang di Skywalk Ancam Kembali Berjualan di Trotoar Jalan Cihampelas (125034)
searchPerbesar
Kios-kios di skywalk Teras Cihampelas yang tutup karena sepi pembeli. (Utara Jaya)
ADVERTISEMENT
BANDUNG, bandungkiwari - Pedagang di skywalk Teras Cihampelas mengancam bakal kembali jualan di trotoar jika Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung tidak membersihkan pedagang yang kini marak berjualan di area trotoar Jalan Cihampelas.
Salah seorang sesepuh pedagang Teras Cihampelas, Kiki Amaluki, kecewa lantaran Pemkot Bandung yang dalam hal ini melalui Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol) terkesan membiarkan pedagang bebas berkeliaran di area trotoar.
Padahal, menurutnya sejak awal komitmen pedagang ditampung di Teras Cihampelas agar area trotoar bersih dari Pedagang Kaki Lima (PKL).
"Komitmen di awal itu harus steril di bawah tidak ada, tapi sekarang udah naik ke atas tapi di bawah banyak PKL. Pembeli juga ngapain repot ke atas, kan di bawah ada," ucap Kiki.
ADVERTISEMENT
Menurut Kiki, pasca-pembukaan Teras Cihampelas pada Februari 2017, hanya berselang tiga bulan pedagang mulai kembali seliweran di area trotoar. Bermula dari pedagang asongan, sampai kini dia melihat sudah ada lapak semi permanen ikut beroperasi.
"Katanya ada izin dari toko, kalau kayak gitu saya juga bisa turun ke bawah lagi aja orang tinggal minta izin aja sama toko. Malah sekarang banyak pedagang baru menjamur," ujarnya.
Banyaknya pedagang di area trotoar ini membuat Kiki dan para pedagang di Teras Cihampelas mempertanyakan komitmen Satpol PP untuk membuat trotoar steril dari PKL. Dia juga heran kondisi ini justru dibiarkan dalam jangka waktu cukup lama.
"Saya sampai ke kantor Satpol PP berbicara dan katanya kalau ini kewenangan awalnya dari Satpol PP kecamatan, dan sekarang mana ini komitmen Satpol PP Kecamatan Coblong ini juga enggak ada penertiban. Ada apa ini kok sampai dibiarkan," katanya.
ADVERTISEMENT
Oleh karena itu, Kiki beserta para pedagang di Teras Cihampelas berharap ada ketegasan dari Pemkot Bandung untuk kembali menertibkan pedagang di kawasan trotoar jalan.
Apabila Pemkot tidak becus menjalankan komitmennya, menurutnya seluruh pedagang di Teras Cihampelas telah sepakat bakal turun lagi berjualan di trotoar.
"Kalau tidak bisa ditertibkan, saya sama semua pedagang sudah berkomitmen dan siap akan turun ke bawah lagi. Sama tolong jangan diberi izin juga dari toko," katanya. (Utara Jaya)