Pencarian populer

Peserta UTBK SBMPTN Bandung Sempat Khawatir Komputer Error

Ruang ujian UTBK SBMPTN di ISBI Bandung. (Iman Herdiana)

BANDUNG, bandungkiwari – Mengerjakan soal tercetak tentu berbeda dengan soal di komputer. Hal ini dialami peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019 yang berlangsung di ruang kuliah Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung, Jalan Buahbatu, Sabtu (13/4).

Bagas Eka Prasetyo, salah seorang peserta UTBK, mengaku lebih santai menggunakan soal tulis dengan soal tercetak daripada soal komputer. Menurutnya, ada kekhawatiran komputer mengalami masalah (error).

“Ujian tulis lebih santai, kalau komputer salah dikit kadang suka error,” kata siswa PGII 1 Bandung tersebut, saat ditemui usai UTBK.

Namun UTBK yang dilaluinya berjalan lancar, komputernya tidak error. Selain itu, semua materi ujian maupun aturan UTBK juga tidak membuatnya terkendala.

Siswa yang berencana mengambil jurusan seni murni di ISBI Bandung ini merasa bisa menjawab semua soal UTBK. Menurut siswa yang mengambil ujian Soshum ini, total ada 180-an soal UTBK.

“Materi soshum ga melenceng sama materi di sekolah, cocok. Ga terlalu sulit, lumayan bisa dikerjakan sampai beres,” katanya.

Dari sisi waktu ujian, menurutnya, juga cukup. Sehingga pengerjaan soal UTBK tidak buru-buru.

Mengenai aturan, ia menyatakan biasa saja. Adapun panitia memberikan arahan agar tidak keluar selama ujian, termasuk ke toilet, menurutnya wajar dan bisa dilalui.

“Aturan memang cukup ketat, tapi kalau darurat atau terdesak bisa keluar,” katanya, yang optimis bisa mendapat nilai baik untuk didaftarkan ke SBMPTN. (Iman Herdiana)

Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.57