Pencarian populer

Peserta UTBK SBMPTN Terlambat Sedikit Saja, Tidak Bisa Ujian

Ilustrasi. (Via kumparan)

BANDUNG, bandungkiwari – Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) sebagai syarat mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019 akan mulai dimulai akhir pekan ini, Sabtu dan Minggu (13-14/4). Peserta diwajibkan datang tepat waktu ke lokasi ujian. Peserta terlambat tidak akan diperbolehkan masuk ruang ujian.

Jadwal UTBK sendiri terbagi dalam sesi pagi mulai pukul 07.30-11.45 WIB dan sesi siang mulai pukul 12.30-16.45 WIB. Sedangkan ujian dimulai pukul 08.00 WIB.

Pukul 07.30 peserta diwajibkan memasuki ruangan. Sejak masuk kelas inilah mulai dihitung sebagai bagian dari ujian. “Sejak masuk kelas sudah dihitung sebagai ujian UTBK. Artinya ada konsekuensi yang terlambat setelah 30 menit,” kata Sekretaris Pusat UTBK ITB Asep Gana, dalam jumpa pers di Rektorat ITB, Bandung, Rabu (10/4)

“Jadi dihitung dari 7.30, bukan dari mulai ujian yang jam 8. Jadi jam 8 ini sudah tidak ada lagi orang yang terlambat, kalau ada akan ditolak. Secara nasional dihitung 30 menit sejak jadwal masuk ke ruangan,” terang Asep Gana.

Begitu juga untuk peserta yang mengikuti sesi ujian siang hari di mana peserta harus mulai memasuki ruang ujian sejak pukul 12.30 dan mulai ujian pukul 13.00. “Kalau datang 13.01 sudah tidak bisa masuk lagi. Dengan alasan apapun peserta tidak dibolehkan masuk,” katanya.

Selama ujian, peserta tidak diperkenalkan menghidupkan alat elektronik, membawa alat tulis sendiri, tak boleh meminjam dari orang lain, tidak boleh ngobrol, dan lainnya.

Nah setelah ujian, lanjut dia, peserta juga tidak bisa langsung keluar meninggalkan ruang ujian. Jadi harus menunggu intruksi selanjutnya dari pengawas. (Iman Herdiana)

Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.60