News
·
3 Juni 2018 15:23

PT KAI Siap Bagikan Paket Buka Puasa dan Sahur Gratis untuk Pemudik

Konten ini diproduksi oleh BandungKiwari
PT KAI Siap Bagikan Paket Buka Puasa dan Sahur Gratis untuk Pemudik (114280)
Foto: (dok. PT KAI)
BANDUNG, bandungkiwari - Memasuki 10 hari terakhir puasa serta mulai meningkatnya volume penumpang yang mudik menggunakan kereta api, PT Kereta Api (PT KAI) siap membagikan paket buka puasa dan sahur gratis bagi penumpangnya. Program bertema “Perjalanan Menuju Berkah” ini akan dilaksanakan mulai H-10 hingga H-1 Idulfitri.
ADVERTISEMENT
Sedikitnya 60.700 paket takjil gratis akan diberikan PT KAI kepada penumpang di stasiun keberangkatan yang telah melakukan boarding dan memasuki area zona 1. Takjil gratis akan dibagikan pada saat menjelang berbuka puasa antara pukul 17.00-18.30 WIB.
Sedangkan untuk buka puasa dan sahur gratis, PT KAI akan menyiapkan kurang lebih 85.206 boks makanan per hari yang akan dibagikan ke penumpang (kecuali penumpang infant) yang masih berada di dalam perjalanan pada saat waktu berbuka dan sahur.
Dalam siaran pers yang diterima bandungkiwari Minggu (3/6/2018) siang, Manager Humas PT KAI Daop 2 Bandung, Joni Martinus menjelaskan, di Daop 2, ada 32 perjalanan dari dan menuju Bandung yang menerapkan program ini. Rinciannya, 16 perjalanan KA diberikan makanan berbuka, 9 perjalanan KA diberikan makanan untuk sahur, dan 7 perjalanan KA akan diberikan makanan untuk berbuka dan sahur karena waktu perjalanannya masuk di waktu berbuka dan sahur.
ADVERTISEMENT
Penumpang yang diberi paket gratis berbuka antara lain penumpang KA Argo Wilis relasi Bandung - Surabaya Gubeng dan sebaliknya, penumpang KA Argo Parahyangan relasi Bandung - Gambir Jakarta atau sebaliknya, KA Ciremai relasi Semarangtawang - Bandung, KA Serayu relasi Pasar Senen - Kiaracondong - Kroya - Purwokerto, KA Pasundan relasi Kiaracondong - Surabaya Gubeng dan sebaliknya, KA Pasundan Lebaran relasi Kiaracondong - Surabaya Gubeng dan sebaliknya, KA Kutojaya Selatan Lebaran relasi Kutoarjo - Kiaracondong, dan KA Kahuripan relasi Blitar - Kiaracondong.
Adapun yang mendapat paket gratis makan sahur yaitu KA Turangga relasi Bandung - Surabaya Gubeng, KA Harina relasi Bandung - Surabaya Pasarturi, KA Lodaya relasi Bandung - Solo dan sebaliknya, KA Kutojaya Selatan relasi Kutoarjo - Kiaracondong, KA Serayu relasi Pasar Senen - Kiaracondong - Purwokerto, KA Lodaya Lebaran relasi Bandung - Solo, KA Kutojaya Selatan Lebaran relasi Kiaracondong - Kutoarjo, dan KA Kahuripan relasi Kiaracondong - Blitar.
ADVERTISEMENT
Sedangkan yang mendapat paket gratis buka dan sahur yaitu penumpang KA Turangga relasi Surabaya Gubeng - Bandung, KA Harina relasi Surabaya Pasarturi - Bandung, KA Malabar relasi Bandung - Malang dan sebaliknya, KA Mutiara Selatan relasi Bandung - Malang dan sebaliknya, serta KA Serayu relasi Purwokerto - Kroya - Kiaracondong - Pasar Senen.
Menurut Joni, penumpang yang mendapat layanan ini tentu saja jika perjalanannya masuk jadwal berbuka, sahur, atau keduanya.
Joni mengklaim, menu buka puasa dan sahur gratis ini akan sangat variatif serta dijamin kebersihan dan kesehatannya. “Karena makanan yang diterima penumpang pada saat itu adalah makanan yang dimasak pada hari itu juga,“ ujarnya.
Menurut Joni, selain ingin menyemarakkan Ramadan, program ini juga dirancang untuk menyebarkan semangat berbagi kepada para pengguna jasa setia kereta api. Menurutnya, dengan adanya program ini, penumpang yang waktu perjalanan KA-nya masuk dalam waktu berbuka puasa atau sahur tidak perlu repot menyiapkan bekal karena kebutuhan makan berbuka dan sahurnya telah disediakan oleh PT KAI.
ADVERTISEMENT
“Selamat menikmati perjalanan pulang ke kampung halaman dan semoga program ini benar-benar menjadi berkah bagi semuanya. Mohon doa agar pelaksanaan angkutan lebaran tahun ini menjadi perjalanan mudik super sukses,” ujarnya. (Rana Akbari Fitriawan)