Bersama JNE, UMKM Bangkit dan Tangguh

supriadin
founder havva by lily brand lokal hijab asal kota makassar
Konten dari Pengguna
19 Maret 2023 5:32 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari supriadin tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
Sejak pandemi covid 19 melanda dunia, tak terkecuali negara kita indonesia. Yang kini sudah memasuki tahun ke 3 kemunculan virus covid 19 di awal maret 2020 lalu. Begitu menyisahkan banyak kisah serta duka dan perjuangan selama pandemi hingga sekarang. termasuk kisah perjuangan para pelaku UMKM di Indonesia Timur khususnya di ibu kota provinsi Sulawesi Selatan yakni Kota Makassar, sebagai penggerak ekonomi daerah. Salah satunya adalah usaha yang kami jalankan dengan kategori produk fasyen yakni hijab untuk sekmen daily aktivity, formal, casual maupun syar'i.
offline store usaha kami,tampak pintu masuk tersedia hadiah langsung untuk customer yang akan mengunjungi offline store kami/dokumentasi pribadi
Akibat dari pandemi tersebut, semua lini bisnis terkena imbasnya. Yang mana banyak kebijakan dari pemerintah terkait pembatasan gerak masyarakat dalam upaya menekan penyebaran virus covid 19 yang mengharuskan masyarakat tetap berada dirumah untuk menghindari kerumunan dengan istilah social distancing. Karna cara penyebarannya menular dari kontak orang perorang yang sudah terinfeksi covid 19. Begitupun dengan usaha yang kami jalankan. karna hampir 80% dengan sistem online, yang mengharuskan proses pendistribusian ke customer dan reseller kami dengan via jasa ekspedisi. Dengan berbagai tantangan tersebut, kamipun mengalami kesulitan dalam proses pendistirbusian produk karna imbas dari berbagai kebijakan. Ditengah problem tersebut, ada angin segar dari jasa ekspedisi yang menjadi rekanan kami selama awal merintis usaha sampai di titik ini. Ialah JNE dengan terobosannya serta inovasi untuk terus berkomitmen dalam mendukung para pelaku UMKM agar tetap mampu survive dan bangkit di masa sulit pandemi covid 19. Diantaranya adalah program layanan jemput paket gratis langsung di rumah pengirim serta program promo diskon ongkir ke wilayah tertentu. Tidak sampai pada saat proses penjemputan paket saja, program dari JNE juga memastikan paket yang sudah terkirim bisa di tracking sesuai lokasi terupdate dari posisi paket tersebut sampai barang di terima oleh pemiliknya. Dan jika terjadi kendala terhadap pengiriman, pihak JNE kantor cabang terdekat akan mengarahkan agar menghubungi nomor call center JNE untuk siap membantu yang menjadi kendala dalam proses pengiriman serta menjamin paket sampai di tangan pemilik dengan aman. Tentu saja program program tersebut dirasa amat sangat membantu bagi kami para pelaku UMKM. dari program jemput paket gratis, menjamin bahwa setiap aktivitas usaha kami dalam kondisi aman dari ancaman covid 19. Untuk program promo diskon ongkir, bisa menghemat biaya dari customer serta reseller kami sehingga terjadi peningkatan transaksi penjualan dan berimbas pada kenaikan profit usaha dimasa pandemi.
Penjemputan paket oleh tim kurir JNE dengan program pick up gratis
Dari sekian program yang di tawarkan oleh JNE, yang paling memiliki manfaat yang luar biasa adalah program JNE loyalty card. Loyalty card adalah program keanggotaan untuk pelanggan setia JNE. Adapun manfaat yang kita dapatkan dengan program ini adalah kecepatan layanan pengiriman, potongan harga pada saat periode promo, serta banyak hadiah undian yang sangat menarik. Program ini sangat relevan dengan kami selaku pemilik usaha yang telah menjadi pelanggan setia JNE karna di tiap harinya melakukan aktivitas pengiriman dan aktivitas bisnis yang berkelanjutan. Komitmen dari program ini, mencerminkan adanya aspek gotong royong yang dimunculkan oleh pihak JNE terhadap pelanggannya untuk semata mata membangkitkan kembali kekuatan ekonomi lewat peran pemberdayaan UMKM yang menjadi motor pengerak ekonomi bangsa.
kartu JLC (JNE Loyalty Card) khusus untuk pelanggan setia JNE/kartu JLC milik pribadi penulis
Setelah angka kasus penyebaran covid 19 mulai melandai dengan adanya program vaksin nasional dan perlahan melonggarnya kebijakan - kebijakan dari pemerintah pusat maupun daerah, aktivitas disemua lini bisnis mulai berangsur pulih. Walaupun tidak secara signifikan, tapi ini menjadi harapan bersama untuk bisa bangkit di masa - masa sulit selama pandemi melanda. Di usaha kamipun mulai cepat merespon dan sudah siap dengan tatanan kehidupan baru yang kita ketahui dengan istilah the new normal. Dimana kita mulai untuk bisa beradaptasi dengan kebiasaan baru serta hidup berdampingan dengan covid 19. Mulai dengan kami mengadakan agenda workshop dengan tim agen dan reseller untuk memberikan mereka penguatan serta motivasi dalam upaya bangkit bersama sama dengan semangat baru. Mulai berjuang dan memanfaatkan peluang yang ada di depan mata demi pemenuhan kebutuhan hidup, serta membangun optimisme ditengah proses pemulihan ekonomi pasca pandemi covid 19.
Kegiatan Workshop dengan tim reseller region kota makassar dan sekitarnya/dokumentasi pribadi
Tidak sampai disitu saja, kamipun mulai mengadakan workshop kewirausahaan berkolaborasi dengan kampus - kampus yang ada di daerah kami yakni kota Makassar. tujuannya untuk bagaimana teman teman mahasiswa kelak setelah lulus dari kuliah, bisa mengimplementasikan ilmu kewirausahaan dengan mulai berpikir bahwasanya menjadi sarjana itu tidak hanya harus bekerja sebagai birokrat saja, tapi ada peluang yang lebih besar untuk menjadi sukses dengan berani berwirausaha. Melalui kegiatan - kegiatan tersebut impect nya sangat terasa untuk bisnis yang kami jalankan dan juga tim reseller serta orang orang yang terlibat langsung sebagai struktur tim di bisnis kami. Dengan kenaikan profit penjualan serta munculnya ide ide kreatif dari hasil kolaborasi tersebut, memicu angka positif secara keseluruhan untuk revenue bisnis serta proses growing yang pesat.
Workshop kewirausahaan di kampus Universitas Muslim Indonesia Makassar/dokumentasi pribadi
Diawal tahun 2023, aktivitas aktivitas di segala lini kehidupan terutama roda pekonomian baik pusat maupun daerah mulai berangsur pulih dengan normal. Terbukti geliat program - program pro UMKM dari pemerintah pusat maupun daerah terus di gulirkan. Yang bertujuan mempercepat proses pemulihan ekonomi bangsa. Berdasarkan laporan Badan Pusat Statistik (BPS) kota Makassar pertumbuhan perekonomian pada tahun 2022 mencatat angka yang positif mencapai 5,40 persen dan di banding tahun sebelumnya 4,47 persen (year-on-year/yoy). Kepala BPS kota makassar Syahrir Wahab mengatakan raihan positif peningkatan ekonomi makassar melampaui angka pertumbuhan provinsi dan nasional. Untuk provinsi mencatat 5,09 persen dan nasional 5,31 persen pada 2022. Dan Walikota Makassar Moh Ramadhan Pomanto di kesempatan yang sama menambahkan pertumbuhan ekonomi diwilayahnya di topang pada empat sektor yang dominan. Yaitu bisnis, perdagangan, hotel dan restoran, serta properti. Untuk tingkat daerah dan provinsi di Sulawesi Selatan sendiri geliat tersebut sudah di mulai dari dinas kebudayaan dan pariwisata Sulawesi selatan dengan mengadakan event mulo fest 2023. Dimana ajang ini menjadi sarana bagi para pelaku UMKM untuk ambil bagian dalam meperkenalkan produk produk mereka baik produk di industri kuliner,musik dan tentu saja fashion. Mulo fest sendiri menjadi salah satu supporting atas pelaksanaan East indonesia tourism and investment summit (EITIS) 2023 dimana Sulsel menjadi tuan rumah.
ADVERTISEMENT
Dengan munculnya harapan dan optimisme di tengah normalnya kembali aktivitas - aktivitas perekonomian, menjadi momentum tepat untuk bisa berkolaborasi di segala lini bisnis. Mengambil contoh dan langkah kongkrit yang di ambil oleh JNE sebagai perusahan logistik dan ekspedisi dengan visi sebagai perusahaan logistik terdepan di negeri sendiri yang berdaya saing global. Di usia yang 32 tahun, diharapkan mampu mewujudkan komitmen yang sesuai tagline ‘connecting happiness’ yakni dapat memberikan manfaat seluas-luasnya bagi bangsa dan negara.
Pengiriman paket dengan mendatangi langsung kantor cabang JNE terdekat/dokumentasi pribadi
Visi dan komitmen mulia ini, patut di amini oleh kami serta pelaku UMKM lainnya sekaligus pelanggan dari JNE dengan bergerak bersama sama, bangkit bersama untuk berkontribusi terhadap kemajuan perekonomian bangsa dan negara. Dengan begitu, UMKM akan mampu bangkit serta lebih tangguh menghadapi tantangan zaman.
ADVERTISEMENT
#JNE32tahun #JNEBangkitBersama #jnecontentcompetition2023 #ConnectingHappiness