kumparan
11 Jan 2019 22:33 WIB

10 Rumah Rusak Akibat Angin Puting Beliung di Banjar, Kalsel

Rumah rusak akibat puting beliung di Kecamatan Gambut, Kabupaten Banjar, Kailmantan Selatan. (Foto: Dok. Banjarhits.id)
banjarhits.id, MARTAPURA - Sebanyak 10 unit rumah di Desa Guntung Papuyu dan Guntung Ujung, Kecamatan Gambut, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, rusak akibat diterjang hujan deras disertai angin puting beliung pada Jumat (11/1).
ADVERTISEMENT
Kepala Polsek Gambut, AKP Purnoto, mengatakan sebagian besar kerusakan terjadi pada rumah yang terbuat dari kayu dan beratap seng. “Syukur alhamdulilah tak ada korban jiwa ketika terjadi angin puting beliung di Desa Guntung Papuyu dan Guntung Ujung sekitar pukul 16.30 WITA,” kata Purnoto pada Jumat malam (11/1).
Sebanyak sembilan rumah merupakan milik warga Desa Guntung Papuyu, sementara satu lagi rumah warga di Desa Guntung Ujung.
Rumah di Desa Guntung Papuyu yaitu milik Fahrul Yazid (31), bangunan semi-permanen, dinding dari papan kayu, dan atap seng luas sekitar 5x4 meter yang mengalami rusak di bagian atap dapur; Supian Suri (43), bangunan semi-permanen dinding dari kalsiboard dan atap seng luas sekitar 5x4 meter yang rusak berat di bagian atap dapur.
ADVERTISEMENT
Rumah Ardeni (62) satu KK tiga jiwa bangunannya semi-permanen dinding dari papan kayu atap seng luas sekitar 8x4 meter yang rusak di bagian atap dapur. Rumah milik Aspani (75) bangunannya semi-permanen dinding dari papan kayu atap seng luas sekitar 6x4 meter yang rusak di bagian atap dapur yang dihuni satu KK lima jiwa.
Rumah Ahmad Zulkarnain (46), semi-permanen dinding dari papan kayu. Sementara atap seng luas sekitar 5x4 dan saat kejadian rusak di bagian atap dapur. Rumah Triyono (43), rumah ruko permanen dinding beton luas sekitar 8x10 beserta areal parkir semi permanen atap seng. Akibat puting beliung, atap parkir habis total dan bagian belakang atap dapur rusak.
Rumah Durauf (55) bangunan semi-permanen papan kayu rusak atap seng rumahnya rusak parah, Rumah milik Sari Wati (45) bangunannya semi-permanen dinding dari papan kayu atap seng luas sekitar 5x4 meter rusak atap dapur. Kemudian rumah semi-permanen milik Niah (60), warga Desa Desa Guntung Ujung yang rusak parah di ruang tamu dan dapur atap seng terbuka akibat puting beliung.
ADVERTISEMENT
“Dalam kejadian ini, petugas dari Polisi, TNI, Dinas Sosial Pemkab Banjar bersama tim relawan masih terus menyisir membantu membenahi rumah warga. Sedang dibahas dari Dinas Sosial, BPBD Kabupaten Banjar dan Tagana dibantu polisi berencana membuat tenda darurat dan dapur umum untuk keperluan warga yang rumahnya terkena musibah,” katanya. (Anang Fadhilah)
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan