kumparan
14 Sep 2019 9:27 WIB

Marak Kebakaran, Ribuan Muslim di Kalsel Salat Hajat dan Istigasah

Jemaah wanita khusyuk berdoa usai salat istigasah dan salat hajat di Masjid Sabilal Muhtadin, Banjarmasin pada Sabtu (14/9/2019). Foto: Zahidi/banjarhits.id
Ribuan umat Islam memadati halaman Masjid Raya Sabilal Muhtadin, Kota Banjarmasin, Sabtu pagi (14/9). Mereka mengenakan pakaian serba putih dan tampak khusyuk menunaikan salat istigasah, salat hajat, dan doa bersama memohon keselamatan dari bala bencana di Kalimantan Selatan.
ADVERTISEMENT
Tepat pukul 08.00 WITA, salat istigasah dan salat hajat dilaksanakan secara serempak. Diawali dengan salat hajat, kemudian salat istigasah, lalu zikir bersama.
Ribuan muslim di Banjarmasin mendaraskan doa. Pinta mereka adalah agar diberi keselamatan dan dibebaskan dari bencana, termasuk kebakaran hutan.
Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan, Noor Fahmi, mengatakan bahwa doa bersama memang dilakukan dalam rangka meminta keselamatan kepada Allah SWT. untuk masyarakat Kalimantan Selatan secara keseluruhan.
Jemaah pria ketika di momen doa bersama di Masjid Sabilal Muhtadin, Banjarmasin pada Sabtu (14/9/2019). Foto: Zahidi/banjarhits.id
"Intinya kita adalah doa bersama untuk keselamatan bersama-sama, termasuk agar terhindar dari kebakaran lahan dan hutan juga termasuk agar terhindar dari kebakaran permukiman," ucap Fahmi kepada banjarhits.id, usai kegiatan, Sabtu (14/9).
Fahmi mengatakan, kegiatan diikuti lebih dari 2.000 warga Kalimantan Selatan. Ia bersama masyarakat meminta pertolongan kepada Allah SWT., utamanya agar tidak terjadi lagi Karhutla dan kebakaran permukiman yang akhir-akhir ini kian marak terjadi di Kalimantan Selatan.
ADVERTISEMENT
"Kalaupun hujan bisa menjadi solusi dari Karhutla, ya, di dalam salat ini sudah include semuanya, minta hujan, minta perlindungan, sekaligus minta jaga keselamatan dari bahaya apa pun itu bentuknya," kata Fahmi.
Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor (dua dari kiri); dan Ketua MUI Kalsel Husin Nafarin (kiri); saat salat istigasah pada Sabtu (14/9). Foto: Zahidi/banjarhits.id
Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor, berharap lewat perantara salat istigasah, salat hajat, dan zikir bersama, masyarakat Kalimantan Selatan ditolong oleh Allah SWT. dan mendapat keselamatan dalam semua aspek kehidupan.
"Mudah-mudahan tidak ada lagi warga yang tertimpa musibah kebakaran dan saya imbau agar lebih berhati-hati untuk menjaga dan mengurangi risiko faktor penyebab kebakaran," singkatnya.
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·