Bisnis4 Maret 2018 22:14

Video: Yuk, Menengok Habitat Kera dan Ziarah ke Pulau Kembang

Konten Redaksi Banjar Hits
Video: Yuk, Menengok Habitat Kera dan Ziarah ke Pulau Kembang (326841)
Banjarhits.id – Pamor tempat wisata Pulau Kembang memang sudah mencorong bagi warga Kota Banjarmasin dan sekitarnya. Pulau ini terletak di tengah perairan Sungai Barito, masuk administrasi Kecamatan Tamban, Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan. Pelancong yang berkunjung ke Pulau Kembang biasanya ada niatan: melihat populasi kera atau memanjatkan doa demi mewujudkan keinginan.
ADVERTISEMENT
Maklum, selain menemui kera-kera jinak dengan aneka polah lucu, sebagian pelancong memanfaatkan tempat itu sebagai ngalab berkah lewat mandi kembang atau menaruh untaian bunga di dua sosok patung hanoman. Apabila Anda bertolak dari Kota Banjarmasin, ada dua titik dermaga penyeberangan perahu klotok untuk mencapai Pulau Kembang: Kuin Utara dan Ujung Belitung Darat.
Banjarhits.id menyarankan pelancong memilih dari Dermaga Ujung Belitung Darat karena lebih dekat ketika menyeberangi Sungai Barito. Juru mudi klotok biasanya mengenakan tarif Rp 100 ribu pergi pulang dengan waktu tunggu 1-1,5 jam.
Namun, jika ingin sedikit berlama-lama menikmati perahu klotok, Anda bisa memilih Dermaga Kuin Utara, tepat di depan makam Sultan Suriansyah. Karcis masuk ke Pulau Kembang dipungut Rp 7.500 per orang untuk hari libur dan akhir pekan.
ADVERTISEMENT
Adapun pada hari biasa dikutip karcis senilai Rp 5.000, Anda bisa memberi makanan kesukaan kera, seperti pisang, kacang, dan aneka kue basah. Lokasi itu di bawah pengelolaan BKSDA Kalimantan Selatan. Ada lima kelompok populasi kera yang menghuni Pulau Kembang. Kera-kera itu memiliki area kekuasaan sendiri. Pelancong cuma menikmati secuil area dari total luas Pulau Kembang 60 hektare. (Video dan naskah: Diananta)
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white